x

Kejutan, Borneo FC Barter Bek Masa Depan dengan Eks Wonderkid Persebaya

Sabtu, 23 Juli 2022 19:42 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Klub Liga 1, Borneo FC, menjalin kesepakatan dengan PSS Sleman terkait perpindahan pemain. Kedua tim melakukan barter pemain dengan status pinjaman.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Borneo FC, menjalin kesepakatan dengan PSS Sleman terkait perpindahan pemain. Kedua tim melakukan barter pemain dengan status pinjaman. 

Pesut Etam melepas bek Nudiansyah ke tim Elang Jawa dan sebagai gantinya, Borneo FC  mendapat tambahan tenaga di sektor tengah dengan kedatangan Hambali Tholib.

Baca Juga

"Terjalin kesepakatan antara Borneo FC dengan PSS Sleman terkait perpindahan pemain. Kami secara resmi melepas Nurdiansyah ke PSS dan mendapatkan jasa Hambali Tholib untuk mengarungi musim kompetisi 2022/2023,” ujar COO Borneo FC, Ponaryo Astaman.

Ponaryo berharap dengan pertukaran pemain ini berdampak positif untuk kedua tim dalam menyongsong padatnya kompetisi Liga 1 2022/23. Apalagi, masing-masing tim memang butuh pemain di pos tertentu. 

“Kami berharap dengan pertukaran ini, mampu memberi dampak positif untuk kedua tim dan saling menguntungkan,” harap Ponaryo. 

Baca Juga

Hadirnya Hambali memberikan opsi tambahan pelatih Borneo FC, Milomir Seslija, dalam menyusun formasi untuk lini tengah. Gelandang 22 tahun ini punya kecepatan dan bagus dalam bertahan maupun menyerang. 

Hambali pernah berseragam Persela Lamongan dan juga Persebaya Surabaya. Dia merupakan salah satu pemain muda yang diorbitkan pelatih Aji Santoso. 

Selain kedatangan Hambali, Borneo FC juga meresmikan asisten pelatih baru. Sosok yang direkrut adalah Akhyar Ilyas. Mantan juru taktik Galaticos FC menggantikan Ahmad Amiruddin yang mengundurkan diri. 

“Ada alasan besar soal mundurnya Amir ini yang tak bisa kami beberkan ke media. Kami sebenarnya tak ingin Amir keluar, tapi keputusan sudah diambil yang bersangkutan,” ujar asisten manajer Borneo FC, Farid Abubakar.

Akhyar telah tiba di Samarinda dan langsung bergabung dengan tim, sekaligus mengenal komposisi pelatih serta pemain dalam tim musim ini. Dikatakan Farid, manajemen Pesut Etam punya banyak opsi untuk mencari pengganti Amir, mulai pelatih lokal sampai asing. Namun pilihan akhirnya jatuh pada Akhyar.

Baca Juga

“Kami berharap Akhyar bisa cepat beradaptasi dengan tim, terutama rekan-rekannya sesama pelatih. Semoga saja kehadirannya membantu tim ini semakin berkembang nantinya,” tuntas Farid.

Borneo FC tengah bersiap untuk hadapi laga perdana Liga 1 2022/23 lawan Arema FC pada Minggu (24/07/22). Ini akan jadi laga balas dendam setelah Stefano Lilipaly dkk kalah di final Piala Presiden 2022. 


1. Profil Klub Liga 1 2022: Borneo FC

Pertandingan antara Borneo FC vs Arema FC Piala Presiden 2022. Foto: MO Arema FC

Berikut adalah profil klub Liga 1 2022, Borneo FC, yang berambisi untuk menuntaskan musim ini dengan gelar juara, walau ambisi ini sempat tertunda.

Ya, Borneo FC adalah tim yang konsisten di papan atas klasemen Liga 1 di setiap musim. Para pemainnya pun tidak banyak berubah, karena misi mereka adalah juara Liga 1.

Baca Juga

Misi itu nyaris berhasil dibuktikan di ajang pramusim Piala Presiden 2022, Borneo FC melesat ke final dan berjumpa tim kuat Arema FC.

Setelah bermain tanpa kekalahan di sepanjang penyisihan grup sampai babak semifinal, Borneo FC justru dibungkam oleh Arema FC di final leg 1 Piala Presiden 2022.

Sayangnya, di final leg 2 yang digelar di Stadion Segiri Samarinda, Borneo FC gagal mencetak gol dan bermain imbang 0-0 atas Arema FC. Mereka gagal meraih trofi juara.

Baca Juga

Maka dari itu, Borneo FC ingin menata ulang persiapan timnya, agar tampil lebih baik di Liga 1 2022. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh manajer Borneo FC, Dandri Dauri.

"Kami selalu bersemangat meningkatkan prestasi. Kalau kemarin (Liga 1 2021) finis peringkat keenam, ya musim selanjutnya minimal lima besar," kata Dandri Dauri.

Hal itu dibenarkan oleh pelatih Borneo FC, Milomir Seslija. Ia mengaku ingin move on dari Piala Presiden 2022, karena kick-off Liga 1 2022 sudah di depan mata.

Baca Juga

"Kami hanya kalah sekali di Piala Presiden. Dari permainan sudah sangat meningkat pesat. Kalau kami bisa terus seperti ini, maka di Liga 1 juga bakal jauh lebih baik."

Masih ada waktu bagi Borneo FC untuk mematangkan strategi, sebelum menjamu Arema FC di pekan pertama Liga 1 2022, Minggu (24/07/22) sore, di Stadion Segiri.


2. Kedalaman Skuad Borneo FC

Latihan perdana Borneo FC, Senin (09/05/22). Sumber: Foto: PT LIB

Kedalaman Skuad Borneo FC Pelatih Milomir Seslija nampaknya akan mengesahkan formasi 4-3-3 untuk bisa memaksimalkan setiap lini Borneo FC.

Angga Saputra akan menjadi kiper utama, kemudian dibayangi oleh dua kiper berkualitas, Shahar Ginanjar dan juga Dwi Kuswanto.

Javlon Guseynov akan menjadi jenderal di lini pertahanan, dikawal oleh sosok Agung Prasetyo, Leo Guntara, dan Diego Michiels.

Sesekali, Milomir juga akan memainkan Fajar Fathur Rahman, bek berkualitas yang baru saja menyabet penghargaan sebagai pemain muda terbaik Piala Presiden 2022.

Lini tengah Borneo FC, tentu saja akan dikuasai oleh Kei Hirose, Hendro Siswanto, dan Stefano Lilipaly yang teruji kualitasnya, baik di level klub maupun Timnas Indonesia.

Sementara di lini depan, bakal dipertajam oleh dua penggawa asing, Jonathan Bustos dan Matheus Pato, dibantu oleh sang pelari cepat di sektor sayap, Terens Owang Puhiri.

PSS SlemanBorneo FCLiga IndonesiaLiga 1Hambali TholibBerita Liga 1

Berita Terkini