x

Mengenal Michael Knighton, Calon Pemilik Baru Man United yg Direstui Suporter

Rabu, 17 Agustus 2022 18:22 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Bendera Manchester United di Old Trafford

INDOSPORT.COM – Mengenal sosok Michael Knighton, calon pemilik baru raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United yang belakangan telah mendapat restu dari suporter.

Nama Michael Knighton menjadi pembicaraan di kalangan pendukung Manchester United, seiring adanya pernyataan dirinya ingin mengakuisisi Setan Merah.

Baca Juga

Pria berkebangsaan Inggris ini bahkan menyebutkan, konsorsium bentukannya telah siap dan tinggal menunggu waktu yang tepat untuk mengakuisisi Man United dari Keluarga Glazer.

“Konsorsium saya sudah siap dan menunggu, dana dijaminkan, dokumen penawaran sedang disusun, dan akan dipresentasikan,' kata Knighton dikutip dari Manchester Evening News.

Knighton pun menambahkan dirinya tengah menunggu pria terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe untuk masuk konsorsiumnya agar bisa mengakuisisi Man United.

Baca Juga

“Kami masih menunggu Sir Jim Ratcliffe yang hebat untuk maju karena dia menyelesaikan semua masalah kami,” lanjutnya.

Knighton pun berambisi mengakuisisi Man United karena ia menyadari Setan Merah tengah dalam krisis akibat kepemimpinan Keluarga Glazer.

Pernyataan yang keluar dari mulut Knighton pun bak angin segar bagi para pendukung Man United yang memang telah lama gerah dengan Keluarga Glazer.

Baca Juga

Bahkan saking gerahnya dengan Keluarga Glazer, para pendukung Man United berencana melakukan aksi boikot kala Setan Merah menjamu Liverpool di pekan ke-3 Liga Inggris 2022/23 nanti.

Terlepas dari aksi boikot tersebut, siapakah sosok Michael Knigton? Bagaimana sepak terjangnya dan total kekayaan yang ia miliki?


1. Mantan Pesepak Bola yang Pernah Hampir Akusisi Man United

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag (kiri), dan Cristiano Ronaldo di laga pramusim kontra Rayo Vallecano (31/07/22). (Foto: Reuters/Ed Sykes)

Michael Knighton merupakan pengusaha asal Inggris kelahiran Derbyshire pada 4 Oktober 1951. Sebelum menjadi pengusaha, dirinya merupakan pesepak bola.

Ia lahir di keluarga yang dekat dengan sepak bola. Buyutnya, Willie Layton, merupakan bagian dari Sheffield Wednesday saat menjuarai liga pada 1903 dan 1904.

Semasa kecil, Knighton menjalani kehidupannya sebagai pesepak bola, dimana ia pernah menjadi bagian Derby County, Everton dan Coventry City.

Baca Juga

Namun karier sepak bolanya tak berlangsung lama. Sebab, dirinya mengalami cedera paha yang cukup parah, sehingga membuatnya berhenti.

Usai berhenti menjadi pesepak bola, Knighton menempuh pendidikan di Durham dan menjalani karier berbeda di luar lapangan.

Singkat cerita, Knighton menjalankan bisnis properti, di mana lewat bisnis ini ia mampu meraup pundi-pundi uang yang jadi sumber kekayaannya.

Baca Juga

Usai menjadi salah satu jutawan, Knighton sendiri sempat mencoba mengakuisisi Manchester United. Ia mencobanya pada 1989.

Ia melepaskan tawaran sebesar 20 juta poundsterling, nilai yang cukup besar di zaman itu. Kabarnya, tawaran itu sempat diterima oleh Kepala Eksekutif Man United saat itu, Martin Edwards.

Sayangnya, kesepakatan itu tak menemui titik terang, sehingga dirinya beralih ke Carlisle United di tahun 1992, di mana dalam 10 tahun kepemilikannya, ia tak disukai pendukung klub tersebut.


2. Mantan Direktur Man United

Pemain Manchester United, Fred merayakan gol kedua ke gawang Liverpool di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Selasa (12/07/22).

Dilansir dari berbagai sumber, sebelum memiliki Coventry City Michael Knighton ternyata pernah menjabat sebagai Direktur di Manchester United untuk sementara waktu.

Jika menilik pribadinya, saat ini Knighton bergelut di dunia seni, di mana salah satu karyanya pernah dipilih oleh The Royal Academy of Arts, London.

Sedangkan untuk kekayaan pribadi Knighton sendiri tergolong minim. Diketahui, ia hanya punya kekayaan bersih sebesar 5,8 juta poundsterling (Rp103 miliar) saja.

Baca Juga

Jumlah kekayaan bersih yang dimilikinya itu terbilang sangat kecil bila dibandingkan kekayaan Keluarga Glazer yang mencapai 3,9 miliar poundsterling (Rp69,7 triliun).

Meski punya kekayaan yang minim, Knighton tak kehabisan akal untuk mewujudkan cita-citanya mengakuisisi Man United yang sempat terhalang 33 tahun lalu.

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, Knighton sampai membentuk konsorsium untuk bisa mengakuisisi Man United dari tangan Keluarga Glazer.

Baca Juga

Tak tanggung-tanggung, konsorsium bentukannya itu juga menyeret nama Sir Jim Ratcliffe yang merupakan pria terkaya se Inggris.

Sir Jim Ratcliffe sendiri merupakan pendukung Man United dan pemegang tiket musiman Setan Merah sejak lama.

Ia sendiri berstatus pemilik OGC Nice, dan dilaporkan sempat ingin mengakuisisi Chelsea dari tangan Roman Abramovich beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Jika Sir Jim Ratcliffe masuk dalam konsorsium Knighton, maka konsorsium ini bisa saja mengakuisisi Man United dari tangan Keluarga Glazer.

Sebab, Sir Jim Ratcliffe memiliki kekayaan bersih mencapai 10,9 miliar poundsterling atau setara dengan 194 triliun rupiah, atau tiga kali lipat lebih dari kekayaan Keluarga Glazer.

Manchester UnitedMalcolm GlazerIn Depth SportsLiga Inggrisprofil

Berita Terkini