x

Liga 1: Tak Mau Ada Korban Jiwa Lagi, Djanur Harap Suporter Lebih Dewasa

Sabtu, 6 Agustus 2022 21:30 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Persikabo 1973, Djadjang Nurdjaman, mewanti-wanti kepada seluruh suporter klub Liga 1 Indonesia dalam memberikan dukungan kepada klub tercintanya. Foto: Zainal Hasan/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pelatih Persikabo 1973, Djadjang Nurdjaman, mewanti-wanti kepada seluruh suporter klub Liga 1 Indonesia dalam memberikan dukungan kepada klub tercintanya, Sabtu (06/08/22).

Perhelatan Liga 1 Indonesia musim 2022-2023 memang sudah berjalan tiga pekan. Namun meski baru memasuki pekan ketiga, beberapa insiden yang melibatkan suporter klub sudah banyak yang terjadi.

Baca Juga

Sebut saja sebuah insiden oknum kelompok yang menyerang hotel tim PSS Sleman ketika tengah menginap jelang laga melawan Arema FC, Jumat (07/08/22) malam.

Selain itu yang paling miris adalah baru pekan ketiga namun sudah ada korban jiwa, yakni meninggalnya suporter PSS Sleman, Tri Fajar Firmansyah, yang jadi korban kerusuhan di Yogyakarta pada 25 Juli 2022.

Terkait hal-hal ini, Pelatih Persikabo 1973, Djajang Nurdjaman angkat suara. Dia berharap para suporter bisa lebih dewasa dalam memberikan dukungan.

Baca Juga

"Dalam kesempatan ini mau berterima kasih kepada Kabomania dan UPCS yang sudah mulai datang langsung support kami dan nonton di rumah. Terima kasih dukungannya," buka Djajang Nurdjaman.

"Namun dalam kesempatan ini saya ingin juga ingatkan kepada suporter Persikabo untuk tetap santun dan jangan sampai menimbulkan hal negatif yang tidak diinginkan."

"Mungkin untuk seluruh suporter yang mempunyai dukungan masing-masing baik itu Bonek, Bobotoh, The Jak, dan semuanya lebih dewasa lagilah saat mendukung," tegas pelatih yang kerap disapa Djanur ini.

Baca Juga

Sebab bagi Djanur supaya tidak ada lagi korban jiwa imbas perilaku oknum suporter bisa merugikan sepak bola Indonesia dan juga masyarakat sekitar.

"Supaya tidak ada korban jiwa lagi yang bisa merugikan sepak bola kita dan merugikan masyarakat," tutup mantan pelatih Persib Bandung ini.


1. Dianggap Sudah 'Mati', Djanur Bongkar Alasan Rekrut Yandi Sofyan

Yandi Sofyan (kanan) saat membela Timnas Indonesia vs Malaysia di SEA Games 2013

Striker Persikabo 1937, Yandi Sofyan tampil apik pada pekan kedua Liga 1 Indonesia musim ini. Dia mencetak satu gol ke gawang Dewa United dan membawa tim Laskar Padjajaran menang 3-1 di kandang tim lawan. 

Menariknya, hanya butuh waktu dua menit bagi Yandi untuk membobol gawang Dewa United pada menit ke-90. Dia bermain sebagai pemain pengganti pada menit ke-88, setelah menggantikan Gustavo Henrique.

Baca Juga

Aksi Yandi Sofyan pun seolah membuktikan dirinya belum habis di kompetisi Liga 1. Pasalnya, dalam tiga tahun terakhir striker 30 tahun itu tidak beraksi di level tertinggi. 

Musim lalu, jebolan Deportivo Indonesia itu bahkan bermain di Liga 3 bersama Persikota Tangerang. Bahkan dia hanya sekali diturunkan. 

Menyoal hal tersebut, pelatih Persikabo 1937, Djadjang Nurjaman mengatakan Yandi Sofyan belum habis.

Baca Juga

Eks juru taktik Persib Bandung itu berani mengamankan jasa sang striker karena dinilai punya kemampuan yang masih bisa dioptimalkan di kompetisi Liga 1.

"Saya tau Yandi dari sebelum dia cedera,  bahwa dia punya potensi dan dia pernah dipinang beberapa klub besar seperti Bali United, PSM Makassar. Tapi memang dia sempat cedera dan harus ada recovery," kata Djanur.

"Sebelum ke sini (Persikabo), saya pernah mau bawa dia ke salah satu klub,  tapi baru bisa di sini," ujarnya.

Baca Juga

Djanur berharap Yandi Sofyan terus jaga konsistensi. Satu gol ke gawang Dewa United, harus jadi motivasi dan pelecut bagi eks striker Persib Bandung tersebut.

"Semoga dia makin oke dan dengan gol ini makin percaya diri dan dia bisa buktikan sekarang. Semoga ini jadi titik awal kembalinya Yandi," tutur Djanur. 


2. Klasemen Liga 1: Persikabo Bayangi Madura United dan PSM

Logo Liga 1 2022-2023.

Berikut klasemen sementara Liga 1 Indonesia hingga Senin (1/8/22). Persaingan di puncak mulai memanas, sedangkan Persija Jakarta akhirnya naik tangga.

Hasil pertandingan pada matchda kedua Liga 1 2022-2023 membuat persaingan antara tim di klasemen semakin kompetitif.

Beberapa tim telah menuntaskan pertandingan kemarin, yakni kemenangan Persija Jakarta atas Persis Solo dan Persikabo 1973 di kandang Dewa United, serta hasil imbang antara Persik Kediri dengan Bhayangkara FC.

Persija Jakarta memetik kemenangan perdana mereka saat menghadapi Persis Solo dengan skor 2-1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, kemarin.

Raihan tiga poin dari laga tersebut membawa Persija merangsek ke posisi keenam pada klasemen Liga 1 2022-2023 sementara setelah di pekan sebelumnya menuai kekalahan dari Bali United.

Baca Selengkapnya: Klasemen Liga 1: Persikabo Bayangi Madura United dan PSM, Persija Naik Tangga

DjanurPersikaboLiga IndonesiaDjadjang NurdjamanLiga 1Persikabo 1973

Berita Terkini