x

Liga 1: Pamer Sikap Terpuji, Fans Persebaya Sukses Bikin Aji Santoso Terharu!

Kamis, 11 Agustus 2022 09:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Aksi bersih-bersih tribun stadion yang dilakukan oleh Bonek saat Persebaya Surabaya bertandang di Liga 1 buat Aji Santoso merasa bangga.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, mengaku terenyuh dengan sikap suporter yang peduli kebersihan di stadion saat laga tandang Liga 1 Indonesia 2022-2023.

Sikap tertib nan terpuji dari publik Bonek, julukan fans Persebaya, membuatnya bangga dan berjanji untuk membalasnya dengan prestasi.

Baca Juga

Persebaya sudah menjalani dua partai tandang di Liga 1 musim ini yakni menyambangi markas Persikabo 1973 dan Bhayangkara FC.

Di dua lawatan tersebut Bajul Ijo sama-sama menderita kekalahan 0-1, namun Bonek tidak menumpahkan kekecewaan mereka dengan cara positif.

Mereka justru memunguti sampah-sampah yang bertebaran di tribun stadion. Aksi mereka kemudian menjadi viral di sejumlah platform media sosial.

Baca Juga

Tidak cuma itu sama, sejauh ini pun Bonek jadi salah satu basis pendukung yang paling tertib dalam menunjukkan cinta mereka pada klub mereka.

Saat Persebaya berlaga, Bonek tidak menyulut cerawat alias flare beserta barang-barang sejenisnya baik itu kembang api maupun petasan.

Baca Juga

Dengan demikian klub kesayangan mereka bisa terhindar dari denda uang yang jumlahnya tidak kecil dan merugikan. Semua tindakan terpuji itu tidak ada yang luput dari pengamatan Aji dan ia pun tidak segan memberikan apresiasi pada Bonek.

“Saya sangat terenyuh, respek, salut dan hormat kepada bonek-bonita yang setelah pertandingan bersih-bersih sampah,” ujar Aji Santoso seperti yang dikutip dari Antara.

"Suporter sudah sangat baik mendukung. Sekarang, tinggal saya dan tim ini ganti membahagiakan mereka dengan memberi hasil maksimal dan prestasi. Semoga kami saling terus bersinergi," tambahnya.


1. Bukan Kali Pertama

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso

Sebenarnya aksi bersih-bersih Bonek tiap Persebaya Surabaya bertanding bukan pertama kalinya terjadi. Sudah sejak lama para penggemar setia Buaya Hijau sudah membiasakan kegiatan ini dan publik pun tahu itu.

Pada 2019, sudah terdokumentasi Bonek memunguti sampah-sampah yang ada di tribun dan meringankan pekerjaan para pengelola stadion.

Tidak heran jika kemudian Aji Santoso begitu senang karena perilaku seperti ini masih jarang ditemui di basis suporter klub Liga 1 lainnya.

Diharapkan budaya positif ini cepat ditiru dan menyebar ke semua fans klub Liga 1 karena dengan demikian tandanya kesadaran akan kebersihan mulai terbangun di antara mereka.

Stadion yang bersih tentunya tidak akan membuat senang Bonek dan Persebaya Surabaya saja namun juga seluruh elemen sepak bola Indonesia.


2. Liga 1 Dengarkan Keluhan Persebaya Soal Jadwal

Suasana pertandingan antara Bali United vs Persebaya Surabaya di Piala Presiden 2022

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator mengabulkan permohonan Persebaya Surabaya dan Bonek untuk memindahkan jam kick-off Liga 1 yang dianggap terlalu malam.

Kabar persetujuan PT LIB ini dikabarkan oleh situs resmi Persebaya Surabaya. Bahkan surat persetujuan ini sudah ditandatangani oleh Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

Perubahan jadwal kandang Persebaya disampaikan PT LIB pada Senin (8/8/2022) melalui surat bernomor 345/LIB-KOM/VIII/2022.

Surat dari PT LIB tersebut merupakan balasan untuk surat Persebaya bernomor 95/PT.PI-VIII/2022 yang dikirimkan di hari yang sama pada siang harinya.

Surat itu berisi penegasan Persebaya untuk adanya perubahan jam kick-off di atas pukul 19.00 WIB.

Baca selengkapnya: Kritik Kick-off Liga 1 Terlalu Malam, PT LIB Kabulkan Permintaan Persebaya

Persebaya SurabayaAji SantosoBonekLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini