x

Banyak Pemain Berdarah Belanda Bela Timnas Indonesia, KNVB Berikan Sorotan Tajam

Jumat, 2 September 2022 02:07 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Juni Adi
Marc Klok, Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Asosiasi sepak bola Belanda, KNVB angkat suara mengenai banyak pemain keturunan Belanda yang akhirnya membela Timnas Indonesia.

Pemain keturunan Belanda memang belakangan banyak yang akhirnya mengganti warga negara menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dan membela Timnas Indonesia lewat jalur naturalisasi.

Baca Juga

Sebut saja, deretan nama-nama seperti Marc Klok, Stefano Lilipaly, Ezra Walian dan masih banyak lagi yang kini menjadi WNI dan bermain untuk Timnas Indonesia.

Tak berhenti di situ, PSSI saat ini sedang memproses dua pemain keturunan Belandan lainnya, yakni Shandy Walsh dan Shayne Pattynama untuk dinaturalisasi menjadi WNI.

Baca Juga

Kehadiran para pemain naturalisasi ini memang diharapkan bisa mendongkrak prestasi Timnas Indonesia.

Kini dengan banyaknya pemain asal Belanda yang akhirnya bermain untuk Timnas Indonesia, Sekjen KNVB, Gijs de Jong memberikan tanggapannya.

“Ya Marc Klok salah satu contohnya ya. Dia tadinya pemain di Belanda," ucap Gijs de Jong di Jakarta.

Baca Juga

"Sekarang memperkuat timnas Indonesia. Ya tentu bagus ya, tapi jangan banyak-banyak ya," tambah dia.

Sebagai informasi perkembangan proses naturalisasi Shandy Walsh bersama pemain asal Spanyol, Jordi Amat sudh mendapat restu dari Komisi III DPR RI.

Sementara untuk Shayne Pattynama tertunda prosesnya karena dokumen dirinya terlambat dibandingkan dokumen Shandy Walsh dan Jordi Amat.
 


1. Keturunan di Timnas Indonesia U-19

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

Banyaknya pemain keturunan yang membela Timnas Indonesia rupanya tidak hanya menghiasi level tim senior tapi juga junior.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, baru-baru ini bahkan memberikan kode akan kembali memanggil pemain keturunan yang merumput di Eropa, untuk memperkuat tim U-19 jelang Kualifikasi Piala Asia U-20.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 memang sempat memantau tiga pemain berdarah Eropa jelang gelaran Piala AFF U-19 2022.

Ketiga pemain yang ikut dipanggil dalam TC tersebut adalah Jim Croque (striker), Kai Davy Boham (Centre Back), serta Max Crostofel (Bek Kiri).

Namun sayang, tak satupun dari pemain keturunan itu yang berhasil menembus skuat Timnas Indonesia U-19.

Di babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Timnas Indonesia U-19 tergabung dalam Grup F bersama dengan Vietnam, Hong Kong serta Timor-Leste.

Jelang tampil di laga perdana kualifikasi Piala Asia U-20 nanti, Timnas Indonesia U-19 langsung mempersiapkan diri termasuk melakukan sejumlah agenda uji coba.

Baca selengkapnya: Kode Panggil Pemain Keturunan, 3 Wonderkid Eropa yang Layak Perkuat Timnas U-19
 

NaturalisasiTimnas IndonesiaKNVBBola Internasional

Berita Terkini