x

5 Pemain yang Kariernya Pernah Diselamatkan Jose Mourinho, Dybala Selanjutnya?

Senin, 15 Agustus 2022 16:07 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Jose Mourinho resmi jadi pelatih Tottenham Hotspur

INDOSPORT.COM - Berikut lima pemain bintang yang kariernya pernah diselamatkan oleh pelatih berjulukan The Special One yakni Jose Mourinho. Paulo Dybala selanjutnya?

Seperti diketahui, pelatih AS Roma yakni Jose Mourinho memang dikenal sebagai pelatih penyelamat karier para pemain bintang yang sempat meredup.

Baca Juga

Pada musim 2022-2023 ini, Jose Mourinho memiliki proyek yaitu bisa membuat performa bintang asal Argentina, Paulo Dybala kembali naik.

Paulo Dybala terlihat meredup saat berseragam Juventus belakangan ini. Cedera menjadi penyebab utama sang penyerang gagal tampil reguler dan menunjukkan performa terbaik di lapangan.

Baca Juga

Akan tetapi, Jose Mourinho kemudian sukses membujuknya untuk meninggalkan Juventus dan memperkuat AS Roma di bursa transfer musim panas 2022.

Paulo Dybala juga baru saja menjalani debut bersama AS Roma di laga pekan pertama Liga Italia musim ini. Meski gagal mencetak gol, performanya dinilai cukup menjanjikan di lini serang.

Sebelum Paulo Dybala, Jose Mourinho tercatat sudah pernah menyelamatkan karier lima pemain. Siapa saja mereka?

1. Wesley Sneijder

Legenda Timnas Belanda yakni Wesley Sneijder merupakan salah satu pemain yang keriernya pernah diselamatkan oleh Jose Mourinho.

Jebolan akademi Ajax Amstedam itu pernah bergabung ke klub raksasa Liga Spanyol, Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2007 silam.

Dua musim memperkuat Real Madrid, ia gagal bersinar dan dibuang ke klub raksasa Liga Italia, Inter Milan di bursa transfer musim panas 2009.

Baca Juga

Jose Mourinho yang saat itu menangani Inter Milan melihat kalau Wesley Sneijder memiliki potensi untuk bersinar di kompetisi Serie A.

Hal itu mampu dibuktikan dengan keberhasilan sang pemain membawa Inter Milan meraih trebel pada 2010 silam.

Kemudian penampilan apiknya di klub membuat Wesley Sneijder menjadi tumpuan Timnas Belanda. Ia sukses mencetak 31 gol dalam 134 penampilan di tim nasional selama periode 2003 hingga 2018.


1. 2. Cesc Fabregas

Fabregas saat ucapkan salam perpisahan kepada seluruh pendukung Chelsea.

Pemain selanjutnya yang kariernya pernah diselamatkan oleh Jose Mourinho yaitu Cesc Fabregas. Gelandang asal Spanyol ini pernah gemilang saat memperkuat rakasa Liga Inggris, Arsenal.

Seteah itu, Cesc Fabregas memutuskan untuk melajutkan keriernya di raksasa Liga Spanyol, Barcelona pada bursa transfer musim panas 2011 silam.

Baca Juga

Karena performanya tidak berjalan mulus sama seperti saat berseragam The Gunners, sang gelandang akhirnya dirayu oleh Chelsea untuk kembali ke Inggris.

Setelah dibujuk oleh Jose Mourinho, pemain yang kini memperkuat Como FC itu akhirnya mau memperkuat salah satu rival Arsenal yaitu Chelsea.

Baca Juga

Keputusannya kembali ke Inggris sudah sangat tepat lataran Fabregas sukses mencetak 24 assist dan lima gol dalam 47 laga di musim pertamanya.

Cesc Fabregas juga sukses mengantarkan Chelsea besutan Jose Mourinho mengangkat trofi Liga Inggris dan Piala Liga pada musim 2014/15.

3. Thiago Motta

Selain Wesley Sneijder dan Fabregas, ada pemain lainnya yaitu Thiago Motta yang pernah diselamatkan oleh Jose Mourinho.

Pemain yang kini telah gantung sepatu tersebut sempat memperkuat klub Liga Italia, Genoa selama semusim sejak bursa transfer musim panas 2008 silam.

Baca Juga

Sebelumnya ia sempat memperkuat Atletico Madrid, namun kariernya gagal total di Spanyol. Dari Genoa, ia kemudian diboyong Inter Milan pada Juli 2009.

Berkat tangan dingin Jose Mourinho, Thiago Motta membentuk duet yang tangguh bersama Esteban Cambiasso di lini tengah Inter Milan. Hal itu membuat Nerazzurri sukses meraih treble winners.


2. 4. Chris Smalling

Bek AS Roma, Chris Smalling.

Chris Smalling menjadi salah satu pemain yang berhasil menunjukan performa terbaiknya setelah memutuskan pindah klub.

Setelah tidak banyak mendapatkan jam terbang ketika memperkuat klub raksasa Liga Inggris, Manchester United, Chris Smalling kemudian hengkang ke AS Roma pada bursa transfer musim panas 2019.

Kala itu, Chris Smalling baru bertatus pemain pinjaman. Namun performa mengesankan di bawah asuhan Jose Mourinho membuatnya akhirnya mendapat kontrak permanen sejak Oktober 2020.

Bek asal Inggris berusia 32 tahun itu menjawab kepercayaan Jose Mourinho dengan berhasil mengantarkan AS Roma meraih gelar juara UEFA Conference League musim 2021-2022.

5. Tammy Abraham

Tammy Abraham menjadi pemain terbaru yang kariernya diselamatkan oleh Jose Mourinho. Ia sempat tidak mendapat tempat di Chelsea besutan Thomas Tuchel.

Hal itu membuat Tammy Abraham akhirnya harus meninggalkan Stamford Bridge setelah kedatangan Romelu Lukaku. Sang striker memutuskan pindah ke AS Roma yang diasuh oleh Jose Mourinho.

Keputusan hengkang ke Liga Italia sangat tepat bagi Tammy Abraham. Ia mampu menunjukkan ketajamannya dengan mencetak 27 gol dari 53 penampilan dan membantu AS Roma meraih juara UEFA Conference League musim lalu.

Baca Juga
Bursa TransferCesc FabregasJose MourinhoSerie A ItaliaWesley SneijderAS RomaThiago MottaChris SmallingPaulo DybalaTammy AbrahamLiga ItaliaOne Football

Berita Terkini