x

Sebut Timnas U-16 Alami Peningkatan, Ini Pesan Ketum PSSI Jelang Semifinal Piala AFF U-16

Selasa, 9 Agustus 2022 08:25 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, menilai penampilan Timnas Indonesia U-16 di gelaran Piala AFF U-16 2022 mengalami peningkatan.

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, menilai penampilan Timnas Indonesia U-16 di gelaran Piala AFF U-16 2022 mengalami peningkatan.

Penilaian tersebut disampaikan oleh Iwan Bule sapaan akrabnya, setelah melihat penampilan Timnas Indonesia U-16 pada pertandingan penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2022 menghadapi Vietnam, Sabtu (06/08/22) lalu.

Baca Juga

"Alhamdulillah mereka makin meningkat performanya," kata Mochamad Iriawan saat ditemui di GOR Pajajaran, Kota Bandung, Minggu (07/08/22).

Sebagai informasi, pada pertandingan tersebut tim besutan pelatih Bima Sakti, berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-1. Laga ini berlangsung dramatis, karena Timnas Indonesia U-16 sempat tertinggal lebih dahulu lewat penalti Nguyen Cong Phung pada menit ke-42.

Sebelum penalti didapat Vietnam, Indonesia sangat kesulitan dalam menguasai pertandingan. Lini tengah kerap didominasi Vietnam yang bermain tenang.

Baca Juga

Namun, situasi berubah setelah para pemain diberi instruksi oleh Bima Sakti di ruang ganti. Hanya dalam sepuluh menit babak kedua, Timnas Indonesia bisa come back lewat gol Arkhan Kaka Putra Purwanto menit ke-52 dan Muhammad Nabil Asyura menit ke-55

Kemenangan 2-1 tersebut, membuat Timnas Indonesia U-16 berhasil mengamankan tiket semifinal Piala AFF U-16 2022, setelah menjadi juara Grup A. 

Pada pertandingan semifinal AFF U-16 2022, Timnas Indonesia U-16 bakal berhadapan dengan Myanmar yang berhasil lolos ke semifinal setelah menjadi juara Grup C.

Baca Juga

Babak semifinal Piala AFF U-16 2022 akan dimainkan pada 10 Agustus mendatang di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Setelahnya, laga final digelar ditempat yang sama pada 12 Agustus. 


1. Pesan Ketum PSSI

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Iwan Bule berpesan kepada Timnas Indonesia U-16, untuk bekerja keras kembali dan menampilkan permainan terbaiknya, pada pertandingan semifinal agar bisa meraih kemenangan dan melaju ke babak final.

"Saya minta besok dalam semifinal berikan yang terbaik. Dan Bima Sakti pelatih sudah mengerti culture anak-anak, saya harap lolos final dan juara," harap Iwan Bule.

Baca Juga

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman, meminta para suporter untuk memenuhi stadion lagi pada babak semifinal Piala AFF U-16 2022.

Namun, Bima Sakti menggaris bawahi bahwa dukungan yang dibutuhkan untuk Timnas Indonesia U-16 di semifinal Piala AFF U-16 2022 nanti bukan dengan cara membakar flare.

Acara "bakar-bakar" ini sempat dilakukan suporter Timnas U-16 saat laga melawan Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8/22).

Baca Juga

Ada lima flare yang dibakar setelah wasit asal Thailand, Wirantom Sassadee, meniup peluit tanda laga usai.

Flare dibakar oknum suporter yang ada di tribun selatan. Sebelum hal itu dilakukan, panitia melalui pengeras suara sebenarnya sudah mewanti-wanti agar flare tak dihidupkan.


2. Respons Bima Sakti Soal Flare

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti bersama Arkhan Kaka Putra Purwanto.

Bima Sakti kemudian turut menyoroti hal itu. Ketika stadion penuh, Timnas U-16 juga senang, namun tidak dengan acara bakar-bakar tersebut.

"Kami berharap nanti pertandingan di semifinal. Penonton lebih banyak lagi yang hadir. Satu lagi pesan dari saya, jangan bakar flare, karena yang rugi kita sendiri juga," kata Bima Sakti usai pertandingan.

Baca Juga

Bima Sakti menyebut kehadiran suporter membuat para pemain tampil lebih semangat.

Dengan status mayoritas pemain Timnas Indonesia yang baru kali ini main di laga internasional, dukungan lebih dari 10 ribu suporter di semifinal Piala AFF U-16 2022 nanti menjadi pengalaman baru bagi Arkhan Kaka Putra Purwanto dkk.

Timnas Indonesia U-16Piala AFF U-16Timnas IndonesiaBola InternasionalMochamad IriawanPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini