x

Hoaks! Polisi Pastikan Tak Ada Korban Jiwa saat Bentrokan Suporter di Yogyakarta

Selasa, 26 Juli 2022 08:27 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Isman Fadil
Pihak Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta angkat bicara terkait kericuhan dua kelompok suporter di Yogyakarta pada Senin (25/07/22).

INDOSPORT.COM - Pihak Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta angkat bicara terkait kericuhan dua kelompok suporter di Yogyakarta jelang pertandingan Liga 1 antara Persis Solo vs Dewa United, Senin (25/07/22).

Polisi membantah keras jika ada korban meninggal dunia akibat peristiwa yang terjadi di sejumlah titik di Kabupaten Sleman tersebut.

Baca Juga

Diketahui sebelumnya jika kelompok suporter beratribut Persis Solo terlibat kericuhan di Yogyakarta pada Senin (25/07/22).

Dalam rekaman video yang beredar di sosial media, kericuhan pecah di beberapa titik. Salah satunya terjadi di Gejayan.

Tampak sekelompok suporter tersebut berlari-lari di jalan raya dan melakukan pengejaran hingga ke gang yang ada di sekitar jalan raya.

Baca Juga

Dalam potongan video yang lain, juga memperlihatkan seseorang  tergeletak di pingggir jalan dan dikerumuni oleh sejumlah orang.

Dari peritiwa tersebut, muncul isu miring yang menyebabkan jatuhnya korban meninggal dunia akibat tawuran kelompok suporter itu.

Menanggapi hal tersebut, pihak Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan tidak ada korban meninggal dunia dalam peristiwa kericuhan.

Baca Juga

"Beredar informasi bahwa ada suporter yang meninggal," buka Kepala Bidang Humas (Kabidhumas) Polda DIY Kombes Pol. Yuliyanto melansir dari Antara.

"Ini bisa kami pastikan bahwa informasi itu tidak benar," jelasnya.


1. Bantah Ada Korban Meninggal

Ribuan suporter Persis Solo baik Pasoepati maupun Surakartans mulai memadati kawasan Stadion Maguwoharjo.

Yuliyanto menjelaskan jika keributan tersebut terjadi di sejumlah titik antara lain Jalan Gejayan dan kawasan Jombor, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Pihaknya juga telah berkomunikasi dan mengecek ke sejumlah pihak rumah sakit di Yogyakarta untuk memastikan tidak ada korban jiwa.

Baca Juga

"Saya sendiri sudah mengecek ke beberapa rumah sakit dan dari humas rumah sakit yang saya cek menyatakan tidak ada korban atau tidak ada yang meninggal dunia karena peristiwa tadi siang," tegasnya.

Lebih lanjut, Yuliyanto juga menanggapi isu liar terkait pesan suara yang menyebut jika ada dua korban meninggal dunia akibat peristiwa itu. 

Pihak Kepolisian, kata Yuliyanto masih menelusuri sumber suara yang menyebarkan kabar tersebut hingga viral di media sosial.

Baca Juga

"Sedang kami cari ini suaranya siapa," tambahnya.

Yuliayanto sendiri berharap seluruh suporter sepak bola di Solo, Jawa Tengah, maupun di Yogyakarta tidak melakukan tindakan merusak fasilitas umum serta melanggar aturan hukum.

"Mari sama-sama menjaga situasi supaya pertandingan bola di mana pun bisa dinikmati, bisa disaksikan dengan nyaman, jadi tidak perlu membuat keributan," ujarnya.

Baca Juga

Adapun, sebelum kerusuhan tersebut pecah sejumlah kelompok suporter beratribut Persi Solo memadati Kota Yogyakarta.

Disinyalir, kelompok suporter tersebut hendak menonton pertandingan BRI Liga 1 2022-2023 yang mempertemukan Laskar Samber Nyawa kontra Dewa United yang digelar di Magelang, Jawa Tengah.


2. Hasil Liga 1 Persis Solo vs Dewa United: Banjir Gol, Laskar Sambernyawa Alami Mimpi Buruk

Pertandingan antara Dewa United vs Persis Solo di BRI Liga 1 2022, Senin (25/07/22). Foto: Dewa United

Berikut ini hasil pertandingan pekan perdana Liga 1 2022/2023 antara Persis Solo kontra Dewa United yang berlangsung pada Senin (25/07/22) pukul 16.00 WIB.

Pada laga perdana mereka di Liga 1 2022/2023, Persis Solo dan Dewa United bertanding di Stadion Madya Magelang. Laskar Sambernyawa pun harus mengakui keunggulan tim tamu dengan skor 2-3. 

Dewa United langsung menciptakan keunggulan sejak awal pertandingan. Karim Rossi berhasil mencetak gol pada menit ke-2 setelah memanfaatkan umpan tendangan sudut.

Terkejut karena gol cepat, Persis Solo langsung mencoba memberikan tekanan ke lini pertahanan Dewa United.

Baca Juga
Persis SoloSuporterPasoepatiLiga IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini