x

Jacksen Tiago Ungkap Tekad Persis Solo Akhiri Paceklik di Markas Bhayangkara FC

Kamis, 18 Agustus 2022 19:37 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Pelatih Persis Solo, Jacksen F Tiago dalam konferensi pers.(Prabowo/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pelatih Persis Solo, Jacksen Ferreira Tiago, menegaskan misi mengakhiri paceklik poin saat menghadapi Bhayangkara FC pada lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat (19/8/22).

Laskar Sambernyawa dalam situasi terdesak. Suporter sudah kecewa berat lantaran Persis Solo menjadi satu-satunya tim yang belum meraih poin dalam empat laga.

Baca Juga

Kekecewaan memuncak karena kekalahan bukan hanya terjadi di luar kandang. Terakhir, Persis Solo kalah di Stadion Manahan Solo oleh Persita Tangerang 1-2.

Makanya, untuk meredakan hal itu, Persis Solo butuh kemenangan. Raihan tiga poin bisa menjauhkan Persis Solo dari dasar klasemen.

Tiga poin itu tak ingin lama-lama lagi dicapai. Tiga poin ditargetkan bisa didapat dari markas Bhayangkara FC. Namun, Jacksen juga sadar hal ini bukan pekerjaan mudah.

Baca Juga

"Kita datang dengan harapan bisa mengakhiri masa paceklik selama ini. Kita tahu ini tidak mudah, tapi itulah misi kita ketika datang kesini," ucap Jacksen dalam jumpa pers, Kamis (18/08/22).

Jacksen menyebut, tim kepelatihan fokus pada tiga aspek menuju partai melawan Bhayangkara FC.

Aspek yang paling vital adalah aspek psikologis. Menurutnya, hal itu sangat penting mengingat empat laga yang dilalui, Persis Solo belum mampu meraih poin.

Baca Juga

Sebelum kalah dari Persita di Manahan, Persis Solo sudah kalah dari Dewa United 2-3, Persija Jakarta 1-2 dan Persikabo 1973 0-2.

"Persiapan kita cukup singkat karena jeda waktu cuma lima hari pasca pertandingan. Kita fokus pada aspek psikologis mengingat momentum saat ini, juga dengan recovery dan aspek taktikal. Itu jadi fokus kita," jelas Jacksen.


1. Tak Pikirkan Bhayangkara FC

Pelatih klub Liga 1 Persis Solo, Jacksen F Tiago (Prabowo/INDOSPORT)

Pada masa persiapan, Jacksen tak banyak menghabiskan waktu untuk memikirkan Bhayangkara FC yang juga dalam situasi sulit.

Menurutnya, dengan jeda waktu yang cukup singkat, Jacksen lebih fokus untuk membenahi kekurangan yang ada di tim, ketimbang membedah nasib tim lawan.

Baca Juga

"Jujur saya tidak pernah berpikir kondisi Bhayangkara seperti apa, karena tugas di tim saya ini sudah cukup berat. Jadi, kita fokus ke persiapan sendiri tentang bagaimana bisa menguatkan mental secara individu dan kolektif," papar Jacksen.

Baca Juga

Jacksen pun tak menyebut lini per lini dari The Guardian. Menurutnya, para pemain bekerja sesuai instruksi dari pelatih Widodo Cahyono Putro.

Baca Juga

"Kalau saya mewaspadai otak dari coach Widodo, itu saja," papar Jacksen yang kemudian tertawa.


2. Optimis Bangkit

Winger Persis Solo, Ryo Matsumura berusaha melewati kawalan bek Persita, Muhammad Toha. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Terpisah, gelandang Persis Solo, Muhammad Kanu Helmiawan, menyebut timnya datang dengan optimisme mengakhiri rentetan hasil buruk di Liga 1.

Kanu menyebut masa persiapan berjalan dengan baik untuk membenahi kekurangan yang masih terjadi pada partai lawan Persita Tangerang, Minggu (14/8/22) lalu.

"Memang hasil sebelumnya, kita belum meraih hasil positif. Semoga pada laga melawan Bhayangkara ini kita bisa mendapatkan tiga poin," ucap Kanu.

Dalam laga ini, Persis Solo dipastikan mendapat dukungan penuh dari suporter setianya. Ada banyak perantau asal Solo yang bekerja di sekitar Jabodetabek.

Ratusan suporter bahkan sudah mengawal Laskar Sambernyawa ketika berlatih di Cikarang pada Rabu (17/08/22) sore.

Persis SoloJacksen F. TiagoLiga IndonesiaBhayangkara FCLiga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini