x

3 Pemain Termahal Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 Usai Sandy Walsh CS Gabung

Jumat, 2 September 2022 17:29 WIB
Editor: Subhan Wirawan
tiga pemain termahal di skuat Timnas Indonesia pada gelaran Piala AFF 2022 nanti usai gerbong naturalisasi Sandy Walsh cs resmi bergabung.

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pemain termahal di skuat Timnas Indonesia pada gelaran Piala AFF 2022 nanti usai gerbong naturalisasi Sandy Walsh cs resmi bergabung. Egy Maulana urutan berapa?

Seperti diketahui, Timnas Indonesia senior akan kembali tampil di ajang internasional tahun ini, tepatnya pada gelaran Piala AFF 2022 yang mulai bergulir bulan Desember mendatang.

Baca Juga

Pada Piala AFF 2022 nanti, Timnas Indonesia akan berada grup A bersama sejumlah tim kuat seperti Thailand serta para kuda hitam sekelas Filipina, Kamboja dan satu pemenang babak play-off.

Juara bertahan Thailand jelas akan jadi lawan terberat Timnas Garuda. Sebab, pada final Piala AFF 2020 lalu, Thailand mengalahkan Indonesia dengan agregat 6-2.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, di gelaran Piala AFF 2022 nanti kekuatan Timnas Indonesia diprediksi bakal semakin tangguh lantaran ketambahan sejumlah bintang keturunan Eropa.

Baca Juga

Saat ini, proses naturalisasi dua pemain keturunan Indonesia yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh telah disetujui Komisi III DPR RI.

Keduanya tinggal menunggu rapat dengar pendapat berikutnya yakni dengan Komisi X DPR RI pada 1 September 2022 nanti. 

Jika sudah selesai, berkas Jordi Amat dan Sandy Walsh akan dikembalikan ke Setneg dan Presiden RI Joko Widodo menerbitkan Kepres (Keputusan Presiden). Terakhir, pemain akan diambil sumpah sebagai WNI.

Baca Juga

Lalu ada juga Shayne Pattynama yang berkasnya sudah berada di Setneg. Jika tak ada halangan, ketiganya jadi WNI dalam waktu dekat dan bermain di Piala AFF 2022.

Meski belum ada kepastian apakah ketiga pemain keturunan tersebut bisa memperkuat Timnas Indonesia atau tidak, namun kehadiran mereka nanti dipastikan bakal mengubah kekuatan skuat Garuda.

Bahkan, kedatangan gerbong naturalisasi Sandy Walsh cs bisa merubah daftar pemain termahal di Timnas Indonesia pada Piala AFF 2022 nanti.

Berikut INDOSPORT coba merangkum, tiga pemain termahal Timnas Indonesia usai diperkuat Sandy Walsh dan kolega:


1. Marc Klok

Gelandang Persib, Marc Klok saat pertandingan menghadapi Madura United.

Sebelum kehadiran para pemain naturalisasi, label pemain termahal Timnas Indonesia masih dipegang oleh gelandang Persib Bandung, Marc Klok.

Dilansir dari laman Transfermarkt, disebutkan bahwa pemain berusia 29 tahun itu mempunyai market value sebesar 450 ribu atau setara dengan Rp 7,82 miliar.

Baca Juga

Jumlah tersebut mampu mengungguli sejumlah pemain top Timnas Indonesia, seperti Stefano Lilipaly yang hanya mempunya harga pasar 350 ribu euro.

Bahkan sang kapten, Asnawi Mangkualam hanya berada di tempat ketiga daftar pemain termahal Timnas Indonesia saat ini dengan nilai 325 ribu euro.

Selama memperkuat Timnas Indonesia senior, Marc Klok sudah tampil sebanyak 4 pertandingan dengan menorehkan satu gol di semua ajang.

Baca Juga

Marc Klok juga jadi salah satu pemain kunci yang berhasil membawa Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia tahun 2023 mendatang.

Jordi Amat
Andai gerbong Sandy Walsh cs resmi menjadi WNI dan memperkuat Timnas Indonesia, maka status pemain termahal milik Marc Klok tidak akan lagi berlaku.

Jordi Amat yang kini memperkuat klub Liga Super Malaysia, Johor Darul Takzim, akan menggeser posisi Marc Klok di daftar pemain termahal Timnas Indonesia.

Baca Juga

Masih dari laman Transfermarkt, diketahui bahwa Jordi Amat mempunyai market value sebesar 1 juta euro atau setara dengan Rp 17,38 miliar.

Berbekal pengalaman tampil di kasta tertinggi Liga Belgia bersama KAS Eupen musim lalu, tampaknya jadi alasan mengapa harga pasar Jordy Amat masih sangat melambung meski sudah hengkang ke ASEAN.

Saat masih memperkuat KAS Eupen, penampilan Jordi Amat terbilang sangat baik dengan menorehkan 29 laga dan mencetak dua assists di semua kompetisi.


2. Sandy Walsh

Sandy Walsh. Foto: Instagram@sandywalsh

Dengan kedatangan Sandy Walsh, maka market value keseluruhan skuat Timnas Indonesia akan sangat melejit bahkan mampu menyentuh angka jutaan euro.

Jika sebelumnya ada Jordi Amat yang mempunyai harga pasar sebesar 1 juta euro, maka nilai Sandy Walsh per 2022 ini jauh lebih tinggi yakni mencapai 1,8 juta euro atau setara dengan Rp 31,29 miliar.

Baca Juga

Dengan angka tersebut, jelas label pemain termahal Timnas Indonesia nanti akan dipegang Sandy Walsh. Sementara Jordy Amat berada di tempat kedua dan diikuti Marc Klok sebagai pemain termahal ketiga.

Untuk Shayne Pattynama, pemain berusia 24 tahun tersebut tidak memiliki market value yang cukup besar yakni seharga 300 ribu euro.

Angka tersebut sama dengan Egy Maulana Vikri, dan membuat keduanya berada di urutan ketujuh pemain dengan harga termahal di Timnas Indonesia.

Timnas IndonesiaPiala AFFOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini