x

Deretan Derby Indonesia di Liga Eropa yang Terjadi Musim ini: Egy dan Witan Sengit!

Senin, 15 Agustus 2022 15:22 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Deretan derby berbau Indonesia yang terjadi di kompetisi Eropa musim ini, duel Witan Sulaeman kontra Egy Maulana Vikri di Liga Slovakia jadi yang terpanas!

INDOSPORT.COM – Melihat deretan derby berbau Indonesia yang terjadi di kompetisi Eropa musim ini, duel Witan Sulaeman kontra Egy Maulana Vikri di Liga Slovakia jadi yang terpanas!

Pada musim 22/23 ini, memang terdapat sejumlah pemain ataupun pengusaha Indonesia yang melebarkan sayap serta kareirnya di Eropa.

Baca Juga

Teranyar, ada wonderkid asal Pontianak yaitu Ilham Yuda yang baru saja membuat kejutan dengan bergabung ke klub divisi lima Liga Spanyol, Deportivo Llosetense.

Kabar resminya Ilham Yuda gabung Deportivo Llosetense pertama kali terdengar lewat unggahan akun Instagram pribadi sang pemain @ilhamyuda23 pada Kamis (28/07/22) lalu.

Meski bergabung dengan klub yang bermain di divisi lima Liga Spanyol, Ilham Yuda mengaku begitu bahagia karena masih mendapat kesempatan berkarier di Eropa.

Baca Juga

“Saya sangat senang untuk menandatangani (kontrak) bersama Deportivo Llosetense. Saya tidak sabar untuk mulai bermain,” tulis Ilham Yuda.

Deportivo Llosetense sendiri musim lalu mampu finis di posisi kelima di kompetisi divisi lima Liga Spanyol 2021-2022.

Mereka sempat mendapatkan peluang promosi ke divisi empat Liga Spanyol. Akan tetapi, saat mengikuti playoff mereka kalah dari klub bernama Manacor di semifinal.

Baca Juga

Selain pemain, ada juga sejumlah klub yang sahamnya dimiliki oleh orang Indonesia dan berpotensi hadirkan derby beraroma nusantara di kompetisi Eropa sepanjang musim 22/23 nanti.

Lantas klub dan pemain mana sajakah tersebut? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Lecce vs Sampdoria

Elkan Baggott Mendapat Perpanjangan Kontrak dari Ipswich Town

Derby Indonesia di Eropa pertama datang di Liga Italia, di aman ada duel antara Lecce kontra Sampdoria.

Sebagai informasi, Lecce yang baru saja promosi musim ini dikabarkan telah diakuisisi oleh pengusaha Indonesia, Alvin Sariaatmadja.

Baca Juga

Alvin Sariaatmadja yang menjabat sebagai Presiden Direktur EMTEK grup tersebut, disebutkan mempunyai saham Lecce sebanyak 10 persen.

Di sisi lain, Sampdoria memang tidak dimiliki oleh orang Indonesia namun untuk skuat musim 22/23 ini, Il Samp diperkuat satu pemain kelahiran Indonesia yakni Emil Audero.

Seperti diketahui, kiper berusia 25 tahun tersebut lahir di Mataram, Nusa Tenggara Timur dan sudah jadi bagian penting Sampdoria sejak musim 2019 silam.

Baca Juga

Dari fakta diatas, menarik dinantikan derby berbau Indonesia di Liga Italia yang mempertemukan Lecce kontra Sampdoria musim ini.

Tranmere Rovers vs Gillingham
Berikutnya ada di Liga Inggris, dengan mempertemukan Tranmere Rovers kontra Gillingham pada ajang League Two.

Duel Tranmere Rovers vs Gillingham memang kental aroma Indonesia, terutama Tranmere Rovers yang sahamnya dimiliki Trio Wanandi, sang pemilik Santini Group.

Baca Juga

Anggota keluarga Wanandi yakni Lukito Wanandi dan Wandi Wanandi, terlibat aktif dalam kepemilikan Tranmere Rovers ini.

Gillingham sendiri statusnya sama seperti Sampdoria di penjelasan sebelumnya. Walau saham klub tidak dimiliki oleh orang Indonesia, namun di musim ini telah diperkuat pemain Tanah Air.

Diketahui, bahwa Gillingham resmi mendatangkan bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott dengan status pinjaman pada bursa transfer musim panas.

Walau baru didatangkan, namun Elkan Baggott sudah jadi andalan Gillingham. Terbukti, pemain berusia 19 tahun itu tak pernah sekalipun absen membela Gillingham musim ini.


2. Egy Maulana Vikri vs Witan Sulaeman

Witan Sulaeman Gabung Klub Eropa, AS Trencin

Dari Liga Slovakia, ada derby Indonesia terpanas dengan mempertemukan dua pemain Timnas Indonesia yakni Egy Maulana Vikri vs Witan Sulaeman.

Keduanya resmi memperkuat tim kasta teratas Liga Slovakia, setelah musim lalu tampil gemilang untuk FK Senica.

Baca Juga

Egy Maulana Vikri memperkuat FC Vion Zlate Moravce, sementara mantan partnernya yakni Witan Sulaeman gabung klub rival, FK AS Trencin.

Walau baru didatangkan, namun baik Egy Maulana Vikri serta Witan Sulaeman sudah catatkan laga debut dan diprediksi bakal jadi tumpuan klub sepanjang musim.

Andai terus konsisten dan mendapat menit bermain, patut dinantikan duel panas pemain Indonesia ini di kasta teratas Liga Slovakia musim 22/23.

Derby Indonesia di Liga Belanda
Terakhir adalah derby Indonesia di Liga Belanda. Namun untuk derby kali ini, tak melibatkan pemain kelahiran Indonesia maupun klub yang dimiliki pengusaha Tanah Air.

Akan tetapi, derby berbau Indonesia di Liga Belanda ini terjadi lantaran hadirnya sejumlah pemain keturunan yang sempat dipantau dan dipanggil PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Sebut saja nama-nama pemain keturunan Indonesia seperti Mees Hilgers (FC Twente), Ragnar Oratmangoen (FC Groningen) hingga Tijjani Reijnders (AZ Alkmaar), kini sedang berkompetisi di kasta teratas Liga Belanda.

Sehingga tak heran, pada musim 22/23 nanti akan terjadi duel menarik yang mempertemukan pemain berdarah Indonesia.

Egy Maulana VikriBakat Muda IndonesiaWitan SulaemanPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriOne Football

Berita Terkini