x

Kevin Diks: Batal Dinaturalisasi Indonesia, Kini Bakal Duel dengan Haaland di Liga Champions

Jumat, 26 Agustus 2022 10:40 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Kevin Diks mengalami nasib yang tak terduga, usai batal dinaturalisasi Indonesia, kini dirinya bakal berduel dengan Erling Haaland di Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Kevin Diks mengalami nasib yang tak terduga. Usai batal dinaturalisasi Indonesia, kini dirinya bakal berduel dengan Erling Haaland di Liga Champions.

Seperti yang diketahui, belum lama ini jagat sepak bola dunia disibukkan dengan hasil dari Drawing Liga Champions 2022/23, Kamis (25/08/22) malam WIB.

Baca Juga

Drawing ini melibatkan 32 tim terbaik Eropa, yang telah dibagi dalam 8 grup berbeda untuk beradu strategi di Liga Champions 2022/23.

Dari Drawing ini, ke-32 tim telah terbagi dalam 8 grup yang ada, di mana grup C menjadi pusat perhatian para penikmat sepak bola.

Bukan tanpa sebab grup C Liga Champions 2022/23 menjadi sorotan. Sebab, grup ini menjadi tempat pertemuan tim-tim besar seperti Bayern Munchen, Barcelona, Inter Milan dan Viktoria Plzen.

Baca Juga

Belum lagi dengan grup H yang juga diisi klub-klub besar lainnya, seperti Juventus, Paris Saint-Germain, Benfica, dan Maccabi Haifa.

Di grup lainnya, ada satu nama klub yang menarik perhatian para penikmat sepak bola Tanah Air. Klub tersebut yakni FC Copenhagen.

Klub asal Denmark ini menjadi perhatian bukan hanya karena tergabung di grup relatif berat, yakni grup G bersama Manchester City, Sevilla, dan Borussia Dortmund.

Baca Juga

Namun klub ini juga menjadi sorotan mengingat salah satu penggawanya adalah pemain yang sempat akan dinaturalisasi Indonesia, yakni Kevin Diks.

Tak disangka, Kevin Diks yang sempat batal dinaturalisasi Timnas Indonesia, kini justru akan bersaing di kompetisi sekelas Liga Champions melawan klub-klub terbaik.


1. Batal Dinaturalisasi

Kevin Diks, Pemain Keturunan Indonesia

Sekadar informasi, Kevin Diks, merupakan pemain keturunan Indonesia. Ia memiliki darah Maluku dari sang ibu yang merupakan WNI dengan marga Bakarbessy.

Karena punya darah keturunan, pemain yang pernah membela Fiorentina ini pun masuk dalam proyeksi PSSI untuk dinaturalisasi.

Kebetulan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, juga dilaporkan meminta agar Kevin Diks dinaturalisasi, untuk menggantikan Ragnar Oratmangoen.

Baca Juga

Bak gayung bersambut, keinginan Shin Tae-yong dan PSSI ini sempat mendapat tanggapan dingin dari pemain berusia 25 tahun tersebut.

Namun Exco PSSI, Hasani Abdulgani, mengklaim bahwa Kevin Diks bersedia membela Timnas Indonesia, kendati hanya lewat lisan.

Kesediaan membela Timnas Indonesia ini pun memberikan angin segar bagi penikmat sepak bola Tanah Air yang ingin melihat pemain kelas Eropa menghuni skuad Garuda.

Baca Juga

Namun kesediaannya membela Timnas Indonesia ini berbanding terbalik dengan kenyataan di lapangan. Kevin Diks pun batal dinaturalisasi.

Usut punya usut, Kevin Diks batal dinaturalisasi karena tak adanya restu orang tua, sama dengan pemain keturunan lainnya, Mees Hilgers.

Meski begitu, Hasani Abdulgani mengaku bahwa Kevin Diks, dan juga Mees Hilgers, bersedia membela Timnas Indonesia. Hanya saja keinginan itu terganjal restu.

Baca Juga

Usai batal dinaturalisasi, Kevin Diks pun melanjutkan kiprahnya bersama klubnya FC Copenhagen. Siapa sangka, kiprahnya membawa klub asal Denmark itu ke Liga Champions 2022/23.


2. Bakal Duel dengan Haaland

Kevin Diks Bakarbessy, pemain Fiorentina keturunan Indonesia yang dipinjamkan ke Aargus AGF

Kevin Diks berhasil mencatatkan kiprah apik karena berhasil membawa FC Copenhagen lolos ke babak grup Liga Champions 2022/23.

Berstatus juara Liga Denmark 2021/22, FC Copenhagen pun berhak lolos ke babak Kualifikasi Liga Champions 2022/23.

Di babak Kualifikasi Liga Champions 2022/23, Kevin Diks dan FC Copenhagen bertemu wakil Turki, Trabzonspor, dalam format dua leg.

Baca Juga

Kevin Diks yang tampil sebagai starter di dua leg itu sebagai bek kanan, mampu membawa FC Copenhagen menang dengan agregat 2-1, hingga berhak lolos ke babak grup Liga Champions 2022/23.

Dalam Drawing Liga Champions 2022/23 yang berlangsung belum lama ini, FC Copenhagen yang ada di Pot 4, mendapat undian dan tergabung di grup G.

Di grup tersebut, FC Copenhagen akan bertemu tim-tim besar seperti Manchester City, Borussia Dortmund, dan Sevilla.

Baca Juga

Dengan kata lain, Kevin Diks pun akan berhadapan dengan pemain kelas dunia, sebut saja Erling Haaland dari Man City, kemudian Marco Reus dari Dortmund, dan Isco dari Sevilla.

Pertemuan ini pun akan menjadi pengalaman penting bagi Kevin Diks yang tengah berjuang menembus skuad Timnas Belanda.

Selain itu, panggung Liga Champions pun akan menjadi tempat yang tepat baginya mengenalkan diri agar bisa menarik atensi klub-klub besar Eropa dengan performanya.

Liga ChampionsPSSIHasani AbdulganiTimnas IndonesiaKevin Diks BakarbessyFC CopenhagenKevin DiksErling Braut HaalandOne Football

Berita Terkini