x

Profil FC ViOn Zlate Moravce. Klub Slovakia Calon Pelabuhan Baru Egy Maulana Vikri

Senin, 8 Agustus 2022 17:50 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut profil dari klub asal Slovakia yang dirumokan jadi calon pelabuhan baru Egy Maulana Vikri, FC ViOn Zlate Moravce. Foto: Instagram@pssi

INDOSPORT.COM – Berikut profil dari klub asal Slovakia yang dirumokan jadi calon pelabuhan baru Egy Maulana Vikri, FC ViOn Zlate Moravce.

Egy Maulana Vikri santer diberitakan akan kembali bermain di Slovakia. Namun, kali ini bintang Timnas Indonesia itu tak lagi bermain untuk FK Senica, melainkan FC ViOn Zlate Moravce.

Baca Juga

Seperti yang diketahui, Egy sendiri saat ini berstatus tanpa klub, usai kebersamaannya bersama FK Senica usai pada akhir musim lalu.

Pemain berusia 22 tahun itu memutuskan berpisah dengan FK Senica karena persoalan finansial yang menggerogoti klub tersebut.

Usai berpisah dengan FK Senica, Egy pun berstatus tanpa klub dan dikaitkan dengan beragam klub-klub yang ada di dunia.

Baca Juga

Sebagai contoh ada klub Polandia, Wisla Krakow, dan juga sederet klub Tanah Air yang berkiprah di kancah Liga 1.

Namun, belakangan muncul rumor bahwa Egy akan kembali ke Slovakia. Hal ini didapati dari unggahan akun Instagram bernama Futbalovezakulisie.

Dalam unggahannya, akun tersebut mengunggah foto Egy di bandara bersama Dusan Bogdanovic dan menyebutkan bahwa dirinya akan bergabung dengan FC ViOn Zlate Moravce.

Baca Juga

Unggahan ini pun melengkapi kepingan rumor klub baru Egy. Sebelumnya, ia mengungkapkan bahwa dirinya masih akan berkarier di Eropa.

Lalu, seperti apa profil klub FC ViOn Zlate Moravce itu? Bagaimana kiprahnya di Liga Slovakia dan perjalanan klub tersebut sebelum-sebelumnya?


1. Klub Bau Kencur Slovakia

Egy Maulana Vikri. Foto: Instagram@pssi

FC ViOn Zlate Moravce bukanlah salah satu klub tua di Slovakia. Klub ini tergolong muda atau 'bau kencur', karena baru berdiri pada 27 tahun silam, tepatnya pada 22 Januari 1995.

Meski berstatus sebagai klub muda, FC ViOn Zlate Moravce tergolong sebagai salah satu klub yang mampu meraih kesuksesan di Slovakia.

Diketahui, FC ViOn Zlate Moravce sendiri pernah menjuarai ajang sekelas Piala Slovakia pada musim 2006/07 yang membuat mereka berhak bermain di Piala UEFA atau kini disebut Liga Europa.

Baca Juga

Sedangkan kiprah FC ViOn Zlate Moravce sendiri bermula saat berdiri pada 1995 silam. Perjalanan pertamanya sebagai klub berlangsung di kancah regional.

Butuh waktu lama sejak berdiri, FC ViOn Zlate Moravce kemudian bisa menembus kancah liga nasional, dengan bermain di kasta kedua pada 2004 atau 9 tahun sejak berdiri.

Namun di kasta kedua, FC ViOn Zlate Moravce tak mau berlama-lama. Pada musim 2006/07, mereka berhasil promosi dan menorehkan tinta emas dengan menjuarai Piala Slovakia.

Baca Juga

Sempat turun kasta pada musim 2008/09, FC ViOn Zlate Moravce kembali berhasil promosi semusim kemudian dan bertahan di kasta teratas atau Fortuna Lliga hingga saat ini.

Selama bermain di kasta teratas, pencapaian terbaik FC ViOn Zlate Moravce sendiri adalah menduduki peringkat kelima, yakni pada musim 2020/21.

Satu hal menarik soal FC ViOn Zlate Moravce adalah, tim ini punya hubungan atau afiliasi dengan klub kenamaan lainnya seperti SPAL (Italia) dan Sao Bernardo Futebol Clube (Brasil).

Baca Juga

Di Piala UEFA (Liga Europa) sendiri, pencapaian terbaik FC ViOn yakni sampai babak kualifikasi kedua pada musim 2006/07, yakni saat ditumbangkan raksasa Rusia, Zenit St Petersburg.

Dengan catatan mentereng itu, bagaimana kiprah FC ViOn Zlate Moravce di kancah teratas Slovakia atau Fortuna Liga?


2. Terjerembab di Papan Bawah

Egy Maulana Vikri pada laga final Piala AFF 2020 kontra Thailand

Punya sejarah mentereng tak menjamin FC ViOn Zlate Moravce bisa berbicara banyak di kasta teratas Liga Slovakia, Fortuna Liga.

Usai musim lalu berjuang di Play-off degradasi, FC ViOn Zlate Moravce saat ini kembali berkutat di papan bawah klasemen.

Sejak Fortuna Liga berlangsung pada 16 Juli 2022 lalu, FC ViOn Zlate Moravce harus tertahan di papan bawah dengan mengantongi 2 hasil imbang dan 2 kekalahan dari 4 laga.

Baca Juga

Dengan raihan dua poin dari empat laga itu, FC ViOn Zlate Moravce harus menduduki posisi juru kunci di Fortuna Liga 2021/22.

Jika berbicara soal FC ViOn Zlate Moravce di Fortuna Liga, sejatinya Egy Maulana Vikri pernah menghadapi klub ini.

Saat itu, ia berhadapan dengan FC ViOn Zlate Moravce bersama dengan Witan Sulaeman. Jika dilansir dari Transfermarkt, Egy telah bertemu sebanyak dua kali dengan menelan dua kekalahan.

Baca Juga

Dengan bakal bergabungnya Egy ke FC ViOn Zlate Moravce, maka hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi dirinya.

Sebab, Egy Maulana Vikri akan mendapat klub baru yang bisa mendukung progresnya. Selain itu, proses adaptasi dirasa tak akan sulit, mengingat sebelumnya dirinya pernah bermain di Slovakia bersama FK Senica.

SlovakiaIn Depth SportsEgy Maulana VikriprofilFK SenicaOne FootballFC ViOn Zlate Moravce

Berita Terkini