x

Lisandro Martinez Bisa Tenang, 5 Bek Ini Buktikan jika Tinggi Badan Bukan Segalanya di Sepak Bola

Kamis, 18 Agustus 2022 08:09 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Lisandro Martinez. Foto: Instagram@lisandromartinezzz

INDOSPORT.COM – Nama Lisandro Martinez langsung menarik perhatian ketika ia dihubungkan dengan klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Bukan karena mantan bek Ajax itu berharga 55 juta poundsterling atau setara dengan Rp982 miliar, namun karena bek tengah tersebut hanya memiliki tinggi 175 cm.

Baca Juga

Mereka yang mempertanyakan tinggi badan pesepakbola asal Argentina itu menyaksikan penampilannya  saat ia dikelilingi kekalahan atas Brighton dan Brentford.

Bahkan penggemar Manchester United menyerukan perubahan rencana, dengan banyak yang mendesak Ten Hag untuk mengerahkan Martinez sebagai gelandang bertahan.

Meski begitu, Martinez bukanlah bek tengah pendek pertama yang bermain di level teratas dalam sepak bola. Faktanya, beberapa bek tengah terbaik memiliki tinggi badan di bawah 185 cm.

Baca Juga

Dilihat dari kesuksesan para legenda berikut, ukuran sepertinya bukan segalanya di dunia olahraga. Jadi masih ada harapan bagi Martinez dan Manchester United.

Siapa saja para bek dengan tinggi badan di bawah 185 cm yang berhasil membuktikan bahwa ukuran bukanlah segalanya? Berikut daftarnya.

Baca Juga

Carles Puyol – 178 cm

Bersatu dengan Barcelona dan langsung bersinar, Carles Puyol akan tercatat sebagai salah satu pemain hebat dalam sepak bola.

Hampir 600 pertandingan di Camp Nou telah menghasilkan enam gelar dan tiga Liga Champions yang luar biasa baginya.

Sebagai seorang centurion untuk Spanyol, Puyol juga memenangkan Euro 2008 dan Piala Dunia 2010 bersama negaranya. Bek berambut keriting ini dikenal karena kualitas kepemimpinannya, menjadi kapten Barca selama 10 tahun.


1. Deretan Pesepakbola di Bawah 185cm yang Legendaris

Charles Puyol, legenda Barcelona.

Fabio Cannavaro - 175 cm

Real Madrid, Inter Milan, dan Juventus hanyalah beberapa tim yang menuai manfaat dari pesepakbola Italia ini. Cannavaro terkenal sebagai kapten negaranya untuk meraih kejayaan Piala Dunia pada tahun 2006.

Ia juga memenangkan Ballon d'Or di tahun yang sama, menjadi bek ketiga dalam sejarah yang mendapatkan penghargaan individu tersebut.

Setelah pensiun pada tahun 2011, Cannavaro masuk ke manajemen di Timur Tengah dan Arab Saudi, tetapi belum mengambil pekerjaan sejak mengundurkan diri sebagai bos China pada tahun 2019.

Baca Juga

Franco Baresi – 175 cm

Legenda Italia lainnya, Franco Baresi, dianggap sebagai bek tengah terhebat dalam sejarah.

Sebagai one-club man, saudara dari ikon Inter Milan Giuseppe Baresi ini menghabiskan seluruh kariernya di San Siro bermain untuk rival AC Milan, dan ia sekarang menjadi wakil presiden kehormatan klub.

Baresi membuat 719 penampilan dalam 20 tahun, memimpin AC Milan meraih enam gelar Serie A dan tiga Piala Eropa. Ia juga 81 kali masuk timnas Italia saat mereka gagal di tiga Piala Dunia.

Baca Juga

Javier Mascherano – 173 cm

Sebuah contoh klasik dari seorang gelandang yang bertransformasi menjadi bek kelas dunia, Javier Mascherano sukses menjadi bintang Liverpool dan Barcelona.

Tapi Mascherano benar-benar menemukan kakinya di Barcelona, memenangkan lima gelar LaLiga, lima Piala Spanyol, dan dua Liga Champions hanya dalam delapan tahun.

Mascherano juga menjadi runner-up di final Piala Dunia 2014 bersama Argentina, memenangkan 147 caps. Mascherano pun ingin memperbaiki keadaan negaranya setelah menjadi pelatih kepala tim U-20 mereka.

Baca Juga

Ivan Cordoba – 173 cm

Salah satu pesepakbola terbaik di Amerika Selatan, Ivan Cordoba, adalah salah satu pemain bertahan terbaik di Inter Milan yang pernah mendominasi Serie A pada tahun 2000-an.

Sang ace melakukan transisi yang mulus ke sepak bola Eropa ketika ia bergabung dengan Inter Milan pada tahun 1999, mencatatkan 455 penampilan untuk Italia.

Cordoba memenangkan lima gelar Serie A, empat Piala Italia, dan Liga Champions 2010. Pesepakbola Kolombia ini juga berhasil membawa negaranya meraih kejayaan di Copa America pada tahun 2001. Ia kini kembali ke Italia sebagai direktur olahraga Venezia.


2. Lisandro Martinez Diragukan

Lisandro Martinez. Foto: Instagram@lisandromartinezzz

Pemain baru klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, yakni Lisandro Martinez sempat diragukan kemampuannya di awal kariernya.

Namun, kini pemain anyar Manchester United itu sudah menjelma menjadi bintang baru di Old Trafford.

Seperti diketahui, Manchester United baru saja resmi mengonfirmasi bahwa pihaknya telah sepakat dengan Ajax Amsterdam soal mahar Lisandro Martinez.

Memang bek serba bisa ini diperebutkan oleh banyak klub, sebut saja Arsenal yang turut mengincarnya, selain Manchester United.

Lisandro Martinez sendiri menunjukkan penampilan yang impresif selama berseragam Ajax. Bergabung bersama de Godenzonen 2019 lalu, bek bertinggi 175 cm itu tak butuh waktu lama untuk bisa nyetel dengan permainan.

Baca selengkapnya: Lisandro Martinez: Dari Diragukan hingga Jadi Bintang Baru Manchester United

Manchester UnitedCarles PuyolJavier MascheranoFabio CannavaroFranco BaresiBola InternasionalIvan CordobaOne FootballLisandro Martinez

Berita Terkini