x

Liga 1: Insiden Tendang Kepala, Madura United Cecar Pemain Asing Persis Solo

Rabu, 24 Agustus 2022 21:15 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
Pertandingan Persis Solo melawan Madura United di Stadion Manahan Solo, Selasa (23/8/22). Foto: Persis Solo

INDOSPORT.COM - Madura United memang sudah mengakui kekalahan dari Persis Solo dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2022-2023 di Stadion Manahan, Selasa (23/8/22).

Tim berjulukan Laskar Sape Kerrab takluk dengan skor tipis 0-1. Gol tunggal Alexis Messidoro menjadi satu-satunya pembeda hasil akhir semalam.

Baca Juga

Kendati demikian, Madura United masih tak terima dengan insiden tendangan ke kepala Novan Setya Sasongko yang dilakukan Fernando Rodriguez pada menit ke-89.

Pada situasi itu, Novan melayangkan tekel ke arah kaki Rodriguez. Namun, sikap Persis Solo asal Argentina itu dinilai berlebihan, dengan menendang kepala Novan.

"Kami menyayangkan perilaku tak sportif dan disengaja menendang kepala pemain tim kami," tegas CFO Madura United, Ziaul Haq Abdurrahim, Rabu (24/8/22).

Baca Juga

Yang membuat Madura United berang karena yang melakukan adalah pemain asing. Sejatinya keberadaan mereka di sepak bola Indonesia diharapkan menjadi contoh yang baik untuk pemain lokal.

"Apalagi dilakukan oleh pemain asing yang didatangkan untuk ikut meningkatkan profesionalisme sepak bola Indonesia," tutur Ziaul Haq.

Baca Juga

Sehingga, pihak klub mendesak PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk bisa meninjau insiden itu dengan lebih lanjut. Bahkan jika memungkinkan ke meja Komite Disiplin (Komdis) PSSI.

"Komdis harus melihat rekaman tersebut dan kami menunggu penilaian mereka," terang figur yang juga menjabat Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu tersebut.


1. Bisa Berakibat Fatal

Pertandingan Persis Solo melawan Madura United di Stadion Manahan Solo, Selasa (23/8/22). Foto: Persis Solo

Manajemen Madura United merasa perlu untuk menyoroti insiden tersebut karena bisa berakibat fatal untuk pemainnya. Beruntung, Novan Sasongko tidak mengalami cedera berat di kepalanya setelah mendapat penanganan pihak medis klub.

Sehingga, Madura United juga menuntut adanya evaluasi terhadap wasit. Khususnya kepada Dwi Susilo selaku wasit utama dan perangkat laga melawan Persis Solo.

Baca Juga

"Kejadian dengan sengaja menendang kepala Novan juga berada di dekat AW (Asisten Wasit) 1. Namun, tidak ada upaya mengangkat bendera dan tetap play on," ujar Ziaul Haq.

Baca Juga

"Tindakan kasar tanpa bola yang berpotensi mencederai pemain, bahkan bisa menghilangkan nyawa itu juga karena kapasitas wasit yang kurang baik di Liga 1," imbuhnya.


2. Kambuaya Trending di Twitter

Ricky Kambuaya saat latihan perdana bersama tim Persib Bandung, di Lapangan Soccer Republic, Kota Bandung, Selasa (28/06/22). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Hujan kartu terjadi di pertandingan Liga 1 antara Persib Bandung vs Bali United pada Selasa (23/08/22). Nadeo Argawinata pun diusir keluar lapangan. Bahkan nama Ricky Kambuaya pun memuncaki trending topic di twitter.

Sebelumnya, Maung Bandung harus menelan pil pahit berupa tumbang di kandang sendiri oleh Bali United dengan skor 2-3.

Sejatinya, tuan rumah tampil lebih agresif. Bahkan sejak peluit kick-off berbunyi Persib Bandung sudah mengepung pertahanan Bali United.

Baca Juga

Sayangnya, saat keasyikan menyerang gawang Maung Bandung yang dijaga I Made Wirawan malah harus kemasukan oleh Privat Mbarga pada menit ke-25.

Dari situasi sepak pojok, ia melakukan tandukan mematikan yang tak mampu diselamatkan I Made Wirawan. Gol 1-0 Bali United memimpin.

Baca Selengkapnya

Persis SoloNovan Setya Sasongko.Madura United FCLiga IndonesiaZiaul HaqLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini