x

Liga 1: Klub Kena Denda Besar Terus, Arema FC Bakal Tindak Tegas Suporter

Selasa, 16 Agustus 2022 15:00 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Perilaku tidak bertanggung jawab oknum suporter Arema FC yang menyalakan flare di laga Liga 1 lawan PSS Sleman. (Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Arema FC langsung memberi respons tegas terhadap jatuhnya sanksi dari Komite Disiplin (Komdis) PSSI atas sejumlah pelanggaran suporter di Liga 1 yang terbit pada Senin (15/08/22).

Komdis bahkan menjatuhkan sanksi berupa denda yang sangat besar atas pelanggaran terhadap regulasi Liga 1. Arema FC dijerat sanksi denda sebesar Rp170 juta.

Baca Juga

Menanggung Sanksi Besar, Arema FC Bakal Lebih Tegas Lagi Terhadap Suporter. Sanksi besar itu tak lepas dari turunnya 3 Surat Keputusan Komdis atas sejumlah pelanggaran regulasi. Arema FC wajib bertanggung jawab atas perilaku segelintir suporter mereka. 

Pelanggaran itu terjadi selama Arema FC menjamu PSS Sleman yang berkesudahan dengan skor imbang 0-0 di Stadion Kanjuruhan Malang, Jumat (05/08/22) lalu. 

Sanksi untuk Arema FC meliputi insiden penyalaan flare, lemparan benda ke arah lapangan hingga teror petasan oleh sekelompok oknum suporter di tempat menginap tim PSS Sleman.

Baca Juga

Pihak klub berlogo kepala singa pun sangat menyesalkan situasi ini. Padahal, klub juga tak pernah lelah dalam melakukan sosialisasi perihal ini kepada suporter.

"Hal ini tentu saja sangat disayangkan. (Karena) berakibat pada kerugian pada klub," ujar Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Arema FC, Abdul Haris.

Kendati demikian, pihaknya tak bisa menggantungkan semua langkah pencegahan dari kinerja perangkat panpel. Perlu peran berbagai pihak dalam mengatasi "penyakit" ini.

Baca Juga

"Hal utama yang harus dibangun adalah kesadaran," beber figur yang juga pejabat di Dispora Kabupaten Malang tersebut.

"Seketat apapun pengamanan dengan jumlah personel yang banyak, hal itu tidak akan berarti tanpa adanya kesadaran dari suporter," tandas dia.


1. Tidak Tegas Jika Berulang

Ilustrasi Aremania nyalakan flare. Foto: Ian Setiawan/Indosport.com

Pihaknya pun bakal mengambil langkah konkret untuk mencegah berbagai potensi pelanggaran serupa pada sejumlah laga home ke depan.

Yang paling dekat, Arema FC menggelar laga home dalam dua pekan terakhir selama Agustus ini di Stadion Kanjuruhan Malang.

Baca Juga

Yaitu saat tim berjulukan Singo Edan itu menjamu Rans Nusantara FC pada Rabu (23/08/22) dan melawan Persija Jakarta, Minggu (28/08/22) mendatang.

Tak pelak, dua laga home beruntun itu menjadi ujian untuk kinerja panpel. Khususnya saat menjamu Persija Jakarta yang berstatus super big match. 

Baca Juga

"Kami terus mengimbau, kalau perlu menindak tegas hal-hal yang berpotensi munculnya pelanggaran yang berakibat pada kerugian klub," tuntas Abdul Haris. 

Ketegasan Arema FC memang bisa dimengerti, karena sudah sejak lama klub mensosialisasikan hal-hal yang dilarang dan bakal merugikan klub kepada para suporter. 

Baca Juga

Namun rupanya sejumlah oknum suporter masih belum dewasa atau memiliki nalar dalam menyikapi imbauan-imbauan tersebut. 


2. Eduardo Almeida Dipastikan Aman

Pelatih Arema FC Eduardo Almeida dan Jayus Hariono.

Nasib Eduardo Almeida dipastikan aman sebagai pelatih kepala di Arema FC. Kemenangan di markas Bali United dalam lanjutan Liga 1, Sabtu (13/08/22), menjadi indikasinya.

Ya, sebelumnya pelatih kebangsaan Portugal itu memang ditargetkan menang dalam rangkaian dua laga away sepanjang jadwal pekan ke-4 dan 5 Liga 1.

Satu tantangan berat sudah sukses dijawab Eduardo Almeida dengan lugas. Arema FC mengalahkan Bali United 2-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar.

Sedangkan satu tantangan lainnya adalah ketika pada pekan kelima, tim berjulukan Singo Edan melawat ke markas PSM Makassar, Sabtu (20/08/22) mendatang. "Saya pribadi, inginnya Arema FC ya meraih kemenangan. Itu saja," kata manajer tim, Muchammad Ali RIfki menegaskan jelang away ke Bali.

Karena dia paham, tuntutan suporter maupun publik sepak bola di Malang Raya adalah poin penuh. Itu juga selaras dengan target tim Arema FC.

Baca Selengkapnya: Eduardo Almeida Dipastikan Aman Usai Jawab Tantangan Manajer Arema FC

AremaniaSuporterLiga IndonesiaArema FCLiga 1Berita Liga 1Komdis PSSI

Berita Terkini