x

Tahan Bayern Sendirian dan Ukir Rekor Fantastis, Man United Sesali Tak Boyong Yann Sommer?

Minggu, 28 Agustus 2022 18:15 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Yann Sommer buat Manchester United sesali keputusan mereka menawarkan bangku cadangan usai tampil bak kesetanan kontra Bayern Munchen di Liga Jerman.

INDOSPORT.COM - Yann Sommer menjadi buah bibir usai penampilan spektakulernya melawan Bayern Munchen pada Sabtu (27/08/22) di ajang Liga Jerman (Bundesliga) viral.

Bagaimana tidak? Penjaga gawang yang sempat dirumorkan akan merapat ke Manchester United pada bursa transfer musim panas 2022 ini mencatatkan 19 penyelamatan dalam tempo 90 menit!.

Baca Juga

Sommer menjadi man of the match karena seolah seorang diri mewakili Borussia Monchengladbach yang bertandang ke Allianz Arena.

Tidak tanggung-tanggung, kiper 33 tahun itu bahkan diberi ponten sempurna 10 oleh situs penyedia statistik sepak bola yakni WhoScored.

Dalam laga tersebut Bayern total bisa melepas 33 tembakan ke gawang Gladbach namun ketangguhan Sommer membuat tuan rumah justru terlihat tidak efektif dalam menyelesaikan peluang.

Baca Juga

Menurut data dari Opta, 19 save yang dibuat Yann Sommer adalah rekor penyelamatan terbanyak dalam satu partai Liga Inggris.

Rekor sebelumnya dipegang oleh Alexander Schwolow pada Januari 2012 dengan 14 untuk SC Freiburg dan lawanya juga Bayern Munchen.

Baca Juga

Sayangnya tidak ada kemenangan dan nirbobol yang bisa Sommer persembahkan untuk Borussia Monchengladbach di laga tersebut.

Gol telat Leroy Sane di menit ke-83 membuat laga berakhir dengan skor 1-1 namun ketangguhan Sommer tetap diakui.


1. Man United Berikan Tawaran Konyol

Yann Sommer

Bayern Munchen seolah adalah lawan favorit Yann Sommer. Tiap kali jumpa Die Roten, stopper berkebangsaan Swiss itu seakan kesetanan di bawah mistar.

Terbukti dengan tidak pernah kalahnya Borussia Monchengladbach dari sang raksasa Bavaria dalam empat pertandingan kompetitif terakhir mereka dengan rincian dua menang dan dua imbang.

Baca Juga

Sommer setidaknya mencatatkan lima penyelamatan dan selalu mengakhiri laga dengan nilai di atas 8,0.

Sejak datang dari FC Basel pada bursa transfer musim panas 2014, Sommer total sudah memainkan 328 partai untuk Gladbach dan di akhir 2022/2023 ia bisa masuk 10 besar penampil terbanyak untuk Die Fohlen.

Hanya saja cukup aneh kenapa tidak ada tim yang lebih besar merekrutnya. Bahkan nama kiper berusia 33 tahun ini nyaris tidak ada dalam diskusi soal siapa 'nomor 1' terhebat di dunia.

Baca Juga

Manchester United diketahui sempat ingin memboyong Yann Sommer pada bursa transfer musim panas kali ini namun mendapat penolakan.

Bukan dari Borussia Monchengladbach namun dari si pemain sendiri. Keengganan untuk menjadi cadangan bagi David de Gea jadi alasan.

The Red Devils memang tengah mencari kiper baru dan namanya bersama Kevin Trapp sempat jadi favorit namun sang jawara Liga Inggris kini tampaknya harus puas dengan mendapatkan Martin Dubravka.

Baca Juga

Menjadi penghangat bangku cadangan di usia yang masih terbilang muda untuk seorang goalkeeper memang bukan opsi terbaik bagi Yann Sommer terlebih dengan Piala Dunia 2022 semakin dekat.

Ia tidak perlu menyesal telah menolak ajakan Manchester United karena mereka lah yang harusnya menangis kini karena sudah memberikan tawaran konyol untuk pemain sepertinya.


2. United Dekati Dubravka

Kiper Newcastle United, Martin Dubravka. (Foto: Reuters/Lee Smith)

Klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, cari pesaing David de Gea dengan dekati kiper Newcastle United, Martin Dubravka.

Diketahui, Manchester United sedang berada dalam tren buruk belakangan ini. Pasalnya, mereka sempat menelan dua kekalahan beruntun di Liga Inggris.

Kegagalan tersebut menjadikannya sebagai klub penghuni jurang degradasi hingga pada pekan kedua Liga Inggris berjalan.

Pada laga kedua, diremukkannya Setan Merah oleh Brentford dengan skor 4-0 ini tidak lepas dari blunder fatal kiper utama mereka, David de Gea. Bagaimana tidak? Kiper asal Spanyol tersebut membuat dua blunder yang berujung gol untuk tim tuan rumah.

Pertama, De Gea gagal menangkap dengan sempurna tendangan Da Silva dari luar kotak penalti sehingga bola mengalir masuk ke gawangnya.

Baca selengkapnya: Cari Pesaing David de Gea, Manchester United PDKT dengan Kiper Rival Liga Inggris

Bursa TransferManchester UnitedBayern MunchenBorussia MonchengladbachYann SommerBola InternasionalLiga Jerman

Berita Terkini