x

Liga 1: Sergio Alexandre Bicara Kekalahan Dramatis PSIS Semarang atas Arema FC

Minggu, 31 Juli 2022 16:45 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih PSIS Semarang, Sergio Aparecido Alexandre, menilai timnya tampil bagus saat kalah dari Arema FC pada pekan kedua Liga 1.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSIS Semarang, Sergio Aparecido Alexandre, menilai timnya tampil bagus. Kekalahan dramatis 1-2 atas Arema FC pekan pertama Liga 1 Indonesia di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (30/7/22) malam, harus terjadi karena tuan rumah bisa memanfaatkan dua set piece.

PSIS sebenarnya punya peluang besar membawa poin dari Malang, minimal satu poin. Taisei Marukawa sudah membawa PSIS unggul menit ke-75.

Baca Juga

Namun, Arema FC sukses besar dalam memanfaatkan setiap peluang, terutama melalui bola mati. Arema FC menyamakan kedudukan lewat Ilham Udin Armayn menit ke-78.

Drama kemudian terjadi ketika pada detik-detik terakhir pertandingan Arema FC mencetak gol lewat bek jangkung, Sergio Silva.

Sundulan memanfaatkan sepak pojok membobol gawang PSIS yang dikawal Aldhila Redondo. PSIS harus menerima kenyataan kalah lagi dari Arema FC, setelah dua pertemuan di babak semifinal Piala Presiden 2022.

Baca Juga

Sergio Alexandre menilai kedua tim memiliki permainan yang bagus. Hanya saja, timnya harus menerima kenyataan Arema FC bisa memanfaatkan dua peluang bola mati.

"Kami tidak kehilangan konsentrasi selama 90 menit. Kita kebobolan karena mekanisme set piece," kata Sergio Alexandre usai pertandingan.

"Secara keseluruhan tim bertahan dengan baik, mampu melakukan serangan balik dengan baik, tapi memang dua set piece itu membunuh kita," lanjut pelatih asal Brasil ini.

Dalam laga ini, PSIS juga tak menampilkan Carlos Fortes, meski diboyong dalam skuad menuju Malang.

Baca Juga

Hanya saja, kondisi Fortes yang belum bagus setelah cedera hamstring di Piala Presiden 2022, membuatnya absen untuk kedua kalinya di Liga 1 2022/2023.

"Kita kehilangan Fortes, pemain yang bagus. Kita coba beberapa taktik lain dan hal itu membutuhkan waktu untuk menjadi rencana terbaik. Tentu kami berharap Fortes segera kembali, karena saat kehilangan striker utama itu sangat sulit," paparnya.


1. Bukan karena Tekanan Suporter

Dendi Santoso dalam laga Arema FC vs PSIS Semarang.

Taktik lain yang dimaksud adalah strategi false nine dengan menempatkan pemain berposisi gelandang sebagai penyerang bayangan.

"Kita mainkan gelandang sebagai false nine atau striker. Secara keseluruhan tidak buruk, tapi secara tim belum padu karena posisi aslinya bukan di situ," kata Sergio.

Baca Juga

Ditambahkan gelandang PSIS, Muhammad Guntur Triaji, hasil ini tentu membuat para pemain kecewa.

Apalagi gol penentu kemenangan Arema FC terjadi pada menit-menit akhir. Guntur menyebut kekalahan ini bukan karena PSIS tertekan dengan dukungan suporter tuan rumah.

"Saya rasa bukan karena faktor suporter karena kita sudah tiga kali tandang ke Arema. Bahkan kemarin Piala Presiden lebih banyak dari ini," jelas Guntur.

Baca Juga

"Jadi, bukan karena tekanan suporter, tapi pada menit akhir kehilangan konsentrasi. Ada kesalahan kecil melalui set piece," kata mantan gelandang Persikabo ini.

Guntur pun berterima kasih atas dukungan penuh suporter PSIS yang rela datang jauh-jauh ke Malang.

Baca Juga

"Untuk suporter PSIS yang datang terima kasih. Liga 1 masih banyak pertandingan. Percayalah kita akan berusaha sekuat tenaga untuk bangkit pada laga selanjutnya," ucap Guntur.

Setelah ini, PSIS Semarang akan menghadapi Barito Putera di Stadion Jatidiri, Semarang, 6 Agustus 2022, pada pekan kedua Liga 1. 


2. Hasil Liga 1 Arema FC vs PSIS Semarang

Selebrasi gol Ilham Udin usai mencetak ke gawang PSIS Semarang.

Berikut merupakan hasil pertandingan Liga 1 2022/23 antara Arema FC vs PSIS Semarang, pada Sabtu (30/07/22), di mana tuan rumah berhasil comeback lewat kemenangan dramatis. 

Matchday putaran kedua Liga 1 Indonesia yang mempertemukan Arema FC vs PSIS tersaji di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu (30/07/22) pukul 18.15 WIB.

Arema FC yang menjamu PSIS Semarang, memliki misi untuk meraih kemenangan, setelah pada putaran pertama harus dicukur oleh Borneo FC.

Pertandingan yang berkesudahan dengan skor 3-0 tersebut, membuat Singo Edan harus berada di papan bawah klasemen sementara Liga 1.

Sejak dimulainya peluit babak pertama dimulai, pertandingan antara Arema FC vs PSIS Semarang berlangsung sengit, pasalnya kedua tim saling berbalas serangan.

Baca Selengkapnya: Hasil Liga 1 Arema FC vs PSIS Semarang: Gol Telat Sergio Silva Jadi Penentu Kemenangan Tuan Rumah

PSIS SemarangLiga IndonesiaArema FCLiga 1Berita Liga 1Sergio Alexandre

Berita Terkini