x

Peta Persaingan Grup A Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Bakal Lolos dengan Mudah?

Rabu, 31 Agustus 2022 17:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Aksi selebrasi pemain Timnas Indonesia setelah Witan Sulaeman menbobol gawang Singapura pada laga Piala AFF 2020 semifinal leg 1

INDOSPORT.COM – Mengupas peta persaingan grup A Piala AFF 2022, grup yang dihuni Timnas Indonesia. Akankah skuad Garuda lolos dengan mudah?

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia tergabung di Grup A setelah dilakukannya drawing Piala AFF 2022 yang digelar pada Selasa (30/08/22) siang WIB.

Baca Juga

Timnas Indonesia yang berada di Pot 3, mendapat undian di grup A dan akan bergabung dengan Thailand, Filipina, Kamboja, serta pemenang babak Playoff.

Adapun babak Playoff akan mempertemukan dua tim dengan peringkat FIFA terendah di Asia Tenggara, yakni Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Sedangkan rival-rival Timnas Indonesia seperti Malaysia dan Vietnam berada di grup B bersama dengan Laos, Myanmar, dan juga Singapura.

Baca Juga

Dalam drawing ini sejatinya terdapat sebuah intrik menarik. Maklum saja, Timnas Indonesia yang berstatus finalis musim lalu malah masuk ke Pot 3.

Hal ini mengundang banyak pertanyaan, dari para pendukung Timnas Indonesia hingga pelatih kepala skuad Garuda, Shin Tae-yong.

Namun pertanyaan itu segera terjawab setelah pihak AFF menyebutkan bahwa perhitungan Pot berdasarkan kiprah setiap negara di Piala AFF sejak 2018 hingga 2022.

Baca Juga

Terlepas dari hal tersebut, Timnas Indonesia pun dipastikan akan tergabung di grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja dan salah satu pemenang antara Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Lalu bagaimana peta persaingan di grup A Piala AFF 2022? Akankah Timnas Indonesia akan lolos dengan mudah ke semifinal?


1. Sejarah Mendukung Timnas Indonesia

Aksi Dedik Setiawan di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand.

Di atas kertas, Timnas Indonesia berpotensi lolos dengan mudah dari grup A. Apalagi jika melihat sejarah skuad Garuda di Piala AFF.

Melihat komposisi grup A saat ini, hanya Thailand dan Filipina yang akan menjadi pesaing Timnas Indonesia untuk memperebutkan tiket ke semifinal.

Jika melihat sejarah, Timnas Indonesia kerap berada dalam satu grup bersama Thailand dan Filipina di Piala AFF, yakni sebanyak 4 kali.

Baca Juga

Tercatat, Timnas Indonesia berada dalam satu grup bersama Thailand dan Filipina di Piala AFF edisi 1998, 2000, 2016 dan 2018.

Dalam empat kesempatan itu, Timnas Indonesia dan Thailand selalu mengangkangi Filipina lolos bersama sebanyak 3 kali, yakni pada 1998, 2000, dan 2016.

Hanya sekali saja Timnas Indonesia gagal lolos dari kurungan Thailand dan Filipina, yakni di Piala AFF edisi 2018, usai sepeninggal Luis Milla.

Baca Juga

Jika melihat sejarah itu, sah bila dikatakan Thailand akan menjadi lawan terberat Timnas Indonesia untuk lolos dari babak grup dan melangkah ke semifinal.

Apalagi secara Head to Head, Timnas Indonesia tak punya catatan apik atas Thailand, termasuk kala tumbang di final Piala AFF 2020 dengan agregat 2-6.

Sedangkan Head to Head Timnas Indonesia kala bertemu Filipina bisa dikatakan lebih baik di atas kertas. Tercatat, dalam 24 pertemuan di segala ajang, skuad Garuda menang 19 kali atas The Azkals.

Lantas bagaimana dengan Kamboja dan salah satu dari Timor Leste atau Brunei Darussalam? Akankah ketiganya bisa menjegal langkah Timnas Indonesia?


2. Sepele?

Selebrasi para pemain Timnas Indonesia usai cetak gol ke gawang Laos di Piala AFF 2020.

Terlepas dari Thailand dan Filipina, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Kamboja dan salah satu dari Timor Leste maupun Brunei Darussalam.

Melihat ketiga calon lawannya itu, Timnas Indonesia bisa dikatakan lebih unggul ketimbang Kamboja, Timor Leste ataupun Brunei Darussalam.

Keunggulan ini bisa dilihat dari Head to Head, di mana Timnas Indonesia tak pernah kalah kala bertemu Kamboja dengan rekor 16 kemenangan dan 1 hasil imbang.

Baca Juga

Sedangkan kontra Brunei Darussalam, Timnas Indonesia memegang rekor 6 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 2 kekalahan.

Lalu kontra Timor Leste, Timnas Indonesia selalu unggul atas tetangganya tersebut di segala ajang yang diikuti.

Selain dari Head to Head, baik Kamboja, Timor Leste ataupun Brunei Darussalam tak punya kiprah mentereng di Piala AFF.

Baca Juga

Ketiga negara ini tak pernah merasakan lolos dari fase grup semenjak berpartisipasi di Piala AFF, dan selalu menjadi ‘penggembira’ saja

Melihat sederet fakta ini, jelas ketiga negara itu akan menjadi lawan sepele bagi Timnas Indonesia di babak grup A Piala AFF 2022.

Sehingga, Timnas Indonesia hanya perlu meraih kemenangan dari tiga lawannya, yakni Filipina, Kamboja, dan salah satu dari Timor Leste atau Brunei Darussalam dengan skor besar agar bisa melangkah ke semifinal Piala AFF 2022.

Brunei DarussalamKambojaTimor LesteFilipinaTimnas IndonesiaTimnas ThailandShin Tae-yongOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini