x

Liga 1: Seto Nurdiyantoro Angkat Bicara Tentang Badai Cedera yang Hantui PSS Sleman

Minggu, 21 Agustus 2022 14:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, angkat bicara terkait badai cedera yang menghantui timnya di Liga 1.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, angkat bicara terkait badai cedera yang menghantui timnya. Situasi itu membuat opsi pergantian pemain di Liga 1 menjadi terbatas.

Ada tujuh pemain yang berstatus cedera dan tak bisa tampil saat PSS Sleman takluk dari Persib Bandung 0-1, Jumat (21/08/22) lalu.

Baca Juga

Para pemain itu adalah Try Hamdani Goentara, Nurdiansyah, Purwaka Yudhi, Saddam Emiruddin Gaffar, Rifky Suryawan, Riki Dwi Saputro dan Dedi Gusmawan.

Jumlah itu belum termasuk pemain yang baru sembuh dari cedera panjang, seperti Kim Jeffry Kurniawan dan Ibrahim Sanjaya. Keduanya butuh waktu untuk nyetel dengan atmosfer kompetisi lagi.

Banyaknya pemain yang bertumbangan membuat program dari tim kepelatihan PSS Sleman dipertanyakan. Seto Nurdiyantoro pun angkat bicara soal permasalahan itu.

Baca Juga

"Ya kalau cedera, kita tidak mengharapkan ya. Latihan (per hari) hanya sekali, nggak keras," kata Seto Nurdiyantoro.

Dari tujuh pemain itu, tak semua cedera didapat dalam sesi latihan. Ada juga yang cedera setelah terlibat benturan dalam pertandingan.

Baca Juga

Bek baru dari Borneo FC, Nurdiansyah, mengalami cedera saat pertandingan melawan Rans Nusantara FC. Sementara Riki Dwi Saputro cedera ketika melawan Arema FC.

"Kita juga tidak mau ada cedera yang memang di pertandingan, tapi ini mudah-mudahan jadi evaluasi," ucap seto.


1. Tak Maksimal

PSS Sleman saat takluk dari Persib Bandung 0-1 pada pekan kelima Liga 1, Jumat (19/08/22). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Pelatih berlisensi AFC Pro ini kembali berbicara mengenai masa persiapan PSS Sleman yang tak berjalan maksimal.

Dalam proses pembentukan fisik skuat Elang Jawa, PSS harus berlaga di turnamen pramusim bertajuk Piala Presiden 2022.

PSS cukup lama bertarung dalam turnamen itu karena sukses melaju hingga babak semifinal. Praktis dengan persiapan mepet menuju kompetisi, PSS langsung fokus pada teknik dan taktik.

Baca Juga

"Mungkin kalau kita tarik kembali, persiapan yang minim karena Piala Presiden, jadi fisik pemain yang belum terbentuk maksimal, mungkin itu yang membuat cedera juga," jelas Seto.

Kim dan Ibrahim Kembali

PSS kini telah berupaya mengembalikan percaya diri para pemain yang sempat cedera lama, seperti Kim Kurniawan dan Ibrahim Sanjaya.

Kim dan Ibrahim sempat ditampilkan dalam pertandingan uji coba melawan Porda Sleman, Senin (15/8/22) lalu. Setelah laga itu, Ibrahim diberi kesempatan duduk di bench saat melawan Persib.

Baca Juga

Dari uji coba melawan Porda Sleman, PSS mendapat dua keuntungan. Kim dan Ibrahim bisa merasakan atmosfer pertandingan lagi dan Hokky Caraka mencetak hattrick, yang kemudian diberi debut melawan Persib Bandung.

"Uji coba dengan Porda kita lakukan untuk memberikan field the game, untuk teman teman yang habis cedera, biar merasakan pertandingan," ungkap Seto.


2. Fokus Lawan Persik

PSS Sleman akan bertemu dengan Persik Kediri pada pekan keenam Liga 1, Selasa (23/08/22). Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Setelah kalah dari Persib 0-1, PSS mengalihkan fokus menuju partai melawan Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Kediri, Selasa (23/08/22) mendatang.

PSS memasang target curi poin setelah kehilangan poin di kandang untuk kedua kalinya. Dalam dua lawatan sebelumnya, PSS tak terkalahkan karena menahan Rans FC 3-3 dan Arema FC 0-0.

PSS juga berharap bisa mendapat poin di markas Persik. Dari dua laga kandang, Persik mencatatkan hasil buruk dengan bermain imbang kontra Bhayangkara FC 1-1 dan kalah dari Borneo FC 1-2.

PSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1Seto NurdiyantoroLiga 1 2022-2023

Berita Terkini