x

DPR Setuju Naturalisasi, Jordi Amat dan Sandy Walsh Bentar Lagi Jalani Sumpah WNI

Jumat, 2 September 2022 15:56 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Sandy Walsh dan Jordi Amat. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Komisi X DPR RI resmi menyetujui naturalisasi dua pemain yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh. Keputusan itu dibuat pada rapat kerja dengan Menpora, Zainudin Amali, dan PSSI di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (1/9/22).

Sebelum diputuskan, Menpora dan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memaparkan terkait dasar hukum dan alasan naturalisasi kedua pemain tersebut.  

Baca Juga

Jordi dan Sandy dilaporkan memiliki garis keturunan dari nenek dan kakeknya. Secara teknis dan kualitas, keduanya dibutuhkan oleh timnas dan memang direkomendasikan oleh pelatih Shin Tae yong.

“Kedua pemain ini memiliki kakek dan nenek yang lahir di Indonesia, yakni di Purworejo dan Makassar,” ujar Menpora Zainudin Amali.

Setelah mendengar penjelasan Menpora dan Ketua PSSI, berbagai fraksi kemudian menyampaikan pandangan, catatan, dan persetujuan terhadap proses naturalisasi tersebut. 

Baca Juga

“Dengan ini Komisi X DPR menyetujui terkait naturalisasi pemberian kewarganegaraan terhadap Jordi Amat dan Sandy Walsh,” ungkap Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, selaku pimpinan rapat. 

Setelah disetujui Komisi X DPR RI, proses naturalisasi Jordi dan Sandy tinggal selangkah lagi. Keduanya tinggal menunggu surat keputusan dari Presiden Joko Widodo lalu mengucapkan sumpah WNI di Kantor Kemenkumham.

Sebelumnya, proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh juga telah mendapatkan persetujuan dari Komisi III DPR RI.

Baca Juga

“Saya ucapkan selamat, sebentar lagi jadi WNI. Semoga Sandy dan Jordi bisa membawa timnas Indonesia berprestasi di kompetisi mendatang," ucap Syaiful Huda, Ketua Komisi X DPR RI.

"Publik sepak bola Indonesia sangat berharap Sandy dan Jordi bisa memberi yang terbaik bagi prestasi Timnas Indonesia," lanjutnya.


1. Ketum PSSI Bersyukur

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (28/08/22). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan bersyukur bahwa Komisi III dan X DPR RI menyetujui proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh. 

“Alhamdulillah terima kasih untuk Presiden Joko Widodo, Menpora, Komisi X, Komisi III, dan semua pihak yang membantu proses naturalisasi Jordi dan Sandy. Semoga dengan bergabungnya mereka dapat menambah kekuatan timnas Indonesia," tutur Mochamad Iriawan. 

Baca Juga

Jika bisa jadi WNI dalam waktu dekat, Jordi Amat dan Sandy Walsh diproyeksikan ikut dua laga penting FIFA match day pada 24 dan 27 September mendatang. Timnas Indonesia akan melawan Curacao. 

Baca Juga

Jordi Amat saat ini memperkuat klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim. Sementara, Sandy Walsh bermain untuk klub Belgia KV Mechelen.


2. Shayne Pattynama

Calon pemain naturalisasi, Shayne Pattynama. Foto: PSSI

Selain Jordi dan Sandy, masih ada satu nama yang diajukan PSSI untuk dinaturalisasi, yakni Shayne Pattynama. Berkasnya kini masih diproses oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). 

PSSI telah mengajukan Shayne Pattynama untuk dinaturalisasi. Pemain kelahiran Belanda itu paling belakangan menjalani prosedur wawancara dengan Badan Intelejent Negara (BIN), tapi diupayakan bisa dibahas di DPR bulan ini. 

Baca Juga

Di sisi lain, Wamenkumham, Edward Hiariej menyampaikan akan mengawal proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh agar bisa secepatnya bermain untuk timnas Indonesia. Administrasi keduanya akan selesai dalam waktu dua minggu ke depan. 

NaturalisasiDPR RITimnas IndonesiaLiga IndonesiaSandy WalshBola IndonesiaMochamad IriawanZainudin AmaliBerita Timnas IndonesiaJordi AmatOne Football

Berita Terkini