x

Vietnam Bingung Analisis Pemain Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Siapkan Kejutan

Jumat, 5 Agustus 2022 17:44 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Timnas Indonesia U-16 menyiapkan kejutan lagi ketika menghadapi Vietnam U-16 pada laga pamungkas grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (06/08/22).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 menyiapkan kejutan lagi ketika menghadapi Vietnam U-16 pada laga pamungkas grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (06/08/22).

Tim Garuda Muda akan tampil dengan susunan pemain yang berbeda lagi. Perubahan komposisi pemain ini dengan mudah dilakukan karena Timnas U-16 memiliki skuat mumpuni.

Baca Juga

Fakta tentang akan ada kejutan lagi lawan Vietnam diungkapkan pelatih oleh pelatih Timnas U-16, Bima Sakti.

Deretan perubahan ini bisa membuat Vietnam bingung untuk menganalisis kekuatan lini per lini tim Garuda Muda dalam pertemuan nanti.

"Ada perubahan beberapa pemain, karena saat lawan Singapura kemarin memang ada yang kita istirahatkan, dengan tujuan supaya lebih fresh melawan Vietnam," kata Bima Sakti, Jumat (05/08/22).

Baca Juga

Bima Sakti menyebut, perubahan komposisi pemain yang bisa terjadi di setiap laga merupakan bentuk "keadilan" buat para pemain.

Artinya, seluruh pemain yang menjadi bagian Timnas Indonesia U-16 memiliki kesempatan sama untuk bermain. Makanya, uji coba dan latihan jadi sarana dalam menentukan komposisi pemain.

Baca Juga

"Dari era Marselino (Ferdinan) tahun 2019 sampai sekarang tidak ada pemain inti, pemain cadangan. Jadi, semua memiliki kesempatan," tutur Bima Sakti.

"Atmosfer itu terbawa di setiap latihan. Jadi mereka selalu fight untuk menunjukkan siapa yang layak untuk dimainkan," imbuh pelatih asal Kalimantan Timur ini.


1. Perubahan

Timnas Indonesia U-16 menyiapkan kejutan lagi ketika menghadapi Vietnam U-16 pada laga pamungkas grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (06/08/22).

Namun, perubahan itu mungkin hanya terjadi di posisi bek, gelandang dan penyerang. Sementara untuk penjaga gawang, Bima Sakti pilih mempertahankan Andrika Fathir Rachman.

Andrika dipertahankan karena selalu tampil dalam laga melawan Filipina dan Singapura. Sementara Ikram Al Ghiffari baru sembuh dari cacar air dan butuh waktu untuk mengembalikan kebugaran.

Baca Juga

Namun, keputusan final tetap bergantung pada rekomendasi pelatih kiper, Markus Horison, yang melatih Andrika, Andika dan Ikram.

"Kita tergantung Markus (Horison) penilaiannya bagaimana. Kalau Ikram siap ya kita coba, tapi ambil aman dulu karena Andrika selama ini juga yang lebih siap," jelas Bima Sakti.

Dari 28 pemain yang didaftarkan ke Piala AFF U-16, hanya Muhammad Yanuar Sanusi Pallaraeng yang berpotensi absen melawan Vietnam.

Baca Juga

Pemain yang tampil sebagai pemain pengganti saat melawan Filipina ini mengalami cedera pada bagian engkel. Maka, peluang Yanuar untuk tampil melawan Vietnam menipis.

"Yanuar cedera engkel waktu latihan di hari Sabtu sebelum melawan Filipina. Dia udah terasa sekarang agak sedikit bengkak. Mungkin akan kita istirahatkan," jelas Bima Sakti.


2. Skema Lolos Semifinal

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16, Muhammad Kafiatur Rizky usai membobol gawang Singapura U-16 pada laga kedua fase grup Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (03/08/22).

Total ada 12 negara yang berpartisipasi pada Piala AFF U-16 2022. Deretan negara ini terbagi dalam tiga grup, dimana pemuncak klasemen setiap grup akan lolos otomatis ke babak semifinal.

Sementara, satu tiket tersisa ke babak semifinal akan diperebutkan tiga runner up grup tersebut.

Untuk memastikan diri sebagai pemuncak klasemen grup A, Indonesia hanya butuh hasil imbang kontra Vietnam.

Bila Indonesia sukses jadi pemuncak klasemen grup A, mereka akan berjumpa runner up grup C. Grup yang dihuni Malaysia, Australia, Myanmar dan Kamboja ini baru memainkan satu laga.

Sementara jika kalah dari Vietnam, Indonesia harus berharap Thailand sebagai runner up grup B dan Myanmar sebagai runner up grup C bermain imbang. Ketika lolos sebagai runner up terbaik, maka jawara grup B akan jadi lawannya.

Timnas Indonesia U-16Bima SaktiBola InternasionalTimnas VietnamPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini