x

Kepada Media Ceko, Ondrej Kudela Ungkap Sulitnya Hadapi Kemacetan Jakarta

Kamis, 4 Agustus 2022 20:29 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Bek asing anyar Persija, Ondrej Kudela.

INDOSPORT.COM – Bek klub Liga 1 Indonesia Persija Jakarta, Ondrej Kúdela  mengungkap pengalamannya dan kesulitannya saat membela Persija Jakarta.

Ondrej Kúdela sendiri telah bermain dalam dua pertandingan di Liga 1 2022/2023. Banyak pengalaman yang Kudela rasakan selama tiba di Jakarta.

Baca Juga

Pengalaman yang paling membuatnya terkesan kala membela Persija adalah saat ia bermain laga kandang di Stadion Patriot Candrabhaga melawan Persis Solo, Minggu (31/07/22).

Menurutnya, suporter di Indonesia terkhusus Persija sanga menggilai sepak bola. Pemain asal Ceko tersebut bahkan sampai takjub dengan dukungan penuh yang diberikan di stadion.

"Kami meraih kemenangan di stadion yang penuh. Basis suporter kami sangat besar. Tak bisa dipercaya dengan apa yang ditunjukkan orang-orang di sini. Sebanyak 25-30 ribu orang datang ke stadion," kata Ondrej Kúdela.

Baca Juga

Namun, dibalik pengalaman terkesimanya akan suporter Persija, Kudela ternyata juga memiliki pengalaman lain terkait kemacetan di Jakarta.

"Tidak mudah untuk sekadar keluar jalan-jalan. ​​Lebih dari 10 juta orang tinggal di Jakarta. Makanya kita ke tempat latihan satu jam lebih awal."

Bahkan, ia mengakui adanya pelatih kiper Jan Klima yang lebih dulu berada di Jakarta membuatnya terbantu menghadapi kemacetan di Jakarta.

“Pelatih kiper Jan Klima telah bekerja di sini untuk waktu yang lama. Saya senang bahwa ada lebih banyak dari kita di sini. Michael (Krmencik) dan saya pergi berlatih bersama. Senang saya tidak sendiri di Jakarta,” ujar Ondrej Kudel dilansir dari Sport Ceskatelevize.

Baca Juga

“Selain itu, tidak ada yang (kami) mengerti). Kami ketika sedang bermain, jadi dia meneriaki saya dan saya membunyikan klakson padanya, saya akan memberikannya. Kami saling memahami dan saya pikir itu akan menjadi lebih baik,” pungkas Ondre Kudela.

Pemain asal Ceko itu juga mengatakan pada dirinya sendiri bahwa ia juga harus bisa membiasakan diri dengan kota metropolitan di Indonesia yang padat seperti Jakarta.


1. Ondrej Kúdela Ingin Persija Juara

Bek anyar Persija Jakarta, Ondrej Kudela.

Berbeda dengan Persija Jakarta yang ingin mendapatkan gelar juara Liga 1 Indonesia, Ondrej Kúdela  justru menunjukkan target yang berbeda dengan klubnya tersebut.

Pemain asal Ceko tersebut justru memiliki target yang subjektif, ia justru membidik Persija agar mampu finis di posisi ketiga klasemen.

Baca Juga

Menurutnya, finis di papan atas sangat bagus untuk Persija yang musim ini diasuh pelatih Thomas Doll.

Meski demikian, Ondrej Kúdela  yakin Persija bakal terus berkembang. Persija harus membidik gelar secara bertahap.

"Keinginan klub adalah gelar, akan tetapi saya sedikit lebih rendah hati," kata Ondrej Kúdela  seperti dikutip Ceska Televize.

Baca Juga

"Kita akan lihat bagaimana musim berkembang. Jika kami berada di posisi ketiga, itu akan bagus untuk tahun pertama," ujar Ondrej Kúdela  yang menandatangani kontrak sampai 2025 di Persija Jakarta.

Ondrej Kúdela  juga antusias bermain di bawah asuhan pelatih Thomas Doll. Menurutnya, mantan pelatih Borussia Dortmund itu berusaha menerapkan gaya main Eropa di Persija Jakarta.

"Kami pertama kali bertemu di Jakarta. Saya harus katakan dia adalah pelatih yang sangat bagus," kata Ondrej Kúdela.

Baca Juga

"Dia ingin bermain dengan gaya Eropa yakni cepat dan tanpa lama menguasai bola. Dia coba mentransfernya ke pemain lokal dan kami," tegas Ondrej Kúdela.


2. Jelang Lawan PSM Makassar, Persija Tak Bisa Mainkan Michael Krmencik

Striker asing anyar Persija Jakarta, Michael Krmencik.

Persija Jakarta sudah berada di Parepare, Sulawesi Selatan untuk persiapan melawan PSM Makassar dipekan ketiga Liga 1 2022, Jumat (05/08/22). Tim Macan Kemayoran membawa 20 pemain. 

Dari 20 nama yang diboyong, tidak ada nama striker asing, Michael Krmencik. Pemain asal Ceko itu sedang tidak fit atau demam sejak, Rabu (03/08/22) sehingga tidak bisa jalani latihan.

Selain Michael, ada juga tiga pemain lokal yang tidak bisa dibawa dan dimainkan lawan PSM Makassar yakni  Firza Andika, Dony Tri Pamungkas, dan Rezaldi Hehanussa.

"Michael Krmencik, Firza Andika, Dony Tri Pamungkas, dan Rezaldi Hehanussa masih demam jadi tidak dibawa," tutur official tim Persija, Kukuh Wahyudi. 

Baca Selengkapnya: Lawan PSM di Liga 1, Persija Tak Bisa Mainkan Striker Timnas Ceko dan 3 Pemain Lokal

Persija JakartaLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023Ondrej Kudela

Berita Terkini