x

Sebelum AS Roma, Mourinho Juga Pernah Kalah Telak saat Latih Real Madrid dan Man United

Senin, 5 September 2022 21:46 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Subhan Wirawan
Selain AS Roma yang dihancurkan Udinese di Liga Italia, Jose Mourinho ternyata juga sempat mengalami kekalahan besar saat melatih Man United dan Real Madrid

INDOSPORT.COM – Selain AS Roma yang dihancurkan Udinese di Liga Italia (Serie A), Jose Mourinho ternyata juga sempat mengalami kekalahan besar saat melatih Man United dan Real Madrid.

Jose Mourinho memang dikenal sebagai salah satu pelatih terkemuka di sepak bola Eropa, mengingat dirinya sempat melatih beberapa tim Liga top Eropa.

Baca Juga

Pelatih asal Portugal ini dikenal pertama kali di Eropa kala menangani FC Porto di awal tahun 2000-an yang membuat namanya harum dengan satu gelar Liga Champions.

Mourinho kemudian melakukan invasi ke Inggris dengan menangani proyek ambisius Chelsea yang menghasilkan beberapa gelar Liga Inggris.

Selepas menangani Chelsea, Jose Mourinho kemudian mencoba menangani tim Liga Italia, Inter Milan yang kemudian memberikannya tiga gelar dalam semusim.

Baca Juga

Raihan Mourinho tersebut belum bisa diulangi sampai sekarang, tepatnya manakala pelatih asal Portugal ini menangani AS Roma.

Namun demikian, karier Jose Mourinho lebih banyak ternoda di klub selepas Inter Milan, mengingat ada tiga klub lagi yang ditangani selanjutnya.

Noda itu adalah kekalahan besar dengan empat gol atau lebih dalam satu pertandingan. Salah satunya dialami oleh Jose Mourinho dan timnya, AS Roma dari Udinese.

Baca Juga

Udinese yang di partai pertama Liga Italia musim 2022/2023 dikalahkan oleh AC Milan pada hari Senin (05/09/22) dini hari mampu menggulung AS Roma dengan skor 4-0.

Empat gol Il Zebrette dikemas oleh Destiny Udogie, Lazar Samardic, Roberto Pereyra, dan Sandi Lovric.


1. Kekalahan Memalukan Tim Besutan Mourinho, Ada Manchester United dan Real Madrid

Akan ada efek domino usai pengumuman Jose Mourinho melatih Tottenham Hotspur, Rabu (20/11/19) kemarin dan akan menyeret Real Madrid dan Manchester United.

Tentunya, kekalahan besar 4-0 AS Roma atas Udinese yang dilatih oleh Andrea Sottil ini menjadi noda dalam karier kepelatihan Jose Mourinho, yang dikenal sebagai pelatih besar.

Kekalahan memalukan ini seolah mengulangi noda karier Jose Mourinho sebelumnya yang didapat saat menangani Real Madrid dan Manchester United.

Baca Juga

Dilansir dari Football Italia, Real Madrid besutan Jose Mourinho sempat mendapat kekalahan memalukan dari Barcelona pada 2010.

Kala itu, Los Blancos harus kalah 0-5 dari Barcelona yang kala itu dilatih oleh Pep Guardiola di Liga Spanyol.

Kekalahan besar Jose Mourinho agaknya berlanjut manakala The Special One kembali ke Liga Inggris, tepatnya kala menangani Manchester United.

Baca Juga

Kala itu, Antonio Conte jadi orang kedua yang membantai Jose Mourinho bersama dengan Chelsea yang mengalahkan Manchester United dengan skor 4-0.

Kerapnya Jose Mourinho menerima kekalahan besar dalam kariernya tentu menjadi noda yang sulit dihilangkan, mengingat karier pelatih asal Portugal ini cenderung masih cukup panjang.

Namun demikian, kekalahan paling memalukan Jose Mourinho sepanjang kariernya adalah saat AS Roma kalah dari tim Norwegia, Bodo/Glimt di UEFA Conferece League 2021/2022 dengan skor 6-1.


2. Kekalahan AS Roma dari Udinese di Liga Italia Bikin Jose Mourinho Lega

Massimiliano Allegri (kiri) dan Jose Mourinho bertemu di laga Juventus vs AS Roma (27/08/22). (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Jose Mourinho mengaku sangat lega meskipun tim besutannya AS Roma baru saja ditaklukkan Udinese 4-0 pada lanjutan Liga Italia.

 AS Roma harus menanggung malu kala bertandang ke markas Udinese di laga lanjutan Liga Italia karena kalah 2-0.  Udinese menghajar skuad Jose Mourinho  dengan empat gol tanpa balas.

Secara umum, AS Roma sebenarnya cukup mendominasi penguasaan bola. Namun lini serang mereka payah sekali dalam hal penyelesaian.

Baca Selengkapnya: AS Roma Dihajar Udinese 4-0, Jose Mourinho Malah Merasa Lega, Kenapa?

Real MadridManchester UnitedJose MourinhoAS RomaLiga Italia

Berita Terkini