x

Bedah Formasi Chelsea dengan Aubameyang dan Hasil Belanja Rp4,3 Triliun

Jumat, 2 September 2022 12:00 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Bedah formasi Chelsea setelah kedatangan Pierre-Emerick Aubameyang. Foto: REUTERS/David Klein.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Chelsea, secara mengejutkan mendatangkan Pierre-Emerick Aubameyang dari Barcelona.

Hal ini tentu membuat publik sepak bola tercengang lantaran kedatangan mantan pemain Arsenal itu tidak disertai angin dan hujan.

Baca Juga

Apalagi, tidak sedikit orang yang mengerutkan dahi ketika tahu sang pemain bersedia merapat ke Chelsea - rival sekota dan bebuyutan Arsenal .

Jika menarik ke belakang, publik sudah menyaksikan sejumlah bintang yang membelot, meski tidak langsung, dari Arsenal menuju musuh besar mereka di Liga Inggris.

Robin van Persie, Cesc Fabregas, dan Olivier Giroud mungkin contoh yang paling mudah diingat. Akan tetapi, kasus Pierre-Emerick Aubameyang memang cukup mengagetkan.

Baca Juga

Tentu masih segar di ingatan, bagaimana pesepak bola asal Gabon ini pernah ‘menderita’ di bawah asuhan Mikel Arteta beberapa waktu lalu. Hingga akhirnya ia hengkang ke Barcelona pada Februari 2022.

Kini enam bulan berselang, ia sudah kembali saja ke Liga Inggris. Chelsea pun dikabarkan mengikat Pierre-Emerick Aubameyang dengan kontrak berdurasi dua tahun.

Dengan kedatangan Pierre-Emerick Aubameyang, tentu publik penasaran akan seperti apa susunan pemain Thomas Tuchel di sisa musim 2022-2023 ini.

Baca Juga

Apalagi, Chelsea belum lama ini menasibihkan diri sebagai tim boros di bursa transfer musim panas 2022, usai menggelontorkan setidaknya 250 juta poundsterling (sekitar Rp4,3 triliun) untuk belanja.

Selain Pierre-Emerick Aubameyang, Chelsea juga memboyong Wesley Fofana, Raheem Sterling, Marc Cucurella, Kalidou Koulibaly, dan masih banyak lagi untuk memeriahkan Liga Inggris 2022-2023.


1. Ada Wesley Fofana dan Kalidou Koulibaly

Wesley Fofana didatangkan dari Leicester City ke Chelsea. Foto: Reuters/Ed Sykes.

Pemilik anyar Chelsea, Todd Boehly, memang memiliki niat luar biasa kuat untuk menjadikan klub ini makin berjaya di Liga Inggris.

Ia bahkan tidak segan mengeluarkan banyak uang demi mewujudkan hal tersebut. Hanya saja, dengan deretan pemain yang datang di bursa transfer kali ini, Thomas Tuchel pun banjir opsi nyaris di seluruh lini.

Baca Juga

Apakah ini hal baik atau buruk? Namun terlepas dari itu, tentu patut dinanti akan seperti apa sepak terjang The Blues setelah kedatangan Pierre-Emerick Aubameyang dan seabrek rekrutan anyar musim panas ini.

Edouard Mendy Aman

Posisi kiper memang relatif aman dibandingkan rekan-rekannya yang bermain di lini belakang, tengah, dan depan.

Meski belum lama ini melakukan blunder saat Chelsea kalah dari Leeds United, tidak menjadikan pemain asal Prancis tersebut tersisih di skuad Thomas Tuchel.

Baca Juga

Apalagi, selama ini Edouard Mendy sudah melakukan tugasnya dengan baik sebagai penjaga gawang, menggantikan Kepa Arrizabalaga yang nasibnya mulai tidak jelas di Chelsea.

Menanti Penampilan Wesley Fofana

Didatangkan dari Leicester City, pemain yang satu ini diprediksi bakal jadi salah satu tembok kokoh di pertahanan Chelsea.

Klub pun nampak yakin bisa menyimpan Wesley Fofana sebagai aset bek mereka untuk jangka waktu panjang, terlihat dari durasi kontrak 7 tahun yang telah disepakati antara kedua belah pihak.

Baca Juga

Keberadaannya bersama Kalidou Koulibaly diharapkan bisa memperbaiki pertahanan Chelsea yang sudah ditinggal Antonio Rudiger dan Andreas Christensen - dan sudah kebobolan 8 kali musim ini.

Tentu patut dinanti penampilan Wesley Fofana ditemani Kalidou Koulibaly dan Thiago Silva di skema 3-4-3 Thomas Tuchel.

 

2. Siap-Siap Lihat Aubameyang

Para pemain Chelsea mendengarkan arahan Thomas Tuchel di laga kontra Southampton (31/08/22). Foto: REUTERS/David Klein.

Marc Cucurella yang Fleksibel

Satu lagi pemain baru yang mendarat ke Chelsea di bursa transfer musim ini dengan nilai yang patut diperhitungkan.

Tidak seperti Kalidou Koulibaly, Marc Cucurella yang sejatinya seorang bek sayap kiri namun piawai bermain di berbagai posisi, akan menjadi tambahan amunisi berharga bagi Thomas Tuchel.

Baca Juga

Ia bisa menggantikan peran Marcos Alonso di sisi kiri setelah pemain asal Spanyol tersebut hengkang ke Barcelona.

Di sisi lain, jika bermain dengan skema 4 bek, ia bisa ditempatkan sebagai bek kiri dengan Kalidou Koulibaly dan Thiago Silva plus Cesar Azpilicueta, seperti susunan pemain Chelsea saat melawan Southampton Selasa lalu.

Namun jika tidak, ia menjadi bek sayap kiri dengan Reece James di sebelah kanan. Formasi 3-4-3 The Blues di lini tengah pun akan dilengkapi N’Golo Kante dan Jorginho.

Baca Juga

Pierre-Emerick Aubameyang

Publik Liga Inggris pasti akan sangat menanti penampilan sosok yang satu ini ketika berseragam The Blues di lapangan nantinya.

Namun sebelum berjumpa sang mantan, Arsenal, pada 5 November mendatang, ia harus beradaptasi dengan tim barunya ini.

Tentu saja, nama Pierre-Emerick Aubameyang dan Raheem Sterling bakal langsung disebut pertama kali di daftar tiga pemain terdepan Chelsea.

Baca Juga

Dengan demikian, situasi ini pun menyisakan satu tempat lagi yang mana bisa diperebutkan oleh Kai Havertz dan Mason Mount.

Jadi, siap melihat kehebatan Pierre-Emerick Aubameyang lagi di Liga Inggris bersama Chelsea?

ChelseaLiga Primer InggrisPierre-Emerick AubameyangLiga InggrisOne Football

Berita Terkini