x

Banyak Pilar Absen, Pelatih Persib Tetap Pede Hadapi Bhayangkara FC di Liga 1

Minggu, 24 Juli 2022 17:45 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, merasa optimis timnya tetap bisa tampil maksimal pada pertandingan tandang perdana di Liga 1 kontra Bhayangkara.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, merasa optimis timnya tetap bisa tampil maksimal pada pertandingan tandang perdana di Liga 1 2022-2023 menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Minggu (24/07/22).

Meskipun, pada pertandingan tersebut, Persib tidak bakal diperkuat oleh beberapa pemain andalannya karena mengalami cedera, di antaranya Teja Paku Alam yang berposisi sebagai kiper, bek kokoh Victor Igbonefo dan pemain anyar Ciro Alves.

Baca Juga

Menurut pelatih asal Belanda ini, absennya ketiga pemain tersebut diharapkan tidak mengurangi kekuatan tim. Selain itu, momen ini menjadi kesempatan bagi pemain lainnya yang mendapat kesempatan bermain untuk menampilkan permainan terbaiknya. 

"Tentunya sebagai pelatih, tidak ingin ada banyak pemain yang absen. Tapi di waktu yang bersamaan, ini merupakan kesempatan untuk memberi tempat bagi pemain lain untuk bersinar," ucap Robert Alberts.

Mantan pelatih PSM Makassar ini menilai, komposisi skuat Maung Bandung musim ini dihuni banyak pemain berkualitas, sehingga saat ada yang absen pemain lainnya bisa mengisi kekosongan tersebut.

Baca Juga

"Jika melihat kekuatan dari tim Persib Bandung, kami memiliki kedalaman skuat dan jika ada satu pemain tidak bisa tampil maka kami punya pengganti yang cukup pada posisi tersebut," kata Robert Alberts.

Saat ini, kondisi David da Silva sudah pulih dan siap untuk diturunkan, sebelumnya striker asal Brasil tersebut mengalami cedera dan sempat absen menjalankan program latihan.

Sehingga, pulihnya David da Silva, membuat Robert Alberts merasa tenang, karena lini depan Persib bakal dihuni penyerang andalannya.

Baca Juga

"Tapi tentu saja jika tim terpaksa kehilangan dua striker berkualitas bersamaan seperti Ciro dan David, tentu saja itu memberikan dampak yang besar," jelas Robert Alberts.

Kondisi yang dialami Persib saat ini menurut Robert Alberts, hampir sama dengan yang dialami salah satu tim Liga Inggris, Liverpool saat kehilangan pemain andalannya.


1. Berharap Segera Pulih

Pelatih Persib Bnadung, Robert Rene Alberts.

Robert Alberts berharap kondisi cedera yang dialami oleh pemainnya bisa segera pulih, sehingga mereka bisa memperkuat tim kebanggaan Bobotoh di kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

"Liverpool juga pernah kehilangan dua bek andalannya dan mereka kesulitan di sepanjang musim dan gagal untuk jadi juara, itu contohnya," ujarnya.

Baca Juga

"Ada dampak besar ketika dua pemain kunci di posisi yang sama harus cedera secara bersamaan. Tapi jika hanya satu pemain dan pemain lainnya tidak ada masalah, maka kami bisa mengatasinya. Dan itu yang harus kami perlihatkan," tegas Robert Alberts.

Pada laga tandang perdana di kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, skuat Maung Bandung hanya membawa sebanyak 21 pemainnya ke Bekasi.

Dari 21 pemain tersebut, tim kebanggaan Bobotoh hanya membawa dua penjaga gawang, yakni Fitrul Dwi Rustapa dan Reky Rahayu.

Baca Juga

"21 pemain, dua penjaga gawang dan 19 pemain. Berdasarkan daftar yang ada, kami bisa memasukkan 21 pemain," kata Robert Alberts sebelum berangkat ke Bekasi.

Menurut Robert Alberts, jumlah pemain tersebut cukup untuk melakoni pertandingan tandang, selain itu jarak Bandung dan Bekasi yang cukup dekat, membuat pemain lainnya yang ditinggal di Bandung bisa menyusul tim jika dibutuhkan.

Baca Juga

"Karena ini adalah perjalanan tandang dan semuanya bisa saja terjadi. Dan pemain lain bisa mudah datang menyusul," ungkap Robert Alberts.

Sementara itu, Robert Alberts mengakui laga perdana akan terasa berbeda dan menjadi tantangan bagi pemain. Pasalnya, mereka harus beradaptasi dengan atmosfer pertandingan.


2. Pertandingan Pertama Pemain Gugup

Persib Bandung menggelar doa bersama menjelang Liga 1 2022-2023 di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (20/07/22).

Apalagi, pada musim sebelumnya kompetisi Liga 1 digelar dengan sistem bubble dan tanpa penonton, sedangkan musim ini pertandingan kembali normal dengan format home and away serta bisa disaksikan langsung oleh suporter.

"Laga pertama di setiap liga di dunia, setiap tim selalu (sulit). Semua pemain penasaran, gugup," ujar Robert Alberts.

Meski begitu, Robert Alberts akan berusaha membuat anak asuhnya merasa nyaman pada pertandingan dan fokus untuk mengamankan poin penuh.

Pasalnya, kemenangan di laga perdana sangat penting untuk modal menghadapi lawan selanjutnya.

"Dan yang paling penting kami merasa nyaman, merasa percaya diri untuk menghadapi Bhayangkara demi hasil terbaik. Pikiran kami adalah bagaimana bisa meraih tiga poin di laga perdana," ujar pelatih Persib Bandung di Liga 1, Robert Rene Alberts.

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaBhayangkara FCLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini