x

Liga 1: Carlos Fortes Membaik, Pelatih Brasil Bicara Kans PSIS Gilas Persik

Rabu, 17 Agustus 2022 16:56 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Selebrasi pemain PSIS Semarang Carlos Fortes bersama Wawan Febrianto merayakan usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang di Piala Presiden. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Penyerang asal Portugal, Carlos Fortes, sudah mendapat lampu hijau untuk kembali ke pertandingan Liga 1 Indonesia 2022-2023. Dia berpotensi merumput dari bangku cadangan dalam laga melawan Persik Kediri, Kamis (18/8/22).

Fortes sudah lama absen membela PSIS, tepatnya sejak mengalami cedera di semifinal Piala Presiden 2022. Dia terpaksa menepi dari lapangan hijau.

Baca Juga

Carlos Fortes masuk dalam skuat menuju Malang. Namun, ia tak kunjung diturunkan melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, 30 Juli silam.

Begitu pula kontra Barito Putera, 6 Agustus lalu. Fortes yang duduk di bench hanya kebagian kartu kuning atas aksinya di pinggir lapangan.

Kini, setelah penantian lama, Fortes dapat lampu hijau untuk turun dalam pertandingan. Dia kemungkinan tampil lawan Persik di Stadion Jatidiri, Semarang.

Baca Juga

Sinyal ini diungkapkan pelatih PSIS Semarang, Sergio Alexandre. Dalam komunikasi dengan tim medis, Sergio menyebut Fortes sudah siap tampil dalam pertandingan lagi.

"Memang tanpa Fortes terasa berpengaruh. Dia merupakan striker asing dengan catatan (bagus), tapi kabar baiknya semakin hari mendekati proses kesembuhan 100 persen, tapi memang step by step," kata Sergio Alexandre, Rabu (17/8/22).

Dari rekomendasi tim medis, Alexandre menyebut Fortes bisa bermain, tapi dalam durasi terbatas. Makanya, ia bisa berperan sebagai super substitute dalam laga melawan Persik Kediri.

Baca Juga

"Dari tim dokter sudah berikan laporan ke pelatih dan manajemen bahwa melawan Persik bisa dimainkan dalam beberapa menit. Saya juga sudah punya rencana terkait itu," tutur Sergio Alexandre.

"Rencannya Fortes disimpan dulu di bench dan bermain beberapa menit seperti saran dokter, tapi saya tidak akan memaksakan Fortes bermain di luar dari saran dokter," imbuh pelatih asal Brasil ini.


1. Peluang Titus Bonai

Persib Bandung vs PSIS Semarang di Stadion GBLA, Kota Bandung, Sabtu (13/08/22).

Sebelum Carlos Fortes bermain, berarti akan ada sosok yang dijadikan sebagai penyerang utama. Sosok itu ada dalam diri rekrutan anyar eks Persipura Jayapura, Titus Bonai.

Saat menghadapi Persib Bandung di Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (13/8/22), Tibo, sapaan akrabnya, sudah dimainkan. Dia bermain 20 menit waktu normal.

Baca Juga

Sergio tak menyebut secara pasti siapa yang akan diturunkan sebagai ujung tombak. Semua pemain, termasuk Tibo, punya peluang sama.

Baca Juga

"Titus Bonai merupakan pemain penting di PSIS, tapi tidak hanya Titus saja, ada juga Hari Nur Yulianto, Alfeandra Dewangga, Frendi Saputra, dan semua nama merupakan pemain penting," papar Sergio Alexandre.


2. Dukung Pengganti Fortes

Pelatih PSIS Semarang, Sergio Alexandre (kanan) bersama pemainnya Andreas Ado, saat konferensi pers menjelang lawan Persib Bandung.

Sergio Alexandre hanya menegaskan bahwa siapa pun yang akan dipasang sebagai pengganti Carlos Fortes wajib mendapat dukungan supaya bisa menjalankan tugasnya dengan lebih semangat dan percaya diri.

"Kami sudah menjalani beberapa laga tanpa Carlos Fortes, tapi yang terpenting, siapa yang bermain kita harus support, beri kepercayaan kepada yang lain untuk menggantikan Fortes," tegas Sergio Alexandre.

Baca Juga

Dalam empat laga yang sudah dijalani, PSIS Semarang sudah mencetak lima gol. Tiga gol disumbangkan bintang asal Jepang, Taisei Marukawa, ditambah torehan Jonathan Cantillana dan Wawan Febrianto.

Persik KediriPSIS SemarangLiga InggrisLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Carlos Manuel Dos Santos FortesSergio AlexandreLiga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini