x

Alami Masa Sulit di Arsenal, Mikel Arteta Selalu Ingat Mantra Magis Pep Guardiola

Rabu, 3 Agustus 2022 17:24 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Kieran Tierney (tengah) bersama Mikel Arteta di laga Arsenal vs Leicester City (13/03/22). (Foto: Reuters/John Sibley)

INDOSPORT.COM – Pelatih klub Liga Inggris (Premier League), Arsenal yaitu Mikel Arteta mengaku selalu ingat kata-kata magis dari sang mentor, Pep Guardiola.

Mikel Arteta akan menjalani musim ketiga secara penuh sebagai pelatih kepala Arsenal setelah mengambil alih posisi dari Unai Emery pada Desember 2019 silam.

Baca Juga

Saat ini, Arteta mampu memenangi 71 dari 131 pertandingan sebagai pelatih dan dua kali mampu finis di posisi kedelapan, dan kelima di Liga Inggris.

Selain itu, Arsenal mampu dibawanya hingga memenangi Piala FA pada 2020 silam, yang jadi salah satu gelar yang didapat.

Arsenal kini mencoba berinvestasi lebih besar dalam dua musim beruntun, meskipun Arteta sebagai pelatih sempat kesulitan untuk mengisi skuatnya dengan pemain baru.

Baca Juga

Bahkan, The Gunners sempat dibantai oleh Manchester City pada Agustus 2021 dengan skor 0-5 mengingat pemain yang dimiliki belum sesuai dengan kebutuhan tim.

Pada musim 2021/2022, Arsenal justru kalah tiga kali beruntun di permulaan musim dan membuat tekanan pada Mikel Arteta selaku pelatih.

Periode buruk ini kemudian diceritakan dalam video seri milik Arsenal yang bertajuk All or Nothing:Arsenal, yang kemudian dibenarkan oleh sang pelatih, Mikel Arteta.

Baca Juga

“Salah satu usulan yang diberikan Pep Guardiola kepada kami adalah dia meminta kepada saya bahwa pelatih adalah profesi yang menyendiri,” ujar Arteta dilansir dari Mirror.

“Ketika Anda menutup pintu, itu adalah Anda dan kekhawatiran yang ada, juga keputusan bahwa Anda akan selalu di sini.”


1. Pengaruh Guardiola kepada Arteta

City Khaldoon Al Mubarak dan pelatih Manchester City Pep Guardiola merayakan dengan trofi setelah menjuarai Liga Inggris 2021/2022. Foto: REUTERS/Hannah Mckay

“Saya tak bisa membantah keputusan yang sudah dibuat karena banyak momen sulit yang membuat saya menjadi orang yang lebih profesional dan inilah cara saya untuk mendapatkannya dan ini sudah diputuskan,” imbuh Arteta.

Tentunya, ada pengaruh Guardiola pada cara Arteta menangani tim, salah satunya karena ketika pelatih Arsenal ini bergabung ke akademi Barcelona atau La Masia, seniornya menjadi kapten tim utama.

Baca Juga

Usai menyelesaikan laga pra musim dengan hasil yang sangat menjanjikan, pelatih Arsenal, Mikel Arteta merasa masih belum puas dengan skuad yang dimilikinya saat ini guna menyambut Liga Inggris musim depan.

Usai datangkan Gabriel Jesus dan Zinchenko pada musim ini, pelatih berkebangsaan Spanyol itu mengaku akan mendatagkan pemain lagi sebelum jendela transfer musim panas ditutup.

Baca Juga

Hingga saat ini, Arsenal diketahui telah menghabiskan sebanyak 100 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun untuk mendatangkan pemain seperti Fabio Vieira, Marquinhos, Matt Turner, Gabriel Jesus, dan Zinchenko.

Musim lalu, skuad Arsenal diketahui memiliki beberapa masalah pada lini belakang dan lini tengah yang menjadi faktor gagalnya skuad London Utara ini mengambil satu tiket di Liga Champions


2. Banyak Masalah di Lini Tengah, Arsenal Datangkan Pemain Baru

Kieran Tierney (tengah) bersama Mikel Arteta di laga Arsenal vs Leicester City (13/03/22). (Foto: Reuters/John Sibley)

Permasalahan cedera yang dialami oleh Takehiro Tomiyasu, Kieran Tierney, dan Thomas Partey pada musim lalu membuat Arsenal kesulitan untuk mempertahankan posisi empat besar.

Sejak jendela transfer musim panas dibuka, Arsenal sebenarnya telah dikaitkan dengan pemain tengah milik Leicester City, Youri Tielemans.

Kehadiran pemain tersebut nantinya diharapkan menambah kedalaman skuad Arsenal, terutama lini tengah yang selalu mengandalkan Thomas Partey dan Granit Xhaka.

Baca Selengkapnya: Sudah Tampil Moncer Selama Pramusim, Arteta: Arsenal Bakal Belanja Pemain Baru Lagi!

ArsenalManchester CityPep GuardiolaMikel ArtetaLiga InggrisOne Football

Berita Terkini