x

Catat! Agenda Timnas Indonesia U-16 Usai Juara Piala AFF, Tatap Piala Asia U-17

Minggu, 14 Agustus 2022 12:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Timnas Indonesia U-16 dipastikan tidak duduk santai setelah sukses menjuarai Piala AFF. Pasalnya, ada agenda Piala Asia U-17 yang akan dihelat Oktober mendatang. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia U-16 dipastikan tidak duduk santai setelah sukses menjuarai Piala AFF. Pasalnya, ada agenda Piala Asia U-17 yang akan dihelat Oktober mendatang.

Sebagaimana diketahui, timnas Indonesia U-16 berhasil merengkuh gelar juara Piala AFF U-16 2022 usai mengandaskan perlawanan Vietnam di final, Jumat (12/08/22).

Baca Juga

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo itu, skuad arahan Bima Sakti mampu menang tipis 1-0 atas Vietnam.

Adapun gol semata wayang Garuda Asia ini dicetak oleh Kafiatur Rizky di injury time babak pertama pertandingan tersebut.

Usai menerima sodoran bola di kotak penalty, Kafiathur dalam posisi terjepit mampu melepaskan sepakan ke arah pojok atas kanan gawang Vietnam.

Baca Juga

Ini merupakan trofi kedua yang dimenangi timnas Indonesia U-16, di mana trofi pertama berhasil diraih era Bagas  dan Bagus Kahfi di bawah kepelatihan Fakhri Husaini pada 2018.

Usai menjadi juara, pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti mengimbau agar seluruh penggawa Timnas Indonesia U-16 tidak terlalu larut dalam euforia kemenangan.

Pasalnya, para pemain sudah dinanti dengan agenda lain dalam waktu dekat. Agenda yang dimaksud yakni Kualifikasi Piala Asia U-17.

Baca Juga

“Saya menyampaikan kepada pemain kami masih akan berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-17 pada Oktober. Jadi kami harus fokus ke sana,” ucap Bima Sakti.

Keberhasilan Muhammad Iqbal Gwijangge dkk menjuarai Piala AFF U-16 kemarin tentunya menjadi modal penting mereka tampil di turnamen antar negara Asia nanti.


1. Agenda Timnas Indonesia U-16

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 usai mengalahkan Vietnam dan Juara Piala AFF U-16 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dijadwalkan akan berlangsung pada 1-9 Oktober 2022. Terdapat 44 tim nasional di negara-negara Asia yang dibagi ke dalam 10 grup dari A hingga J.

Berdasarkan drawing yang sudah dilaksanakan pada Mei lalu, Indonesia tergabung di Grup B bersama dengan Malaysia, Palestina, Guam dan Uni Emirat Arab.

Baca Juga

Indonesia sendiri resmi ditunjuk sebagai menjadi tuan rumah kualifikasi Piala Asia U-17, bersama Australia, Bangladesh, Yordania, Kirgistan, Oman, Arab Saudi, Tajikistan, Uzbekistan, dan Vietnam.

Sebagai tuan rumah, Indonesia jelas lebih diuntungkan karena nantinya seluruh pertandingan Grup B akan berlangsung di Jakarta.

Namun, Bima Sakti tidak main-main mempersiapkan anak didiknya menuju ajang ini. Sebab di Kualifikasi Piala Asia nanti, Timnas Indonesia U-16 bakal menghadapi lawan yang lebih sulit lagi.

Baca Juga

"Selepas ini saya juga akan menyusun road map baru. Perihal TC kita di mana saja kita jalani. Mau TC di dalam negeri yang kita jalani, kalau di luar negeri ya alhamdulillah," kata Bima.

Indonesia bisa lolos otomatis ke Piala Asia U-17 2023 jika mampu finis sebagai juara grup atau jadi salah satu dari lima runner-up terbaik fase grup.

Baca Juga

Berikut ini jadwal lengkap Timnas Indonesia U-16 di babak penyisihan Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2022 (1-9 Oktober):

3 Oktober 2022
Guam vs Indonesia

5 Oktober 2022
Indonesia vs Uni Emirat Arab

7 Oktober 2022
Palestina vs Indonesia

9 Oktober 2022
Indonesia vs Malaysia


2. Rahasia Sukses Timnas Indonesia U-16

Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti membawa jersey mendiang Alfin Lestaluhu saat sesi jumpa pers.

Bima Sakti ungkap rahasia sukses Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022. Ia mengajarkan agar sepak bola dan ibadah tetap beriringan.

Bima Sakti menjadi pelatih kedua yang bisa membawa Timnas U-16 juara Piala AFF U-16 2022, setelah sebelumnya Fakhri Husaini.

Selain kerja keras saat latihan, Bima Sakti juga berperan sebagai orang tua yang memastikan anak-anaknya menjalankan ibadah selama ikut pemusatan latihan.

"Kita membentuk tim ini bukan hanya sekadar main bolanya saja, ilmu sepak bolanya saja, tapi akhlak itu lebih penting, kemudian ilmu. Sebab itu kita di sini mengajarkan kepada pemain disiplin, terutama masalah ibadah," kata Bima Sakti.

Baca selengkapnya: Respek! Ibadah dan Sepak Bola Beriringan, Bima Sakti Ungkap Rahasia Sukses Timnas Indonesia U-16

Timnas Indonesia U-16Timnas IndonesiaBima SaktiBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia U-17Piala AFF U-16 2022

Berita Terkini