x

5 Pemain Tertua yang Pernah Tampil di Piala Dunia: Ada Eks Striker Klub Liga Indonesia

Senin, 1 Agustus 2022 17:37 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi Roger Milla usai mencetak gol untuk Kamerun dalam pertandingan Piala Dunia kontra Rusia, 28 Juni 1994 silam.

INDOSPORT.COM - Berikut lima pemain tertua yang pernah tampil di ajang bergengsi Piala Dunia, termasuk ada mantan striker dari klub Liga Indonesia.

Seperti diketahui, seluruh penikmat sepak bola sebentar lagi bakal menyaksikan pesta Piala Dunia 2022 di Qatar. Ajang ini dijadwalkan berlangsung pada 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang.

Baca Juga

Sebanyak 32 negara peserta termasuk Brasil, Inggris, Argentina hingga Belgia akan berpartisipasi pada Piala Dunia 2022. Turnamen sepak bola terbesar di dunia ini menjadi edisi yang ke-22.

Pertandingan pembuka bakal mempertemukan antara penghuni Grup A yakni Senegal melawan Belanda pada Senin (21/11/22).

Baca Juga

Selain keseruan pertandingan, kemungkinan ada sejumlah rekor baru yang tercipta. Di Piala Dunia sebelumnya juga pernah ada pemain yang menorehkan rekor seperti menjadi pemain tertua.

Berikut INDOSPORT telah merangkum lima pemain tertua yang pernah tampil di Piala Dunia:

Essam El-Hadary

Mantan kiper Timnas Mesir yakni Essam El-Hadary menjadi pemain tertua sepanjang sejarah Piala Dunia. Ia menjadi pemain tertua usai tampil di Piala Dunia 2018 lalu.

Baca Juga

Essam El Harady mencatatkan penampilan terakhirnya untuk tim nasional saat timnya kalah 1-2 dari Arab Saudi. Saat itu usianya sudah menginjak 45 tahun, 160 hari.

Kiper Timnas Mesir itu total membela negaranya sebanyak 159 laga internasional. Ia khirnya mengumumkan pensiun dari timnas setelah Piala Dunia 2018 selesai.


1. Faryd Mondragon

Faryd Mondragon, kiper Kolombia.

Setelah Essam El Harady, posisi kedua ditempati oleh Faryd Mondragon. Kiper asal Kolombia ini mencatatkan 43 tahun 3 hari saat tampil di Piala Dunia 2014 silam.

Faryd Mondragon mencetak rekor saat tampil membela Kolombia kontra Jepang di babak grup Piala Dunia 2014. Ia masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-85.

Baca Juga

Roger Milla

Roger Milla pernah menjadi pemain tertua di Piala Dunia 1994 silam di Amerika Serikat. Saat itu usianya menginjak 42 tahun, 38 hari saat saat memperkuat Kamerun menghadapi Rusia pada 12 Juni 1994.

Uniknya, dalam laga itu Roger Milla sukses menyumbang satu gol untuk Kamerun. Akan tetapi, ia gagal menyemalatkan timnya dari kekalahan telak atas Russia dengan skor 1-6.

Baca Juga

Roger Milla juga tercatat pernah memperkuat dua klub Liga Indonesia yaitu Pelita Jaya (1994/95) dan Putra Samarinda atau yang kini menjadi Bali United (1995/96).

Di Liga Indonesia, ia bukan hanya sekedar lewat. Sebagai striker, ia mencatatkan jumlah gol fantastis.

Baca Juga

Bersama Pelita Jaya, Roger Milla menyarangkan 23 gol dari 23 laga. Sementara bersama Putra Samarinda, Milla mencetak 18 gol dari 12 laga.

Di masa jayanya, ia pernah membela klub-klub Prancis seperti Montpellier, saint-Etienne hingga AS Monaco. Di Timnas Kamerun, Roger Milla mencatatkan 37 gol dari 63 laga.


2. Pat Jennings

Diego Maradona (tengah), saat mencetak gol menggunakan tangannya ke gawang Inggris yang dijaga Peter Shilton (kanan), pada babak perempat final Piala Dunia 1986.

Setelah Roger Milla, ada nama Pat Jennings yang pernah tampil di Piala Dunia di usia 41 atau saat hari ulang tahunya. Saat itu ia bertugas mengawal gawang Irlandia Utara menghadapi Brasil di Piala Dunia 1986 silam.

Sayangnya, Irlandia Utara harus menelan kekalahan telak 0-3 dari Brasil dalam laga terakhir babak penyisihan grup.

Meski bermain di usia 41 tahun, Pat Jennings ketika itu bukanlah kiper pelapis melainkan pemain inti di skuad Irlandia Utara saat itu. Ia pernah memperkuat beberapa klub raksasa Liga Inggris seperti Arsenal dan Tottenham Hotspur.

Peter Shilton

Peter Shilton menjadi pemain tertua kelima yang pernah tampil di Piala Dunia. Di edisi 1990 silam ia membela Timnas Inggris di usia 40 tahun 292 hari.

Penampilan terakhirnya pada 7 Juli 1990 silam saat perebutan tempat ketiga antara Timnas Inggris melawan Italia.

Hal yang paling tidak bisa dilupakan dalam kariernya adalah saat gawangnya dibobol oleh Diego Maradona di Piala Dunia 1986. Hingga kini gol Maradona masih dikenang dengan gol tangan Tuhan.

Baca Juga
Piala DuniaQatarPelita JayaPersisam Putra SamarindaPiala Dunia 2022Roger MillaPat JenningsFaryd MondragonLiga IndonesiaPeter ShiltonEssam El-Hadary

Berita Terkini