x

Liga 1: Sempat Absen Lawan PSM, Ini Kondisi Terkin Bek Persib Nick Kuipers

Jumat, 2 September 2022 14:47 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Bek Persib Bandung, Nick Kuipers.

INDOPSORT.COM - Bek andalan Persib Bandung, Nick Kuipers, mengaku kondisinya sudah semakin membaik dan bisa berlatih untuk persiapan pekan kedelapan Liga 1 2022-2023.

Menurut Nick Kuipers, kondisi kebugarannya saat ini sudah bagus dan tidak ada keluhan bisa menjalankan program latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Kamis (01/09/22).

Baca Juga

"Sudah lebih baik sekarang. Pekan lalu tidak bagus, saya sakit tapi hari ini memang saya perlahan sudah memulai lagi dan sudah membaik," kata Nick Kuipers setelah menjalankan program latihan bersama tim di Stadion Persib.

Sebagai informasi, Nick Kuipers sempat absen pada pertandingan pekan ketujuh kompetisi Liga 1 2022-2023 menghadapi PSM Makassar di Stadion B.J. Habibie Parepare, Sulawesi Selatan, Senin (29/08/22) malam.

Baca Juga

Pemain yang menggunakan nomor punggung 2 itu, tidak dibawa ke Parepare oleh skuat Maung Bandung, karena kondisinya tidak bugar, sehingga untuk pertama kalinya Nick Kuipers absen memperkuat Persib di Liga 1 2022-2022.

Sebelumnya pada enam pertandingan kompetisi Liga 1 2022-2023, Nick Kuipers selalu menjadi andalan di lini pertahanan skuat Maung Bandung dan bermain sebagai starter.

Dokter tim Persib yakni Raffi Ghani mengungkapkan alasan Nick Kuipers tidak dibawa ke Parepare untuk menghadapi PSM Makassar.

"Untuk Nick sebelumnya tidak disertakan ke Parepare, karena yang bersangkutan mengeluh sakit tenggorokan dan ada lemas," ucap Raffi.

Baca Juga

Nick Kuipers terpaksa tidak dibawa ke Parepare dan diberi waktu untuk beristirahat, agar kondisi kebugaran kembali pulih.

"Setelah dilakukan pemeriksaan H-1 sebelum berangkat kan dia datang dan ketika dilakukan pemeriksaan dia memang sakit dan butuh istirahat untuk pemulihannya jadi tidak disertakan ke Parepare," jelas Raffi.


1. Luis Milla Pimpin Latihan untuk Pertama Kalinya di Bandung

Pelatih anyar Persib Bandung, Luis Milla, dikenalkan manajemen kepada media di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (22/08/22).

Sementara itu, Pelatih Persib Bandung, Luis Milla, untuk pertama kalinya memimpin latihan skuat Maung Bandung di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Kamis (01/09/22). 

Sesi latihan tersebut, menjadi yang pertama bagi Luis Milla memimpin program latihan Persib di Bandung. Sebelumnya, mantan pelatih timnas Indonesia itu sudah sempat memberikan materi pada official training sebelum menghadapi PSM Makassar.

Baca Juga

Namun, pada saat pertandingan menghadapi PSM di Stadion B.J. Habibie Parepare, Sulawesi Selatan, Senin (29/08/22) malam, Luis Milla tidak dapat mendampingi tim di bench lantaran kondisinya kurang sehat.

Pada saat memimpin latihan perdana di Bandung, Luis Milla, memberikan program untuk meningkatkan kondisi fisik Achmad Jufriyanto dan kawan-kawan serta dikombinasikan dengan menggunakan bola.

Baca Juga

Menurut Luis Milla, tim kebanggaan Bobotoh ini perlu ditingkatkan kondisi fisiknya, agar pada pertandingan selanjutnya skuat Maung Bandung bisa tampil lebih baik lagi.

"Kami melakukan latihan fisik, resistensi dengan bola dan ide dari saya adalah banyak perhatian terhadap bola. Tapi saya juga paham bahwa tim ini butuh peningkatan di level fisik," kata Luis Milla setelah memimpin latihan di Stadion Persib.

Selain meningkatkan kondisi fisik, skuat Maung Bandung akan diasah taktik dan strategi, materi latihan tersebut bakal diberikan Luis Milla pada sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kamis (01/09/22) sore.

Baca Juga

Materi taktik dan strategi diberikan, agar pada pertandingan nanti skuat Maung Bandung mengerti konsep yang disiapkan olehnya. Apalagi, Luis Milla merupakan pelatih anyar di tim Persib.

"Jadi pagi ini kami berlatih fisik lalu nanti sore melatih taktik untuk bisa diimplementasikan, mereka butuh memahami konsep dari tim," ucap Luis Milla.


2. Butuh Proses

Penyerang PSM Makassar, M Ramadhan Sananta, bersiap melepas sepakan first time yang merobek gawang Persib Bandung dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/23. Foto: Adriyan Adirizky R/INDOSPORT

Pelatih asal Spanyol ini menyadari, butuh proses dan waktu baginya untuk menerapkan strategi yang disiapkan olehnya. Pasalnya, dia baru bergabung dengan tim.

Meski demikian, Luis Milla merasa optimis penampilan skuat Maung Bandung bakal lebih baik lagi dan tampil maksimal pada pertandingan selanjutnya di kompetisi Liga 1 2022-2023.

"Saya rasa ini normal saat ada seorang pelatih baru yang tiba, pelatih tersebut perlu waktu, perlu mengimplementasikan idenya. Ini merupakan (program) yang pertama yang dibuat bagi tim," tegas Luis Milla.

Baca Juga
Persib BandungPSM MakassarCederaLiga IndonesiaLiga 1Nick Kuipers

Berita Terkini