x

Profil Fernando Rodriguez, Eks Rekan Setim Jesus Navas yang Jadi Striker Baru Persis di Liga 1

Sabtu, 6 Agustus 2022 05:44 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
Persis Solo resmi mendaftarkan penyerang asal Spanyol, Fernando Rodriguez, eks rekan setim Jesus Navas di Sevilla untuk arungi kompetisi Liga 1 Indonesia.

INDOSPORT.COM - Persis Solo resmi mendaftarkan penyerang asal Spanyol, Fernando Rodriguez, eks rekan setim Jesus Navas di Sevilla untuk arungi kompetisi Liga 1 Indonesia musim ini. 

Persis Solo termasuk tim yang melakukan pergantian pemain asing sebelum pendaftaran resmi ditutup pada Jumat (5/8/22) pukul 23.59 WIB.

Baca Juga

Persis Solo mencoret dua pemain asing, Aaron Evans dan Gerard Artigas, setelah laga pertama Liga 1 melawan Dewa United, Senin (25/7/22). Dalam laga itu, Persis Solo kalah 2-3.

Setelah pencoretan itu, Persis Solo langsung berburu pemain baru. Laskar Sambernyawa akhirnya memastikan dua nama baru, sebagai pengganti Evans dan Artigas.

Untuk pengganti Evans, Persis Solo merekrut winger asal Jepang, Ryo Matsumura. Pemain berusia 28 tahun ini sempat berkarir di Thailand sebelum memutuskan terbang ke Kota Solo.

Baca Juga

Sementara untuk pengganti Artigas, Persis Solo punya Fernando Rodriguez. Nama ini bukan sosok baru bagi sepak bola Indonesia.

Fernando pernah menjadi andalan Mitra Kukar pada Liga 1 2018. Meski sukses mengemas 15 gol, Fernando gagal menyelamatkan Mitra Kukar dari jurang degradasi.

Fernando kemudian pilih berkarir di Liga Malaysia. Ia sempat jadi bagian dari Kedah Darul Aman, sebelum direkrut raksasa M-League, Johor Darul Takzim (JDT).

Baca Juga

Fernando direkrut JDT bukan sebagai pemain asing tim utama. Dia malah didatangkan untuk main di JDT II yang bertarung di kasta kedua Liga Malaysia.

Meski begitu, pengalamannya tampil di sejumlah kompetisi Eropa membuat Fernando Rodriguez diprediksi bakal jadi salah satu pilar penting Persis Solo untuk bertahan di Liga 1 musim ini.


1. Terlalu Mewah

Aksi pemain Persija Jakarta, Riko Simanjuntak dihadang tiga pemain Persis Solo pada laga Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (31/07/22).

Bagi JDT II, memiliki Fernando Rodriguez di kompetisi kasta kedua tergolong sangat mewah. Saat membela Kedah, Fernando sejatinya bisa mencetak 9 gol dari 22 aksi di liga, dan empat gol di Piala FA Malaysia.

Namun, keputusan tetap menempatkan Fernando pada kasta kedua. Ia tampil ganas sebagai bomber JDT II dengan mencetak beberapa gol.

Baca Juga

Perjalanan Fernando bersama JDT resmi berakhir tahun ini. Ia memutuskan kembali ke Indonesia untuk menerima pinangan Persis Solo.

"Saya sudah sangat tidak sabar untuk kembali bermain di Indonesia. Saya memiliki banyak kenangan luar biasa dengan stadion yang ada di sini, dukungan dari suporter dan Liga 1 adalah liga yang luar biasa," kata Fernando Rodriguez.

"Saya memilih untuk bermain di Persis Solo karena tim ini memiliki rencana yang bagus dan suporter yang besar," lanjut bomber berusia 35 tahun ini.


2. Karir di Spanyol

Ekspresi kekecewaan striker Persija, Abdulla Yusuf usai gagal memanfaatkan peluang di depan gawang Persis Solo pada laga Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (31/07/22).

Sebenarnya, Fernando saat muda pernah digadang-gadang sebagai penyerang yang bisa bersaing di Liga Spanyol.

Fernando sempat jadi bagian dari tim utama Sevilla, setelah sempat berseragam Sevilla C dan Sevilla B. Bahkan, dia sempat main dua kali di LaLiga musim 2008/2009.

Baca Juga

Dia main dalam laga melawan Almeria dan Real Valladolid. Kala itu, Fernando menjadi rekan setim dari bintang Spanyol, Jesus Navas.

Setelah berpisah dengan Sevilla, ia membela sejumlah tim kasta kedua Liga Spanyol, hingga kemudian singgah sebentar di Filipina membela United City FC dan kemudian ke Mitra Kukar, setahun berikutnya.

Kini, Fernando punya tugas berat untuk menambah tajam barisan depan Persis Solo. Fernando dan Ryo kemungkinan baru tampil dalam laga melawan Persita Tangerang, 14 Agustus 2022 di Stadion Manahan Solo.

Di Persis Solo, Fernando Rodriguez akan mengenakan nomor punggung 19. Sementara Ryo akan mengenakan nomor punggung 20.

Persis SoloLiga 1Fernando RodriguezOne Football

Berita Terkini