x

12 Dosa Keluarga Glazer ke Manchester United: Auto Bikin Fans Ngamuk!

Rabu, 17 Agustus 2022 19:06 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Salah satu anggota pemilik Manchester United, Avram Glazer.

INDOSPORT.COM – Berikut ini adalah 13 dosa besar Keluarga Glazer kepada raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, hingga membuat pendukungnya murka.

Tuntutan para pendukung Manchester United agar Keluarga Glazer melepaskan kepemilikannya atas klub kian menjadi-jadi belakangan ini.

Baca Juga

Tuntutan ini kian menjadi-jadi setelah Manchester United mengalami kemunduran, terutama pada hasil yang diraih klub di awal musim 2022/23 ini.

Dalam dua pertandingan awal Liga Inggris 2022/23, Man United harus menerima kekalahan dari Brighton dan Brentford.

Dua kekalahan yang didapat ini membuat Man United kini terperosok di papan bawah Liga Inggris 2022/23 dengan raihan 0 poin dan kebobolan 6 gol.

Baca Juga

Selain karena hasil, para pendukung Man United juga menyoroti Keluarga Glazer yang terkesan pelit terhadap klub yang dimilikinya tersebut.

Pasalnya, di bursa transfer musim panas ini Man United baru mendatangkan tiga pemain, yakni Tyrell Malacia, Christian Eriksen dan Lisandro Martinez.

Jika ditotal, kedatangan ketiga pemain hanya memakan sedikit dana saja, bila dibandingkan dengan competitor Man United lainnya di Liga Inggris.

Baca Juga

Karenanya, Man United pun kini kesusahan dalam meraih hasil di lapangan, dan membuat para pendukungnya melakukan aksi agar Keluarga Glazer melepas kepemilikannya.

Selain karena kondisi di musim ini, ada beberapa dosa yang dibuat Keluarga Glazer ke Man United sejak mengakuisisi klub pada 2005 silam. Berikut rangkumannya.


1. Dosa-dosa Glazer

Avram Glazer.

Dirangkum dari berbagai sumber, setidaknya ada 12 dosa yang telah diperbuat Keluarga Glazer selaku pemilik, kepada Manchester United.

Deretan dosa ini pun mayoritas berkaitan dengan uang yang masuk ke dalam klub, dan malah mampir ke kantong Keluarga Glazer.

Apa saja dosa-dosa itu? Berikut daftarnya.

Baca Juga

1. Di bawah kepemilikan Glazer, Manchester United menjadi satu-satunya tim di Liga Inggris (Premier League) yang memberikan dividen ke pemegang sahamnya. Para pemegang saham mayoritasnya sendiri adalah ke-6 anggota Keluarga Glazer.

2. Terhitung sejak 2016, Manchester United membayar 166 juta poundsterling (Rp2,9 triliun) kepada pemegang saham terbesarnya yakni Keluarga Glazer, dengan rata-rata 22 juta poundsterling per tahun.

3. Di bawah kepemilikan Glazer, Manchester United harus membayar bunga sebesar 743 juta poundsterling (Rp13,2 triliun) sejak diakuisisi Keluarga Glazer pada 2005 silam.

Baca Juga

4. Pada musim 2020/21 lalu, Manchester United harus membayar bunga sebesar 21 juta poundsterling (Rp375 miliar). Bunga ini menjadi yang terbesar bila dibandingkan tim Liga Inggris lainnya.

5. Antara 2010 dan 2011, Manchester United membayar bunga sebesar 517 juta poundsterling (Rp9,2 triliun). Sebagai perbandingan, jumlah tersebut hampir menyamai total bunga yang dibayarkan 19 tim Liga Inggris lainnya, yakni 536 juta poundsterling (Rp9,5 triliun).

6. Meski bunga telah dibayar, Manchester United masih punya utang kotor sebesar 592 juta poundsterling (Rp10,5 triliun). Utang itu hampir sama dengan utang saat Glazer datang, yakni 604 juta poundsterling pada 2005 silam.


2. Dosa Lainnya

Avram Glazer.

7. Antara 2012 dan 2021, Glazer hanya menghabiskan 136 juta poundsterling (Rp2,4 triliun) untuk infrastruktur. Jika dibandingkan, jumlah ini masih kalah dari Manchester City (374 juta poundsterling) dan Tottenham Hotspur (1,4 miliar poundsterling).

8. Dilansir dari cuitan Swiss Ramble, selama 10 tahun terakhir Glazer telah mengambil uang dari Manchester United sebesar 154 juta poundsterling (Rp2,7 triliun). Sebagai perbandingan, tak ada pemilik Liga Inggris yang mengambil uang dari klubnya sebesar itu dalam satu dekade terakhir.

Baca Juga

9. Glazer memang pelit. Usai mengambil uang Manchester United, mereka sama sekali tak menyuntikkan dana ke klubnya. Hal ini berbanding terbalik dengan Man City yang disuntik dana 684 juta poundsterling dan Chelsea dengan 516 juta poundsterling dalam 10 tahun terakhir.

10. Meski jor-joran beli pemain bintang, Glazer ternyata tak pandai menjual pemain Manchester United. Sejak 2017 hingga saat ini, total penjualan pemain Setan Merah kalah 5 kali lipat dari Chelsea.

Baca Juga

11. Sejak 2017, pendapatan Manchester United menurun 87 juta poundsterling. Namun Glazer tetap mengambil uang dari klub miliknya itu.

12. Selain memiliki saham mayoritas, Glazer juga menjual saham kelas A Manchester United selama bertahun-tahun dengan hasil penjualan sebesar 465 juta poundsterling. Anehnya, pihak klub tak mendapatkan hasil penjualan itu sepeser pun.

Manchester UnitedMalcolm GlazerAvram GlazerLiga InggrisEdward GlazerOne FootballJoel Glazer

Berita Terkini