x

Hitung-hitungan Drawing Liga Champions: Potensi Lahirnya Grup Neraka dan Ajang Balas Dendam

Kamis, 25 Agustus 2022 11:02 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut hitung-hitungan drawing Liga Champions 2022/23 di mana muncul potensi lahirnya grup neraka dan ajang balas dendam di fase grup.

INDOSPORT.COM – Berikut hitung-hitungan drawing Liga Champions 2022/23 di mana muncul potensi lahirnya grup neraka dan ajang balas dendam di fase grup.

Kompetisi antarklub terpopuler di dunia sepak bola, Liga Champions Eropa, akan memasuki babak drawing atau pembagian tim-tim yang akan bertanding.

Baca Juga

Total 32 tim telah terpilih dan akan melakoni babak Drawing Liga Champions yang akan digelar UEFA pada Kamis (25/08/22) waktu setempat.

Ke-32 tim dari seluruh penjuru Eropa ini, nantinya akan terbagi dalam 4 pot, berdasarkan pencapaian musim lalu maupun koefisien yang dimiliki.

Sebagai contoh. Pot 1 akan berisikan tim-tim yang menjadi juara di liganya masing-masing. Pot 1 juga menghadirkan juara Liga Champions dan juara Liga Europa musim lalu.

Baca Juga

Maka tak mengherankan di Liga Champions 2022/23 ini, Pot 1 akan diisi tim-tim besar seperti Real Madrid, Eintracht Frankfurt, Manchester City, Paris Saint-Germain, AC Milan, dan Bayern Munich.

Sedangkan untuk Pot 2 sendiri diisi oleh tim-tim yang punya koefisien tertinggi di UEFA atau berdasarkan kiprahnya di kompetisi-kompetisi Eropa.

Tak mengherankan jika Pot 2 kedua diisi oleh nama-nama beken seperti Liverpool, Chelsea, Juventus, Barcelona, Tottenham Hotspur dll.

Baca Juga

Sedangkan Pot 3 dan Pot 4 akan diisi oleh tim yang punya koefisien lebih rendah serta tim-tim yang lolos ke Liga Champions 2022/23 via jaluk Playoff.

Melihat 4 Pot yang ada, Drawing Liga Champions 2022/23 pun berpotensi menghadirkan 2 grup neraka maupun grup balas dendam. Seperti apa perhitungannya?


1. Pembagian Pot Drawing Liga Champions 2022/23

Selebrasi para pemain Real Madrid saat mengangkat gelar Liga Champions 2021/22. REUTERS/Lee Smith)(Foto:

Agar lebih mudah dalam melakukan perhitungan akan probabilitas hadirnya grup neraka di Liga Champions 2022/23, maka ada baiknya melihat daftar tim dan pembagian Pot nya.

Pot 1

Real Madrid (Spanyol)
Eintracht Frankfurt (Jerman)
Manchester City (Inggris)
AC Milan (Italia)
Bayern Munich (Jerman)
Paris Saint-Germain (Prancis)
FC Porto (Portugal)
Ajax (Belanda)

Baca Juga

Pot 2

Liverpool (Inggris)
Chelsea (Inggris)
Barcelona (Spanyol)
Juventus (Italia)
Atletico Madrid (Spanyol)
Sevilla (Spanyol)
RB Leipzig (Jerman)
Tottenham Hotspur (Inggris)

Pot 3

Borussia Dortmund (Jerman)
RB Salzburg (Austria)
Shakhtar Donetsk (Ukraina)
Inter (Italia)
Napoli (Italia)
Sporting CP (Portugal)
Benfica (Portugal)
Bayer Leverkusen (Jerman)

Baca Juga

Pot 4

Rangers FC (Skotlandia)
Dinamo Zagreb (Kroasia)
Marseille (Prancis)
Copenhagen FC (Denmark)
Club Brugge (Belgia)
Celtic (Skotlandia)
Viktoria Plzen (Ceko)
Maccabi Haifa (Israel)

Dalam Drawing Liga Champions 2022/23, ada satu aturan yang telah diberlakukan sejak lama. Aturan itu adalah wakil dari setiap negara tak bisa bertemu atau Country Protection.

Baca Juga

Mudahnya, UEFA akan menghindarkan adanya pertemuan dua tim yang sama dalam satu negara di babak grup maupun pada babak 16 besar dalam Drawing.

Dengan adanya aturan ini, Drawing Liga Champions 2022/23 akan menghadirkan lebih dari satu grup neraka dan bahkan menghadirkan grup balas dendam, terutama untuk Pot 1 dan Pot 2.

Lantas, bagaimana perhitungan akan hadirnya grup neraka dan grup balas dendam ini?


2. Probabilitas Lahirnya Grup Neraka dan Ajang Balas Dendam

Toni Kroos dan Virgil van Dijk di Final Liga Champions Liverpool vs Real Madrid (REUTERS/Gonzalo Fuentes)

Melihat Pot 1 dan Pot 2 dengan aturan Country Protection, maka tak mengherankan jika nantinya grup-grup Liga Champions 2022/23 akan diisi oleh minimal dua tim besar.

Jika dilanjutkan dengan melihat Pot 3 dan Pot 4, maka hadirnya grup neraka dan ajang balas dendam pun akan tercipta di Liga Champions 2022/23. Bagaimana perhitungannya?

Di Pot 1 saat ini masing-masing negara UEFA hanya punya satu wakil. Sedangkan di Pot 2, akan ada 3 wakil dari Inggris dan Spanyol.

Baca Juga

Sehingga saat Drawing nanti, akan ada sekitar 60 persen kemungkinan lahirnya dua skenario. Skenario ini melibatkan Real Madrid dan Manchester City di Pot 1.

Karena adanya aturan Country Protection, maka Real Madrid punya peluang 60 persen bertemu salah satu dari 3 tim Inggris di Pot 2, yakni Liverpool, Chelsea, dan Tottenham Hotspur.

Senada dengan Real Madrid, Manchester City yang ada di Pot 1 pun punya peluang 60 persen bertemu salah satu dari 3 tim Spanyol di Pot 2, yakni Barcelona, Atletico Madrid, dan Sevilla.

Baca Juga

Di sisi lain, ada peluang sebesar 30 persen yang akan didapat oleh tim Pot 1 lainnya. Sebagai contoh AC Milan yang berpotensi bertemu salah satu dari 3 tim Inggris dan Spanyol dari Pot 2 dan bertemu salah satu dari 6 tim yang ada di Pot 3.

Melihat probabilitas tersebut, tak mengherankan jika grup neraka dan ajang balas dendam akan tercipta di fase grup Liga Champions 2022/23 kelak.

Sebab, kemungkinan besar grup neraka ini telah terlihat dari pembagian grup dari Pot 1 dan Pot 2 saja, karena banyaknya tim besar dan aturan Country Protection.

Baca Juga

Selain itu, masih ada kemungkinan bertemu tim-tim besar lain di Pot 3 seperti Borussia Dortmund, Inter Milan dan Napoli. 

Maka tak mengherankan jika nantinya Liga Champions minimal akan menghadirkan dua grup neraka yang punya aroma balas dendam karena besarnya probabilitas pertemuan tim-tim besar di Pot 1 hingga Pot 3.

Real MadridLiverpoolChelseaManchester CityBarcelonaLiga ChampionsUEFAAC MilanIn Depth SportsOne Football

Berita Terkini