x

5 Fakta Unik Usai Drawing Liga Champions: Reuni para Mantan hingga Nostalgia ala AC Milan dan Inter

Jumat, 26 Agustus 2022 09:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut 5 fakta unik yang tercipta usai digelarnya Drawing babak grup Liga Champions 2022/23 yang melibatkan tim-tim terbaik Eropa.

INDOSPORT.COM – Berikut 5 fakta unik yang tercipta usai digelarnya Drawing babak grup Liga Champions 2022/23 yang melibatkan tim-tim terbaik Eropa.

UEFA telah menggelar Drawing babak grup Liga Champions 2022/23 yang melibatkan 32 klub terbaik Eropa di Istanbul, Turki, pada Kamis (25/08/22) malam WIB.

Baca Juga

Adapun dalam Drawing tersebut, bola undian diambil oleh dua mantan pemain kenamaan, yakni Hamit Altintop dan Yaya Toure.

Hasil Drawing yang dilakukan dua mantan pesepak bola top itu pun menghasilkan beberapa grup yang amat mengejutkan, seiring hadirnya grup neraka.

Grup neraka yang dimaksud adalah grup C, mengingat di grup ini terdapat tim-tim besar seperti Bayern Munchen, Barcelona, Inter Milan, dan Viktoria Plzen.

Baca Juga

Tak hanya grup C yang menjadi grup neraka, ada pula grup H yang berisikan tim-tim besar yakni Paris Saint-Germain, Juventus, Benfica, dan Maccabi Haifa.

Sedangkan juara Liga Champions musim lalu, Real Madrid, tergabung di grup F dan akan berhadapan dengan RB Leipzig, Shakhtar Donetsk, dan Celtic.

Dari 8 grup yang telah terbagi, mungkin grup D saja yang tak punya persaingan ketat, mengingat grup ini dihuni Eintracht Frankfurt, Tottenham Hotspur, Sporting CP, dan Olympique Marseille.

Baca Juga

Usai Drawing ini, ke-32 tim yang ada pun akan saling beradu strategi di pentas Liga Champions 2022/23 yang akan dimulai pada 6-7 September 2022 mendatang.

Di balik Drawing Liga Champions 2022/23 ini, terdapat sederet fakta unik yang tercipta. Apa saja fakta tersebut? Berikut rangkumannya.


1. 1. Reuni Para Mantan

Inter Milan saat merayakan kemenangan sebegai juara Liga Champions musim 2010

Hasil Drawing Liga Champions 2022/23 seakan menjadi reuni para mantan. Tercatat, banyak pemain yang akan bertemu dengan klub lamanya.

Sebagai contoh, ada Robert Lewandowski yang akan bertemu klub lamanya, Bayern Munchen, di grup C. Lalu ada Angel Di Maria yang akan bersua PSG di grup H.

Baca Juga

Aroma reuni para mantan kian kental terasa di grup E, yang melibatkan nama Thiago Silva, Olivier Giroud, dan Fikayo Tomori kala AC Milan dan Chelsea bertemu kelak.

Belum lagi dengan grup G yang akan mempertemukan bomber Manchester City, Erling Haaland dengan mantan rekan setimnya musim lalu, yakni Borussia Dortmund.

2. Nostalgia ala Inter Milan

Inter Milan boleh jadi tengah sial. Sebab, Nerazzurri tergabung di grup neraka, yakni grup C bersama Bayern Munchen, Barcelona dan Viktoria Plzen.

Namun laga grup C bisa menjadi ajang nostalgia bagi Inter Milan, terutama saat meraih Treble Winners pada musim 2009/10 silam.

Baca Juga

Saat menjuarai Liga Champions 2009/10, Inter Milan bertemu dengan lawan yang identik, yakni Bayern Munchen dan Barcelona.

Bedanya, pertemuan di musim 2009/10 itu terjadi di fase gugur, di mana Inter Milan bertemu Barcelona di semifinal dan Bayern Munchen di final.

3. Kilas Balik AC Milan dan Chelsea

AC Milan dan Chelsea bisa dikatakan sebagai tim yang tak pernah bertemu di kompetisi resmi, terutama di ajang Liga Champions.

Jika merunut sejarah pertemuan di Liga Champions, AC Milan lebih sering bertemu Liverpool, sedangkan Chelsea lebih sering bersua Inter Milan atau Juventus.

Baca Juga

Kini di Liga Champions 2022/23, AC Milan dan Chelsea akan bertemu. Tak disangka, pertemuan ini merupakan pertemuan pertama sejak 23 tahun silam.

Terakhir kali AC Milan dan Chelsea bertemu di Liga Champions terjadi pada musim 1999/00, di mana kedua tim bermain imbang, yakni 1-1 di San Siro dan 0-0 di Stamford Bridge.


2. 4. Liverpool dan Napoli Berjodoh

Virgil van Dijk vs Kalidou Koulibaly dalam laga Liga Champions Napoli vs Liverpool

Finalis musim lalu, Liverpool, tergabung di grup A bersama Ajax Amsterdam, Napoli, dan Rangers FC pada babak grup Liga Champions 2022/23.

Hasil Drawing ini melahirkan catatan tersendiri bagi Liverpool dan Napoli. Bagaimana tidak? Kedua tim bisa dikatakan berjodoh di Liga Champions dalam 4 musim terakhir.

Baca Juga

Sejak musim 2018/19, Liverpool dan Napoli bertemu sebanyak 4 kali, masing-masing pada Liga Champions 2018/19 dan 2019/20.

Dalam 4 pertemuan itu, Napoli unggul atas Liverpool, dengan rekor 2 kemenangan. Sedangkan The Reds hanya mampu menang 1 kali dan meraih 1 hasil imbang.

5. Setiap Grup Pernah Juara Liga Champions

Aroma kompetisi antar juara kental terasa di Liga Champions 2022/23 ini. Sebab, setiap grup yang ada setidaknya memiliki 1 tim yang pernah menjuarai ajang ini.

Dari grup A ada Ajax dan Liverpool yang pernah menjadi juara. Dari grup B, ada FC Porto yang juga pernah menjuarai Liga Champions.

Baca Juga

Dari grup C ada Bayern Munchen, Barcelona, dan Inter Milan yang pernah mengangkat Si Kuping Besar. Dari grup mudah yakni grup D ada Olympique Marseille yang juga pernah juara.

Dari grup E ada AC Milan dan Chelsea. Dari grup F ada Real Madrid dan Celtic. Dari grup G ada Borussia Dortmund. Dan terakhir dari grup H ada Juventus dan Benfica yang pernah jadi juara.

LiverpoolChelseaBarcelonaLiga ChampionsUEFABayern MunchenAC MilanInter MilanTRIVIAOne Football

Berita Terkini