x

Tinjau Kesiapan Persib, Menpora Beri Lampu Hijau Penggunaan Stadion GBLA di Liga 1

Sabtu, 23 Juli 2022 11:15 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (tengah) bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (kiri) meninjau Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (22/07/22), jelang Kick-off Liga 1 2022-2023.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, memastikan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, layak digunakan Persib Bandung saat mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Penilaian tersebut disampaikan oleh Zainudin Amali setelah meninjau langsung kondisi dan kesiapan Stadion GBLA, Jumat (22/07/22). Pada kesempatan tersebut Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, ikut hadir mendampingi.

Baca Juga

Selain itu, Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana, Sekda Kota Bandung dan perwakilan manajemen Persib di antaranya Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono serta Komisaris PT PBB, Umuh Muchtar, turut mendampingi peninjauan Stadion GBLA.

Zainudin Amali menuturkan pada kesempatan tersebut dia ingin melihat langsung kondisi Stadion GBLA. Selain itu, pihaknya ingin mengetahui persiapan yang dilakukan oleh Panpel pertandingan Persib dan kepolisian, terutama terkait pengamanan. 

Pasalnya, sebelumnya di Stadion GBLA terjadi insiden yang mengakibatkan dua orang Bobotoh meninggal dunia. Kedua Bobotoh tersebut, meninggal lantaran berdasarkan saat akan menyaksikan laga Persebaya vs Persib di penyisihan Grup C Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022.

Baca Juga

"Siang hari ini saya datang ke Bandung khusus untuk melihat Stadion yang akan digunakan sebagai homebase Persib dan dan akan juga digunakan untuk pertandingan-pertandingan kompetisi Liga 1 musim kompetisi 2022 sampai 2023," kata Zainudin Amali, Jumat (22/07/22).

"Khusus untuk GBLA, tentu kami harus bisa memastikan, pertama tentang kelayakan secara teknis, yang kedua adalah kenyamanan dan ketiga adalah pengamanannya," ucapnya menambahkan.

Pihak kepolisian menurut Zainudin Amali, sudah memaparkan berbagai persiapan terutama pengamanan untuk pertandingan di Stadion berkapasitas 38 ribu penonton tersebut.

Baca Juga

Selain itu, perwakilan manajemen Persib juga menjelaskan persiapan yang disiapkan oleh Panpel, di antaranya penjualan tiket hingga skema kepulangan supporter dari Stadion.


1. Beri Lampu Hijau

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (tengah) bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (kiri) meninjau Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (22/07/22), jelang Kick-off Liga 1 2022-2023.

Pihaknya sengaja meminta penjelasan tersebut, untuk memastikan pertandingan kompetisi Liga 1 2022-2023 yang berlangsung di Stadion GBLA bisa berjalan dengan aman, lancar dan nyaman bagi penonton.

"Tadi saya sudah mendapatkan penjelasan dari pak Kapolda yang sudah memberikan penjelasan tentu di wilayah tugas beliau," ungkapnya.

"Kemudian juga tadi saya sudah berkeliling di GBLA ini dan juga bapak Teddy tadi menjelaskan, bagaimana rencananya mulai dari penjualan tiket sampai dengan mereka penonton keluar kembali ke tempat masing-masing dari GBLA ini," jelasnya.

Sebelumnya, Zainudin Amali sudah menggelar rapat koordinasi di Jakarta terkait persiapan pelaksanaan kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, yang akan mulai bergulir pada 23 Juli 2022. 

"Dan juga ini adalah salah satu hal yang kami bicarakan pada saat rapat koordinasi yang saya pimpin di Jakarta yang dihadiri oleh Ketua Umum PSSI, Dirut LIB kemudian dari Mabes Polri, kemudian dari Kementerian Kesehatan dan Satgas Covid," ujarnya.

"Berbagai hal kita diskusikan khusus untuk pertandingan yang dilakukan di Bandung, kita punya atensi secara khusus, maka untuk memastikan itu saya datang," tegasnya.

Dari hasil peninjauan langsung ke Stadion GBLA serta penjelasan yang disampaikan pihak kepolisian dan Panpel Persib, dia menilai Stadion GBLA layak untuk menggelar pertandingan.

"Secara keseluruhan apa yang sudah dijelaskan oleh pak Kapolda kemudian oleh pak Teddy sebagai panitia dan juga penanggung jawab di Persib, saya kira sudah cukup memadai, GBLA sebagai tempat dan sebagai lapangan untuk pertandingan yang akan dilakukan oleh Persib," ujarnya.


2. Bobotoh Harus Patuhi Aturan

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (tengah) bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (kiri) meninjau Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (22/07/22), jelang Kick-off Liga 1 2022-2023.

Pihaknya berharap, dengan bisa digunakannya Stadion GBLA untuk menggelar pertandingan kompetisi Liga 1 2022-2023, penonton atau Bobotoh bisa mengikuti aturan yang diterapkan kepolisian dan Panpel Persib.

Karena, dengan mengikuti seluruh aturan yang berlaku, laga bisa berjalan dengan aman dan lancar serta penonton akan nyaman dalam menyaksikan pertandingan.

"Dan tentu pemerintah pusat bersama dengan pemerintah kota mengharapkan supaya para pendukung Persib, para suporter dan penonton untuk mematuhi semua yang nanti akan diterapkan oleh kepolisian dan juga oleh Panpel," katanya.

"Karena hanya itu yang menjadi penguat GBLA ini diizinkan sebagai tempat untuk melakukan pertandingan. Jadi, GBLA layak untuk jadi tempat penyelenggaraan pertandingan," ujar Menpora, Zainudin Amali soal kesiapan kandang Persib Bandung di Liga 1, 

Persib BandungStadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)Liga IndonesiaLiga 1Zainudin AmaliBerita Liga 1

Berita Terkini