x

Mendadak Berubah Pikiran Tak Jadi Keluar dari AFF, Ketum PSSI Disorot Media Vietnam

Senin, 8 Agustus 2022 10:45 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Indra Citra Sena
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang telah memutuskan agar Indonesia tetap berada di AFF, mendapatkan sorotan dari media Vietnam.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, belakangan telah memutuskan bahwa timna Indonesia tetap bertahan di AFF. Dia lantas mendapatkan sorotan dari media Vietnam.

Media Vietnam, Anninh Thu do, mengungkapkan bahwa Mochamad Iriawan, selaku Ketum PSSI, memutar haluan untuk memutuskan batal bergabung dengan EAFF.

Baca Juga

Sebelumnya, Mochamad Iriawan memang telah memutuskan untuk tetap bertahan di AFF, karena menurutnya Indonesia berada di Asia Tenggara.

Memang ada gagasan dari PSSI untuk berpindah haluan ke ajang EAFF, hal tersebut terjadi lantaran adanya dugaan match fixing antara Thailand dan Vietnam dalam ajang Piala AFF U-19 2022.

Setelah dikaji, AFF memutuskan tak ada hal yang aneh dalam pertandingan tersebut. Sehingga, PSSI menghormati keputusan tersebut, dengan tak jadi pindah konfederasi.

Baca Juga

Ditambah dengan, lolosnya timnas Indonesia dalam ajang Piala AFF U-16 2022 yang digelar di tanah air. Semakin memantapkan keputusan dari Iriawan untuk batal pindah ke EAFF.

Di sisi lain, media Vietnam menyoroti keputusan dari Federasi Sepak Bola Indonesia yang tidak konsisten tersebut.

Bahkan menurut Anninh Thu do, pria yang kerap disapa Iwan Bule mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah meminta untuk meninggalkan AFF.

Baca Juga

Selain itu, mereka juga menyebut, pernyatan Mochamad Iriawan yang akan mengkaji rencana keluar dari AFF, adalah sebagai bentuk yang dilakukan untuk menjaga muka PSSI tetap baik.

Tak sampai di situ, pengkajian rencana Federasi Sepak Bola Indonesia keluar dari AFF, menurut Anninh thudo, dilakukan atas dasar permintaan dari netizen.


1. PSSI Batal Keluar dari AFF

Ketum PSSI Mochamad Iriawan tentang kesiapan bergulirnya kompetisi Liga 1 2022/2023 di Kantor Kemenpora, Selasa (19/07/22). Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

Sebelumnya, Mochamad Iriawan, Ketum PSSI menyatakan bahwa Indonesia tidak akan keluar dan tetap jadi anggota AFF. 

Hal tersebut, sekaligus menepis rumor belakangan ini, jika PSSI akan merapat ke Konfederasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF).

Baca Juga

Bahkan, PSSI sempat mengirim surat protes kepada AFF terkait dugaan kejadian match fixing dalam laga Thailand melawan Vietnam

Atas kejadian itu, muncul ide dari netizen di media sosial untuk menyarankan agar Indonesia bergabung ke EAFF.

Setelah AFF melakukan investigasi dan tidak menemukan pelanggaran di laga Thailand vs Vietnam, PSSI pun menerima keputusan itu. Mereka membantah akan keluar dari AFF. 

Baca Juga

"Kemarin sudah dibalas oleh AFF ya. Kita terima karena semua putusan ada di mereka dan sudah dinyatakan sesuai Komdis.”

“Dianggap permainan tak ada masalah, jadibkita harus berlapang dada menerima itu," kata Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, dari rilis yang diterima oleh INDOSPORT.

Kemudian, pria yang kerap disapa Iwan Bule itu juga menegaskan bahwa, karena Indonesia berada di Asia Tenggara (ASEAN), maka kita akan tetap berada di AFF.

Baca Juga

Bahkan, Iriawan juga mengungkapkan bahwa, pihaknya akan fokus pada ajang Piala Aff U-16 2022. Alih-alih memikirkan kejadian yang sudah berlalu itu.

"Kita fokus ke permainan saja, kita balas Vietnam dan Thailand seperti sekarang dimana kita bisa dapatkan kemenangan. Masalah karma, kita tanyakan ke pelatih Vietnam," pungkasnya.


2. Legenda Chelsea Singgung PSSI dan AFF

Legenda Chelsea, Denis Wise menyempatkan diri menonton laga Persija vs Persib

Nonton langsung laga ketiga Piala AFF U-16 2022, antara timnas Indonesia U-16 vs Vietnam, legenda Chelsea, Dennis Wise, singgung PSSI.

Bermain di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8/22), timnas Indonesia U-16 sempat tertinggal lebih dulu lewat tendangan penalti pemain Vietnam.

Namun, Arkhan Kaka dkk memiliki mental yang kuat, berikut daya juang yang tinggi. Alhasil, ia menciptakan gol penyeimbang.

Baca selengkapnya: Nonton Langsung Timnas Indonesia U-16, Legenda Chelsea Singgung PSSI dan AFF

PSSIVietnamBola InternasionalASEAN Football Federation (AFF)Mochamad IriawanEast Asian Football Federation (EAFF)

Berita Terkini