x

5 Pemain Timnas Indonesia yang Performanya Menurun, Tak Layak Dipanggil Shin Tae-yong?

Jumat, 2 September 2022 11:12 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Timnas Indonesia vs Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (01/06/22).

INDOSPORT.COM - Berikut lima pemain Timnas Indonesia yang performanya menurun jelang FIFA Matchday September 2022. Apakah masih layak dipanggil Shin Tae-yong?

Seperti diketahui, Shin Tae-yong sebentar lagi bakal memanggil sejumlah pemain untuk memperkuat Timnas Indonesia di laga uji coba bertajuk FIFA Matchday.

Baca Juga

Timnas Indonesia rencananya akan bersua Curacao yang tersaji pada 24 September dan 27 September 2022 mendatang. Kemenangan wajib diraih Garuda demi memperbaiki ranking FIFA.

Selain itu, uji coba melawan Curacao juga sebagai persiapan untuk menghadapi ajang bergengsi Piala Asia 2023 mendatang.

Baca Juga

Akan tetapi, Shin Tae-yong sepertinya harus jeli dalam memilih pemain untuk menghadapi tim kuat Curacao. Beberapa pemain andalannya mengalami penurunan performa di awal musim 2022-2023. Siapa saja mereka?

1. Rachmat Irianto

Rachmat Irianto merupakan salah satu pemain kesayangan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Ia mampu tampil apik sebagai gelandang bertahan dan kerap dijadikan starter hingga kapten.

Akan tetapi, setelah musim ini pindah ke Persib Bandung, Rachmat Irianto sepertinya masih belum bisa beradaptasi dengan sempurna.

Baca Juga

Ia kerap dijadikan bek tengah di Persib Bandung karena ada sosok Marc Klok sebagai gelandang jangkar. Alhasil Maung Bandung kini terpuruk di Liga 1 2022/23.

Persib Bandung yang dikawal oleh Rachmat Irianto tercatat sudah kebobolan 18 gol hanya dalam tujuh pertandingan awal Liga 1 2022/23. 


1. 2. Marc Klok

Gelandang Persib, Marc Klok saat pertandingan menghadapi Madura United.

Masih di kubu Persib Bandung, ada sosok pemain naturalisasi bernama Marc Klok. Meski selalu menjadi andalan lini tengah Maung Bandung, performanya masih jauh dari kata memuaskan.

Padahal sebelumnya Marc Klok merupakan gelandang andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Di Kualifikasi Piala Asia 2023 sendiri, Marc Klok tampil militan.

Baca Juga

Marc Klok menjadi aktor penting dalam kemenangan mengejutkan Timnas Indonesia atas Kuwait dengan skor 2-1. Dia mencetak gol penyama kedudukan saat itu.

Baca Juga

3. Ricky Kambuaya

Ricky Kambuaya menjadi pemain Persib Bandung berlabel Timnas Indonesia ketiga yang performanya jeblok. Berbeda ketika memperkuat Persebaya Surabaya, ia tampil ciamik yang membuat Shin Tae-yong kepincut.

Baca Juga

Di Persib Bandung, Ricky Kambuaya sepertinya belum mampu beradaptasi secara maksimal. Ia tercatat tampil sebanyak lima laga dan hanya menciptakan satu assist.

Persib Bandung kini juga terpuruk di posisi ke-14 klasemen Liga 1 2022/23 dengan hanya mengoleksi tujuh poin dari tujuh pertandingan.


2. 4. Alfeandra Dewangga

Aksi Alfeandra Dewangga di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand.

Selanjutnya ada Alfeandra Dewangga yang menjadi salah satu andalan Shin Tae-yong untuk menjaga lini pertahanan Timnas Indonesia.

Akan tetapi, kini performanya malah meredup seiring penampilan tidak meyakinkan bersama PSIS Semarang. Tim yang semula dijagokan bisa bersaing di papan atas itu malah terjebak di peringkat ke-13 klasemen Liga 1 2022/23.

Sejatinya, ia selalu dijadikan starter dalam tujuh laga PSIS sejak awal musim ini. Namun penampilannya sebagai gelandang bertahan belum mampu membawa Mahesa Jenar keluar dari tren negatif.

5. Muhammad Rafli

Muhammad Rafli harus berjuang lebih keras lagi bila ingin mendapatkan tempat di Timnas Indonesia. Striker berusia 23 ini terlihat selalu menjadi penghias bangku cadangan Arema FC.

Muhammad Rafli tidak pernah bermain lebih dari 45 menit di tiga laga awal Liga 1 2022/23. Setelah itu, Rafli absen di tiga pertandingan berikutnya karena cedera.

Ia baru kembali bermain untuk Arema FC pada pekan ketujuh Liga 1 saat takluk 0-1 dari Persija Jakarta pada 28 Agustus lalu.

Dari empat penampilannya, Rafli belum sekalipun mencetak gol. Pemain andalan Shin Tae-yong di Piala AFF itu tercatat baru sekali mencetak gol saat membela Singo Edan di Piala Presiden.

Baca Juga
Timnas IndonesiaRachmat IriantoMarc KlokMuhammad RafliAlfeandra Dewangga SantosaShin Tae-yongRicky Kambuaya

Berita Terkini