x

2 Wonderkid Sumatera Seleksi Garuda Select 5, Salah Satunya Anak Legenda PSMS

Senin, 15 Agustus 2022 14:51 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Dennis Frank Wise, legenda Chelsea FC ketika berkunjung ke Indonesia dalam rangka menjemput para pemain Garuda Select 2019 angkatan kedua pada Selasa (08/10/19) di Gedung Kedubes Inggris, Kuningan, Jakarta.

INDOSPORT.COM - Dua wonderkid asal Sumatera dipanggil mengikuti seleksi akhir Garuda Select 5. Salah satunya ialah anak legenda PSMS Medan, Legimin Raharjo.

Garuda Select adalah program pembinaan pemain sepak bola usia muda di Inggris. Ini adalah tahun kelima program kerja sama antara Mola TV dan PSSI ini bergulir.

Baca Juga

Seleksi Garuda Select 5 sudah memasuki tahap akhir. Direktur Program, Dennis Wise dan sejumlah talent scout asal Eropa telah berada di Indonesia untuk penilaian akhir.

Sesuai dengan harapan masyarakat, seleksi tidak hanya terpusat di Jawa, tetapi banyak pemain berbakat dari luar pulau yang ikut diseleksi, untuk program Garuda Select 5.

Setidaknya ada dua pemain muda asal Sumatera yang saat ini sudah dipastikan mengikuti seleksi program Garuda Select.

Baca Juga

Pemain pertama, penyerang sayap kanan yang menonjol saat tampil bersama Timnas Pelajar Indonesia, yaitu Ngatemen, pemain asal Lampung dan kelahiran tahun 2005.

Ngatemen adalah pemain jebolan SSB Way Kanan Lampung, kemudian memperkuat tim Persikomet Kota Metro di Piala Soeratin U-15 Nasional tahun 2019 hingga 2020 lalu.

Ngatemen juga terpantau membela tim Persikomet U-17 di Piala Soeratin U-17 Provinsi Lampung, ketika dipanggil untuk mengikuti seleksi program Garuda Select 5.

Baca Juga

Sekadar informasi, program Garuda Select 5 akan dimulai pada bulan Oktober 2022, pelatihan selama enam bulan dan para pemain akan kembali di bulan April 2023.

Selain Inggris, program Garuda Select juga bisa mengbil tempat di negara lain untuk menguji kemampuan para pemain muda, misalnya di Italia, Jerman, dan lain-lain.


1. Titisan Legimin Raharjo Siap ke Inggris?

Pemain senior PSMS Medan, Legimin Raharjo.

Ngatemen bukan satu-satunya pemain asal Sumatera yang dipanggil seleksi program Garuda Select 5. Masih ada satu pemain muda lainnya yang mendapat tiket seleksi.

Adapun pemain tersebut berposisi sebagai gelandang serang jebolan PPLP Sumatera Utara, yakni Raditya Raharjo, pesepak bola muda asal Medan, kelahiran tahun 2007.

Baca Juga

Raditya Raharjo pernah memperkuat PSSA Asahan dan membawa tim menjadi runner up Piala Soeratin Nasional U-15 2021-22.

Ini adalah kali kedua bagi Raditya Raharjo dipanggil seleksi program Garuda Select. Tahun sebelumnya, Raditya juga mengikuti seleksi, tetapi ia gagal di seleksi tahap akhir.

Usut punya usut, rupanya Raditya Raharjo memiliki darah pesepak bola dari ayahnya, yang namanya sudah sangat legendaris.

Baca Juga

Raditya adalah anak dari pesepak bola Legimin Raharjo, sosok yang membela PSMS Medan di tahun 2003-2008, dan 2015-16, sampai kini menjadi staf pelatih.

Legimin Raharjo juga pernah dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia pada tahun 2008. Kala itu, sang anak, Raditya Raharjo tentu sudah berumur satu tahun.

Baca Juga

Hal ini yang menjadi motivasi bagi Raditya, untuk bisa mengikuti jejak sang ayah yang berkiprah di sepak bola nasional, bahkan bisa berseragam Timnas Indonesia.

Garuda Select dapat menjadi langkah awal untuk mendapatkan klub yang berkualitas, baik di level nasional maupun internasional.


2. Jebolan Garuda Select yang Berkarir di Luar Negeri

Bagus Kahfi berfoto bareng Bagas Kaffa dan Brylian Aldama di Jakarta.

Bagus Kahfi: sempat dikontrak oleh FC Utrecht di liga kasta kedua Belanda, tetapi minim jam terbang. Kini Bagus Kahfi tengah bersiap untuk menekan kontrak di salah satu klub kasta teratas Liga Yunani.

David Maulana: sempat dikontrak oleh HNK Rijeka di Liga Kroasia, lalu dipinjamkan ke NK Pomorac dan bermain rutin. Namun saat ini David kembali ke Indonesia dan bermain di Bhayangkara FC.

Brylian Aldama: sempat dikontrak oleh HNK Rijeka di Liga Kroasia, lalu dipinjamkan ke NK Pomorac, tetapi minim jam terbang. Ia kembali ke Indonesia dan bermain untuk Persebaya Surabaya.

Soeratin CupPSMS MedanLegimin RaharjoLegenda OlahragaBola InternasionalSumatera UtaraBakat Muda IndonesiaPiala SoeratinGaruda SelectPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar Negeri

Berita Terkini