x

Manuel Akanji Debut Manchester City, Guardiola: Pemain Hebat dan Cerdas!

Rabu, 7 September 2022 19:30 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:

INDOSPORT.COM – Manajer Manchester City, Pep Guardiola memberikan sanjungan tinggi soal penampilan mengesankan Manuel Akanji dalam laga debutnya untuk Manchester City.

Bek Timnas Swiss itu memang baru saja tampil pertama kalinya untuk Man City di ajang Liga Champions saat menghadapi Sevilla.

Baca Juga

Laga perdana Grup G Liga Champions antara Sevilla vs Manchester City baru saja dimainkan di Ramon Sanchez Pizjuan, Rabu (07/09/22) dini hari tadi.

Pertandingan tersebut berlangsung sangat timpang, dengan Man City benar-benar mendominasi laga sejak awal. Alhasil, skuat asuhan Guardiola berhasil menekuk tuan rumah dengan skor 0-4.

Kemenangan besar 4-0 The Citizens atas Sevilla tadi pagi ternyata menjadi momen yang mungkin tidak akan dilupakan oleh salah satu pemain anyar, Manuel Akanji.

Baca Juga

Mantan pemain Borussia Dortmund itu memainkan laga debutnya untuk Man City selama 90 menit penuh dan berhasil jadi rekan duet Ruben Diaz dengan penampilan mengesankan.

Mengingat dia baru saja bergabung ke skuat juara bertahan Liga Inggris itu, Pep Guardiola pun tidak segan-segan memberinya pujian setinggi langit.

“Dia baru berlatih satu setengah hari loh bersama kami, tapi dia sudah menunjukkan pengalaman yang dimiliki selama di Dortmund. Dia sudah menunjukkan kepantasan sebagai seorang bek tengah Manchester City,” kata Guardiola dikutip dari laman resmi klub.

Baca Juga

Lebih lanjut lagi, Guardiola menyebut dengan usia Akanji yang sudah menginjak 27 tahun, sang pemain amat dewasa di dalam dan luar lapangan.

“Usianya 27 tahun, dan dia telah menjadi pemain yang dewasa. Jadi itu sangat bagus untuknya dan tentunya bagi kami,” ucap Guardiola.


1. Guardiola Bandingkan Akanji dan Laporte

Pep Guardiola saat memimpin Manchester City di ajang Piala FA melawan Fulham (05/02/22). (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

Jika melihat penampiilan Akanji bersama Manchester City saat kontra Sevilla, memang pujian layak dia dapatkan.

Dia tampak tenang dengan bola, sukses melakukan beberapa intercept di barisan pertahanan dan bahkan sesekali juga menjadi ancaman di depan gawang Juventus.

Baca Juga

Semua atribut yang ditunjukkan oleh Akanji selama 90 menit penuh kontra Sevilla itu pun diakui oleh Guardiola dalam konferensi pers.

Pelatih asal Spanyol itu bahkan tidak segan membandingkan sang bek dengan rekannya di posisi yang sama, yakni Aymeric Laporte, yang beberapa musim terakhir jadi andalan The Citizens.

“Ya, dia melakukannya dengan sangat baik, dia fokus dan terus memperhatikan lawan. Saya melihatnya, dia hampir mirip dengan Aymer (Laporte). Dia bisa menerobos formasi lawan dengan umpannya, dia melihat ruang dengan sangat baik, saya sangat senang kami merekrutnya,” jelas Guardiola.

Baca Juga

Tidak lupa juga, Guardiola menyampaikan ucapan terima kasih kepada manajemen Man City sudah memberinya pemain bagus seperti Akanji di bursa transfer musim panas 2022.

Akanji sendiri, mengaku sangat bahagia dengan penampilan debutnya untuk Manchester City dan juga berterima kasih kepada semua orang yang sudah mendukung.

“Semua orang di sini memberikan dukungan luar biasa sejak hari pertama saya bergabung dengan klub. Saya sangat bahagia,” kata Akanji di laman resmi klub.

Baca Juga

Jika penampilan luar biasa Akanji terus konsisten, tentu Manchester City akan memiliki pemain murah dan berpengalaman.

Pasalnya ketika didatangkan dari Dortmund, Man City hanya mengeluarkan uang sebesar 15 juta pounds untuk memboyong Akanji ke Etihad Stadium.


2. Debut Akanji di Man City Sempat Tertunda

Manuel Akanji saat membela Timnas Swiss.

Manuel Akanji didatangkan dari Borussia Dortmund dengan banderol 17,5 juta poundsterling. Padahal sang pemain kencang diisukan akan merapat ke Inter Milan.

Akan tetapi Manchester City yang melihat celah, langsung menikungnya dari perburuan Inter Milan sehingga sang pemain menjadi milik mereka pada bursa transfer musim panas ini.

Meski sudah bergabung sejak beberapa waktu lalu, namun Akanji harus menunda hasratnya bisa tampil perdana untuk klub barunya itu. 

Padahal ada peluang untuk Akanji bisa tampil debut, saat Manchester City melakoni laga pekan ke-6 Liga Inggris melawan Aston Villa pada akhir pekan kemarin.

Sayang Pep Guardiola lebih memilih mengistirahatkannya. Ia mengaku kalau pemainnya sedang izin alasan keluarga.

Baca selengkapnya: Bek Baru Manchester City Akhirnya Tak Makan Gaji Buta karena Siap Tampil di Liga Champions

Manchester CityLiga ChampionsSevillaPep GuardiolaManuel Akanji

Berita Terkini