x

Madura United Puncaki Klasemen Liga 1, Pelatih Brasil Enggan Bermimpi Juara Lebih Awal

Sabtu, 20 Agustus 2022 15:25 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
Hingga pekan kelima, Madura United saat ini berada di puncak klasemen sementara Liga 1 musim 2022/2023.

INDOSPORT.COM - Grafik menawan Madura United pada 5 pekan awal sontak memunculkan ekspektasi tinggi suporter mereka di Liga 1 Indonesia 2022-2023.

Sebagian pihak menilai, tim berjulukan Laskar Sape Kerrab itu sudah cukup layak untuk menempatkan diri di bursa persaingan juara kompetisi.

Baca Juga

Kendati asumsi itu terbilang kurang valid, lantaran Liga 1 baru berjalan 5 pekan. Artinya, masih ada 29 laga yang mesti diperjuangkan Madura United hingga akhir musim.

Fabio Lefundes pun tampak mengamini hal itu. Menurut dia, terlalu awal jika ada pihak yang menempatkan Madura United sebagai calon juara Liga 1.

"Kompetisi masih panjang dan ada berbagai kemungkinan yang bisa terjadi di pertengahan jalan," ucap dia pasca-kemenangan 1-0 atas Dewa United di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (19/8/22).

Baca Juga

Ya, Pelatih Madura United asal Brasil itu tampak rasional dengan melihat pencapaian Fachruddin Wahyudi Aryanto dkk sejauh ini.

Dari 5 laga yang dilakoni, Madura United menyandang status sebagai tim yang belum tersentuh kekalahan dengan 4 kali menang dan 1 seri.

Mereka juga masih memuncaki klasemen Liga 1 dengan 13 poin saat ini, meninggalkan Persikabo 1973 dan PSM Makassar yang mengumpulkan 10 poin.

Baca Juga

"Karena ke depan, masih ada pemanggilan tim nasional. Juga pasti ada resiko pemain absen karena akumulasi kartu (kuning maupun merah)," tandas Lefundes.

"Belum lagi jika ada pemain yang mengalami cedera. Meski saya tentu berdoa semoga kami tidak mengalami hal itu," tambah dia.


1. Pasti Berat

Pelatih Madura United di Liga 1, Fabio Lafundes. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Fabio Lefundes memang tak menolak dengan tingginya harapan yang ditaruh suporter Madura United kepada tim besutannya saat ini.

Namun, dia juga meminta publik sepak bola di pulau garam untuk mengerti betapa beratnya perjuangan sebuah tim untuk bersaing di jalur juara.

Baca Juga

"Kami memang memulai Liga 1 dengan baik, tentu ingin menang terus. Tapi jangan lupa, 17 tim juga menginginkan hasil serupa," ujar Lefundes.

Dia pun menilai pencapaian Madura United sejauh ini belum apa-apa. Lefundes bahkan memastikan bahwa perjalanan anak asuhnya akan semakin berat. 

"Kami belum menghadapi tim-tim tangguh di kompetisi ini. Masih ada Persib Bandung, Persija Jakarta hingga Bali United," tuntas dia.

Baca Juga

2. Skuad yang Efektif

Hingga pekan kelima, Madura United saat ini berada di puncak klasemen sementara Liga 1 musim 2022/2023.

Sementara itu, konsep Brazilian Connection yang dibangun Fabio Araujo Lefundes di Madura United tampak efektif musim ini, setidaknya hingga empat pekan Liga 1 berjalan.

Laskar Sape Kerrab masih menyandang status tak terkalahkan usai memetik tiga kemenangan dan sekali imbang. 

Mereka bahkan merajai klasemen Liga 1 sejak memulai pekan ke-1 hingga kini dengan raihan 10 poin.

Situasi ini membuat Fabio Lefundes mengaku sangat bangga. Dia begitu terkesan dengan komitmen para pemain dalam memandang optimisme setiap kali bertarung di atas lapangan.

"Pada kesempatan kali ini, kami punya satu grup orang Brasil di dalam tim ini," ujar Fabio Lefundes pasca-hasil imbang 2-2 melawan Persebaya Surabaya, Minggu (14/8/22).

Baca selengkapnya: Liga 1: Terobosan Brazilian Connection Sukses, Pelatih Madura United Kegirangan

Madura United FCLiga IndonesiaLiga 1Dewa United FCFabio Araujo LefundesLiga 1 2022-2023

Berita Terkini