x

Liga 1: Persis Libas Madura United, Rasiman Terbantu Warisan Jacksen Tiago

Rabu, 24 Agustus 2022 20:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Pertandingan Persis Solo melawan Madura United di Stadion Manahan Solo, Selasa (23/8/22). Foto: Persis Solo

INDOSPORT.COM - Caretaker Persis Solo, Rasiman, tidak mau besar kepala usai timnya sukses mengalahkan Madura United 1-0 dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2022-2023.

Kemenangan di Stadion Manahan Solo, Selasa (23/8/22) semalam, bisa terjadi bukan atas jasanya saja memoles tim dalam dua sesi latihan.

Baca Juga

Rasiman turut menyebut andil Jacksen F. Tiago. Dia lantas memastikan eks pelatih Persis Solo sebagai salah satu sosok yang berhak menikmati kemenangan ini.

Gol kemenangan Persis Solo dicetak Alexis Messidoro pada menit ke-80. Ia memenangi duel dengan Fachrudin Aryanto sebelum mengarahkan bola ke pojok kiri gawang Madura United yang dikawal Miswar Saputra.

Baca Juga

"Alhamdulillah saya persembahkan kemenangan ini untuk masyarakat Solo. Terima kasih atas dukungannya. Di saat yang sulit masih mau datang ke stadion memberikan dukungan," ucap Rasiman usai pertandingan.

"Tentunya saya juga harus berikan kemenangan ini untuk coach Jacksen sekeluarga. Saya rasa selama beberapa bulan terakhir kita seolah-olah melupakan jasa beliau membawa Persis promosi ke Liga 1. Saya atas nama pribadi mengucapkan terima kasih," lanjut Rasiman.

Baca Juga

Menjadi caretaker dalam waktu singkat, Rasiman cuma memiliki dua sesi latihan untuk berbenah. Kerangka tim melawan Madura United merupakan warisan Jacksen Tiago saat Persis Solo menang 1-0 atas Bhayangkara FC.

Dari kerangka itu, Rasiman hanya memberi sedikit sentuhan. Hasil dari pembenahan adalah para pemain lebih dominan dalam menciptakan peluang, meski kalah penguasaan bola.

"Saya hanya mengubah sedikit-sedikit dari pondasi yang sebetulnya sudah dibangun coach Jacksen F. Tiago," papar Rasiman.


1. Pembenahan Serangan

Caretaker Persis Solo, Rasiman. Foto: Persis Solo

Dalam laga ini, Persis Solo membuat banyak peluang. Total 18 tembakan ke arah gawang Madura United, sembilan di antaranya mengarah ke gawang Miswar Saputra, plus satu berbuah gol dari kaki Alexis Messidoro.

Rasiman menyebut ada beberapa hal yang dilihat perlu ditambah dari Persis Solo. Hal itu yang coba dia tekankan sebelum melawan Madura United.

Baca Juga

"Saya rasa tim ini perlu lebih dominan dalam penguasaan bola dan banyak kombinasi dalam serangan. Kita lihat dalam laga tadi, Ryo, Messi, Althaf dan Fernando bermain lebih kompak. Mereka bermain sebagai sebuah unit," jelas Rasiman.

Baca Juga

Dari perbaikan itu, Rasiman mencatat statistik kehilangan bola di sepertiga akhir atau pertahanan lawan cenderung berkurang. Makanya, ada banyak peluang yang bisa dibuat Persis Solo.


2. Pembelajaran Zanadin

Pertandingan Persis Solo melawan Madura United di Stadion Manahan Solo, Selasa (23/8/22). Foto: Persis Solo

Dalam laga ini, Persis Solo mempercayakan satu pos lini tengah kepada Zanadin Fariz. Penggawa timnas Indonesia U-19 ini bermain spartan.

Zanadin tak takut untuk berduel dengan para pemain senior Madura United, seperti Hugo Gomes atau Jaja, Lee Yoo-joon, serta Esteban Vizcarra.

Terkait hal itu, Zanadin merasa sebagai pribadi harus terus berkembang lagi dan menyerap ilmu dari para seniornya di Persis Solo.

Baca Juga

"Saya harus banyak belajar lagi, harus ikut arahan dari pelatih dan rekan-rekan senior yang lebih tahu, yang selalu support saya selalu, supaya ke depan bisa lebih baik lagi," ungkap Zanadin.

Berkat tambahan tiga poin, Persis Solo naik ke peringkat ke-14 di klasemen sementara Liga 1 2022-2023. Berikutnya, Persis Solo akan menghadapi Borneo FC di Samarinda, Minggu (28/8/22).

Persis SoloJacksen F. TiagoMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaRasimanBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini