x

Kinerja Wasit Zetman Pangaribuan Disorot, Persik Kediri Serahkan Penilaian ke Komite Wasit

Sabtu, 3 September 2022 14:00 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Ady Eko Jayanto dapat kartu merah di laga PSM Makassar vs Persik Kediri. Foto: PSM Makassar vs Persik Kediri

INDOSPORT.COM - Kinerja wasit Zetman Pangaribuan selaku pengadil lapangan hijau mendapat sorotan tajam saat memimpin laga Liga 1 antara Persik Kediri vs PSM Makassar di Stadion Brawijaya, Jumat (2/9/22).

Sorotan yang tertuju paling tajam adalah soal kartu merah yang diterima Willem Jan Pluim pada akhir babak pertama.

Baca Juga

Padahal, kapten tim PSM Makassar itu baru saja memperoleh kartu kuning pada menit 45 karena dinilai melakukan pelanggaran secara keras.

Namun diduga melayangkan provokasi verbal, Zetman tak segan langsung mengganjarnya dengan kartu merah tanpa melalui kartu kuning kedua.

Hal ini lantas dikeluhkan oleh pihak tim berjulukan Juku Eja. Pelatih tim, Bernardo Tavares, bahkan lebih banyak mengupas perihal kinerja wasit selama post-match press conferrence selepas laga.

Baca Juga

Seratusan suporter PSM yang hadir di Stadion Brawijaya pun ikut emosi. Mereka lantas meneriakkan "Mafia" ketika perangkat wasit berjalan memasuki lorong baik saat turun minum maupun setelah peluit panjang.

Di satu sisi, kinerja Zetman juga cukup merugikan Persik Kediri. Tim ofisial Persik bahkan berkali-kali berdiri dari bench dan menunjukkan gestur tak puas dengan keputusannya.

Yang paling kentara adalah kartu merah Ady Eko Jayanto pada menit 82. Gelandang andalan Persik itu sebelumnya mendapat kartu kuning pada menit 75.

Baca Juga

Namun jika dicermati, Zetman Pangaribuan tampaknya salah dalam memberikan ganjaran kartu kuning kepada Ady Eko Jayanto.

Dalam tayangan ulang, Ady sama sekali tidak mengganjal pergerakan Yance Sayuri. Justru, Riyatno Abiyoso yang terlihat melanggar bek kanan PSM Makassar itu.


1. Serahkan ke Komite Wasit

Rasyid Bakri dalam duel udara di laga PSM Makassar vs Persik Kediri. Foto: PSM Makassar vs Persik Kediri

Pihak Persik Kediri sebetulnya juga tak sepakat dengan sanksi kartu merah yang diterima Ady Eko Jayanto. Situasi yang menyebabkan Persik kehilangan satu pemain pada sisa laga.

Namun, Jan Saragih tampaknya juga sudah malas untuk mengomentari kinerja pengadil lapangan hijau, khususnya Zetman Pangaribuan.

"Saya kira semua (penonton) sudah melihat (kepemimpinan wasit). Suara saya juga sampai habis," beber Asisten Pelatih Persik Kediri, Jan Bonardin Saragih.

Dia pun menyerahkan semua penilaian terhadap wasit kepada pihak yang lebih berwenang, dalam hal ini Komite Wasit.

"Komite Wasit juga saya rasa juga melihat. Jadi, mari kita sama-sama mengevaluasi (kinerja wasit)," tambah eks asisten pelatih Persija Jakarta tersebut.


2. Hasil Liga 1 Persik Kediri vs PSM Makassar

Prediksi pertandingan antara Persik Kediri vs PSM Makassar (BRI Liga 1).

Berikut ini adalah hasil Liga 1 Indonesia 2022/2023 pekan delapan dimana Persik Kediri vs PSM Makassar digelar pada Jumat (02/09/22) malam WIB.

Dengan diwarnai sejumlah drama, kontroversi, dan satu kartu merah untuk masing-masing tim, pertandingan berakhir imbang tanpa gol.

Meski masih tanpa Everton Nascimento dan bermain di kandang lawan, namun PSM tampak lebih dominan di babak pertama.

Berulang kali Juku Eja bisa menebar ancaman lewat Yuran Fernandes, Wiljan Pluim, Ramadhan Sananta, juga kakak beradik Yance dan Yakob Sayuri.

Hanya saja Persik Kediri sepertinya masih dinaungi oleh keberuntungan. Gawang kawalan Dikri Yusron masih aman dari kebobolan hingga masa injury time tiba.

Justru PSM Makassar yang ketiban sial usai kapten sekaligus playmaker mereka di Lgia 1, Willem Jan Pluim, diusir oleh wasit dari lapangan saat turun minum.

Baca Selengkapnya: Hasil Liga 1 Persik Kediri vs PSM Makassar: Drama 2 Kartu Merah, Juku Eja Batal ke Puncak

Persik KediriPSM MakassarWasitLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Komite Wasit

Berita Terkini