x

Profil Persab Brebes, Klub Pencetak Egy dan Witan yang Kini Dipimpin Lord Rangga 'Sunda Empire'

Kamis, 4 Agustus 2022 16:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Persab Brebes Jr merayakan gelar juara Piala Soeratin 2016.

INDOSPORT.COM – Berikut profil Persab Brebes yang belum lama ini membuat gempar seiring penunjukkan Lord Rangga ‘Sunda Empire’ sebagai manajer tim.

Kancah sepak bola Tanah Air dikejutkan dengan kabar klub Liga 3 zona Jawa Tengah, Persab Brebes, yang menunjuk Ki Ageng Rangga Sasana sebagai manajer tim.

Baca Juga

Nama Ki Ageng Rangga Sasana sendiri bukanlah nama asing bagi masyarakat Indonesia. Pria yang akrab disapa Lord Rangga ini identik dengan perkumpulan bernama Sunda Empire.

Kehadiran Sunda Empire sendiri sempat menghebohkan Iindonesia pada medio 2020 lalu, sebelum akhirnya para petingginya, termasuk Lord Rangga, ditahan pihak Kepolisian.

Karena ribut-ribut Sunda Empire tersebut, nama Lord Rangga melejit dan menjadi salah satu figur ternama di Indonesia.

Baca Juga

Kini Lord Rangga melanjutkan kiprahnya di kancah nasional, dengan masuk dalam lingkungan sepak bola, yakni sebagai manajer tim Liga 3, Persab Brebes.

Penunjukkan Lord Rangga sebagai manajer tim Persab Brebes pun dikonfirmasi oleh dirinya sendiri, lewat unggahan akun Instagramnya, @lordranggaofficial.

Dalam unggahannya di akun Instagram, Lord Rangga mengunggah laporan yang mengatakan dirinya menjadi manajer dari tim berjuluk Laskar Ki Joko Poleng tersebut.

Baca Juga

Karena penunjukkan Lord Rangga sebagai manajer tim, banyak yang mencari tahu info lebih lanjut mengenai Persab Brebes.

Lalu, seperti apakah profil dari Persab Brebes yang ternyata punya sejarah mentereng sebagai tim pencetak bakat-bakat di Timnas Indonesia seperti Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman?


1. Salah Satu Klub Tertua

Persab Brebes Junior

Persab Brebes merupakan salah satu klub tertua di Indonesia. Tercatat, Laskar Ki Joko Poleng ini lahir di dekade 60 an.

Dilansir dari unggahan mantan Sekretaris Umum Persab Brebes, Heri Fitriansyah, klub ini bermula dari klub lokal bernama PS Al-Fajar Brebes.

PS Al- Fajar Brebes sendiri merupakan klub lokal paling populer kala itu, karena berhasil menjuarai turnamen-turnamen regional di Karesidenan Pekalongan dan Cirebon.

Baca Juga

Dari kepopuleran dan prestasinya itu, muncul inisiatif agar PS Al-Fajar Brebes bisa mendaftar sebagai anggota PSSI yang saat itu belum lama resmi berbentuk badan hukum.

Dari sanalah pengurus PS Al-Fajar Brebes membentuk Persatuan Sepak Bola Kabupaten Brebes atau yang kini dikenal sebagai Persab Brebes pada tahun 1964.

Di tahun tersebut pula, Persab Brebes masuk dalam anggota PSSI sebagai PENGCAB atau pengurus cabang dan berkiprah dengan mengandalkan pemain lokal hingga tahun 1978.

Baca Juga

Sempat vakum hingga 1980, pemerintah setempat pun sempat kembali menghidupkan sepak bola Brebes dan menghadirkan PS Pemda Brebes.

Singkat cerita, Persab Brebes sempat mengikuti sepak bola kancah nasional. Namun karena satu dua hal masalah yang ada di tubuh klub, Laskar Ki Joko Poleng pun banyak bermain di tingkat daerah.

Meski begitu, Persab Brebes banyak melahirkan bakat-bakat sepak bola terbaik seperti Rubaedi di awal-awal pembentukan tim tersebut dan juga Iryando ‘Yando’.

Baca Juga

Di era modern seperti saat ini, Persab Brebes juga melahirkan bakat-bakat hebat lainnya, yang bahkan bisa berhasil menembus Timnas Indonesia.

Siapa saja para pemain tersebut?


2. Pencetak Bintang Timnas Indonesia

Egy Maulana Vikri (kiri) saat membela Persab Brebes Jr.

Bagi pendukung Timnas Indonesia saat ini, tentu tak asing dengan nama-nama seperti Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

Siapa sangka, keduanya merupakan jebolan Persab Brebes, yakni saat menjuarai Piala Soeratin U-17 Nasional 2016 silam.

Baca Juga

Saat itu, Persab Brebes berhasil menjuarai Piala Soeratin U-17 Nasional 2016 dengan mengalahkan Askot Balikpapan di partai final dengan skor 4-1.

4 gol kemenangan itu salah satunya dicetak oleh Egy Maulana Vikri yang kini menjadi salah satu pemain muda terbaik Timnas Indonesia.

Baca Juga

Egy tak sendiri kala itu. Ia juga ditemani oleh Witan yang kini juga menjadi salah satu bintang muda terbaik di Timnas Indonesia.

Selain Egy dan Witan, ada pula nama-nama seperti Gianluca Pagliuca Rossy, Muhammad Ridwan, Kadek Raditya Maheswara, dan Dedi Tri Maulana.

In Depth SportsEgy Maulana VikriPersab BrebesWitan Sulaemanprofil

Berita Terkini