x

Remehkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Pelatih Thailand Lebih Takut Bila Bersua Vietnam

Kamis, 1 September 2022 11:31 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pelatih timnas Thailand, Alexandre Polking

INDOSPORT.COM – Jelang Piala AFF 2022, pelatih Thailand terlihat memberiksan respon dengan meremehkan Timnas Indonesia dan lebih takut jika bersua Vietnam.

Sebagaimana diketahui, turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara, Piala AFF 2022 akan segera bergulir pada 23 Desember 2022 hingga 15 Januari 2023 mendatang.

Baca Juga

Pada Piala AFF 2022, setiap tim akan mendapatkan jatah sebagai tuan dalam dua pertandingan yang mereka jalani.

Timnas Indonesia pada ajang tersebut berada di Grup A. Skuad Garuda berada satu grup dengan Thailand, Kamboja, Filipina, Brunei Darussalam/Timor Leste.

Sedangkan, Grup B akan dihuni oleh Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar dan Laos.

Baca Juga

Berada satu grup dengan Timnas Indonesia, pelatih Thailand pun mengapresiasi hasil undian tersebut. Akan tetapi, Alexandre Polking justru merasa tak gentar jika melawan Indonesia.

Pelath asal Brasil tersebut justru akan merasa takut jika anak asuhnya nanti berhadapan dengan Timnas Vietnam.

"Indonesia sangat berbahaya berkat pemain mudanya tetapi juga sudah lama bermain bersama. Namun, Vietnam adalah lawan yang paling tangguh. Kami tahu betul kualitas skuat yang mereka miliki,” ujar Alexandre Polking dilansir dari Zing News.

Baca Juga

Pelatih berusia 46 tersebut juga turut mengawasi perkembangan Timnas Vietnam agar dirinya bisa menyusun strategi yang tepat bagi timnya.

"Penting bagi kita untuk menunggu dan melihat apakah Vietnam menghentikan V.League (untuk membantu tim nasional memiliki lebih banyak waktu untuk berkonsentrasi - PV). Selain itu, perlu juga untuk melihat apakah mereka memiliki pemain yang absen atau tidak,"tambah Polking.


1. Thailand Repot Cari Pemain untuk Piala AFF 2022

Aksi Dedik Setiawan di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand.

Undian Piala AFF 2022 telah menempatkan Timnas Indonesia bersama dengan tim kuat Thailand, Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam/Timor Leste.

Kendati merasa diremehkan oleh pelatih Thailand, Alexandre Polking, Timnas Indonesia tetap mewaspadai dan siap memberikan perlawan.

Baca Juga

Namun, meski begitu, sebagai pihak yang meremehkan, Timnas Thailand kini justru sedang kalang kabut mencari para pemain terbaik untuk melengkapi kesebelasan mereka di Piala AFF 2022.

Pasalnya, para pemain kunci tim berjuluk Gajah Perang tersebut kini tengah berada di liga-liga di luar Thailand.

Hal tersebut, menjadi kesulitan tersendiri bagi pelatih Alexandre Polking untuk memoles pemainnya sebelum Piala AFF 2022 berlangsung.

Baca Juga

Sebut saja nama-nama Chaowat Veerachat, Supachok Sarachat, dan Chanatip Songkrasi. Ketiga pemain tersebut kini tengah berada di Jepang untuk membela klub mereka masing-masing.

Menghadapi kenyataan tersebut, pelatih berusia 46 tersebut tengan berusaha bekerja sama dengan Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) untuk mencari solusi yang tepat.

“Saya akan bekerja sama dengan Federasi Sepak Bola Thailand untuk membantu tim memiliki pemain terbaik. Saya tahu pemain kunci Chaowat, Supchok dan Chanathip bermain di Jepang tetapi kami masih punya waktu.”, ungkap Alexandre Polking dilansir dari Zing News.

Baca Juga

“Kami juga harus mempertimbangkan jadwal di J.League dan juga Liga Thailand. Tahun ini, banyak turnamen juga ditangguhkan untuk Piala Dunia. Kami akan mencari cara untuk menyiapkan pemain terbaik,” tambah pelatih berkebangsaan Brasil tersebut.


2. Diremehkan, Timnas Indonesia Waspada

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong seusai memimpin latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Minggu (29/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Shin Tae-yong menegaskan akan mempersiapkan Timnas Indonesia dengan baik. Targetnya kali ini adalah meraih juara setelah kalah di final edisi sebelumnya.  

"Saya akan mempersiapkan Timnas Indonesia dengan baik serta maksimal agar meraih juara Piala AFF 2022," ujar pelatih asal Korea Selatan itu. 

Menurut Shin Tae-yong, Thailand adalah lawan terberat di grup A. Tim Gajah Perang menyandang status juara bertahan Piala AFF setelah kalahkan Indonesia dengan agregat 6-2 tahun lalu. 

"Thailand tentu menjadi lawan paling kuat di grup dan susah lawan mereka. Kita tak bisa mundur lagi, jadi harus terus berjuang mendapatkan kemenangan. Berusaha semaksimal mungkin," tuturnya. 

"Tim lain seperti Filipina dan lainnya juga baik dengan begitu gak boleh lengah dan harus kerja maksimal," tuntas Shin Tae-yong. 

Baca Selengkapnya: Kaget dengan Pot Drawing Piala AFF 2022, Shin Tae-yong Waspadai Semua Tim Grup A

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas ThailandShin Tae-yongAlexandre PolkingPiala AFF 2022

Berita Terkini