x

Termasuk Pele dan Legenda Barcelona, 5 Pemain Termuda dalam Sejarah Piala Dunia

Selasa, 2 Agustus 2022 20:00 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Legenda sepak bola Brasil, Pele. (Foto: Marc Piasecki/Getty Images)

INDOSPORT.COM – Berikut lima pemain yang masuk dalam buku sejarah sebagai penampil termuda di ajang sekelas Piala Dunia.

Dalam hitungan bulan, penikmat sepak bola di seluruh dunia akan menyambut gelaran bergengsi empat tahunan bertajuk Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Pada edisi 2022 ini, Piala Dunia akan digelar di Qatar. Penunjukkan Qatar sebagai tuan rumah menjadikan Piala Dunia untuk kedua kalinya digelar di Asia dan pertama kalinya di Timur Tengah.

Pada umumnya, Piala Dunia digelar pada saat jeda kompetisi atau pada musim panas, yakni pada pertengahan tahun, yakni bulan Juni hingga Juli.

Namun di edisi 2022 ini, Piala Dunia baru akan digelar pada November atau saat kompetisi di berbagai negara tengah berlangsung.

Baca Juga

Hal ini lantaran di bulan Juni dan Juli, Qatar tengah menjalani musim panas. Sehingga cuaca sangat terik dan bisa membuat pemain mudah kelelahan dan kehausan.

Atas dasar iklim itulah, FIFA selaku penyelenggara Piala Dunia menggelar ajang ini untuk edisi 2022 pada bulan November hingga Desember, atau saat musim dingin.

Terlepas dari hal tersebut, Piala Dunia kerap menghadirkan rekor-rekor yang bisa dikatakan tak masuk akal.

Baca Juga

Salah satunya adalah pemain termuda yang pernah tampil di ajang tersebut. Mengingat betapa prestisiusnya ajang ini, tentu memainkan pemain muda non pengalaman menjadi pertaruhan yang besar.

Lalu, siapa sajakah pemain termuda yang pernah tampil di panggung dunia? Berikut INDOSPORT rangkum dalam daftar di slide kedua ini.


1. Ada Legenda Barcelona

Lionel Messi dan Samuel Eto'o saat masih membela Barcelona

1. Norman Whiteside (Irlandia Utara)

Norman Whiteside ditahbiskan sebagai pemain termuda yang pernah tampil di Piala Dunia, saat membela Irlandia Utara di Piala Dunia 1982.

Saat itu, Norman Whiteside bermain bagi Irlandia Utara saat melawan Yugoslavia, di mana ia turun sejak menit pertama di usia 17 tahun 40 hari.

Baca Juga

Tampil sebagai penyerang, Norman Whiteside gagal mencetak gol di laga itu. Malahan dia mendapat kartu kuning yang membuatnya menjadi pemain termuda yang mendapat kartu kuning di Piala Dunia.

Sedangkan dalam kariernya, Norman Whitsidetercatat pernah berseragam Manchester United, sebelum akhirnya didepak ke Everton.

2. Samuel Eto’o (Kamerun)

Legenda Barcelona, Samuel Eto’o masuk dalam daftar ini usai dirinya tampil di Piala Dunia 1998 di Prancis bersama Kamerun di usia 17 tahun 98 hari.

Eto’o tampil di Piala Dunia 1998 saat masuk sebagai pemain pengganti di laga kedua grup A, melawan Italia. Ia masuk di menit ke-66.

Baca Juga

Di laga itu, Eto’o gagal mencetak gol dan gagal pula membawa Kamerun melangkah ke babak selanjutnya, usai finis di peringkat ke-4 grup A.

Meski begitu, karier Eto’o setelahnya menjadi cemerlang, di mana ia mengecap sukses bersama Barcelona dan Inter Milan.

3. Femi Opabumi (Nigeria)

Empat tahun berselang, bakat Afrika lainnya, yakni Femi Opabumi dari Nigeria, mencetak rekor sebagai pemain termuda ketiga yang tampil di Piala Dunia.

Femi Opabumi melakoni debut di Piala Dunia pada usia 17 tahun 100 hari kala Nigeria berhadapan dengan Inggris di laga terakhir grup F.

Baca Juga

Dalam laga itu, Femi Opabumi bermain sebagai starter dan tampil selama 86 menit sebelum digantikan Pius Ikedia.

Setelahnya, karier Femi Opabumi pun tak pernah terdengar lagi, mengingat ia bermain untuk tim-tim tak ternama seperti tim Nigeria dan juga tim Israel.


2. Pele Paling Sukses

Pele di masa jayanya.

4. Salomon Olembe (Kamerun)

Sebelum Samuel Eto’o, Kamerun sempat memainkan Salomon Olembe di Piala Dunia 1998, di mana ia menjadi pemain pengganti di laga perdana melawan Austria.

Salomon Olembe masuk di menit ke-65 di laga tersebut, dan membuat dirinya menjadi pemain termuda ke-4 yang pernah tampil di Piala Dunia pada usia 17 tahun 184 hari.

Baca Juga

Setelah tampil di Piala Dunia, karier Olembe pun terbilang cemerlang dengan membela klub Liga Prancis, FC Nantes.

Namun, kiprahnya di sepak bola masih kalah mentereng dari Eto’o yang mampu mengecap sukses bersama klub-klub besar Eropa.

5. Pele (Brasil)

Sebelum empat daftar di atas mencatatkan diri sebagai yang termuda, ada nama Pele yang lebih dulu membuat sensasi kala debut di Piala Dunia 1958 pada usia 17 tahun 234 hari.

Bisa dikatakan, Pele menjadi pemain termuda tersukses dalam sejarah Piala Dunia, di mana ia mampu mencetak gol di babak perempat final, semifinal, dan final.

Baca Juga

Bahkan karena sumbangsihnya itu, Brasil berhasil keluar menjadi juara Piala Dunia 1958. Karenanya, nama Pele pun sangat dipuja-puja di negaranya.

Selain itu, kiprahnya setelah Piala Dunia berlanjut, di mana Pele dinobatkan sebagai salah satu pemain terbaik dunia sepanjang masa.

Samuel Eto'oFIFAPelePiala DuniaPiala Dunia 2022Bola InternasionalOne Football

Berita Terkini