x

Liga 1: Teco Bongkar Kondisi Pilar Bali United, Hariono-Gunawan Siap Mentas Lagi

Kamis, 8 September 2022 19:25 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Hariono melewati pemain Persib Bandung

INDOSPORT.COM - Bali United mendapatkan tambahan amunisi menjelang bersua Dewa United dalam laga pekan ke-9 Liga 1 Indonesia 2022-2023, Sabtu (10/9/22). Hariono dan Gunawan Dwi Cahyo dipastikan telah pulih dari cedera.

Gunawan absen cukup lama dari Bali United gara-gara dibekap cedera lutut pasca-Piala Menpora 2021. Dia menjalani operasi di Bali pada pertengahan 2021.

Baca Juga

Operasi itu membuat pemulihan berjalan lama, sehingga terpaksa absen sepanjang musim 2021-2022. Barulah pada awal 2022-2023, Gunawan Dwi Cahyo dipastikan sembuh 100 persen.

Situasi bagus ini ditambah dengan kembalinya Hariono. Gelandang asal Sidoarjo mengalami cedera pada bagian lutut saat Piala Presiden 2022. Dia absen sepanjang hajatan Piala AFC dan delapan laga Liga 1 2022-2033.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, memastikan tenaga Hariono dan Gunawan sudah bisa dimaksimalkan lagi. Namun, ia akan memberi mereka kesempatan secara bertahap.

Baca Juga

"Hariono dan Gunawan Dwi Cahyo sudah ikut latihan seperti biasa. Tidak ada yang cedera," kata Teco, sapaan akrab Stefano Cugurra, Rabu (7/9/22).

Meski begitu, Hariono dan Gunawan kemungkinan besar tak bisa langsung diandalkan dalam laga melawan Dewa United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (10/9/22).

Cedera Hariono dan Gunawan barangkali sudah pulih, tapi keduanya punya kewajiban untuk menyamai level kebugaran dan teknik rekan setim. Di pos gelandang bertahan sudah ada Brwa Nouri, Ahmad Agung, dan Rizky Pellu.

Baca Juga

Sementara posisi bek tengah yang jadi spesialisasi Gunawan, Bali United menyimpan Willian Pacheco, Leonard Tupamahu, Haudi Abdillah, Jajang Mulyana, dan I Komang Tri Arta Wiguna.

"Sekarang mereka harus fokus untuk memperbaiki kondisi fisik, teknik. Harus balik lagi," tutur pelatih juara Liga 1 tiga musim beruntun itu (2018, 2019, 2021-2022).


1. Sidik Saimima

Muhammad Sidik Saimima saat berpose dengan replika piala juara Liga 1 di Bali United Megastore. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Progres juga ditunjukkan gelandang Muhammad Sidik Saimima. Eks pilar PSS Sleman ini dibekap cedera pada awal persiapan musim ini, sehingga membuat proses terapi harus dilakukan hingga ke Jakarta.

Baca Juga

Kini, Saimima sudah menjalani program bersama tim fisioterapis Bali United. Saimima dalam progres yang bagus untuk segera kembali jadi andalan lini tengah Bali United.

Baca Juga

"Saimima masih kerja bersama tim fisio, ada terapi dari tim, tapi saya lihat prosesnya sudah lebih bagus dari sebelumnya," tutur Teco.


2. Rahmad dan Irja Cedera

Tackle bek Persebaya, Rizky Ridho pada Winger Bali United, Irfan Jaya. Gara-gara tackle ini, Irfan Jaya mengalami cedera retak tulang fibula. Foto: Bali United

Progres ini terjadi pada waktu yang tepat. Pasalnya, ada dua pilar yang gantian menepi karena mengalami cedera saat bersua Persebaya Surabaya di Gelora Bung Tomo, Jumat (2/9/22) lalu.

M Rahmat mengalami cedera pada bagian sendi bahu yang membuatnya absen hingga tiga pekan atau sepanjang September ini.

Sementara Irfan Jaya mengalami cedera retak tulang fibula. Tim dokter memprediksi Irfan Jaya harus istirahat hingga delapan pekan sebelum kembali gabung sesi latihan.

Baca Juga

"Mudah-mudahan dua pemain yang  cedera, Irfan Jaya dan Rahmat bisa sembuh. Mudah-mudahan bisa lebih cepat dari prediksi," tutur Teco.

Untuk menambah pasukan sektor sayap di sesi latihan, Bali United memanggil penggawa U-20, Rahmat Arjuna. Pemain asal Sulawesi ini merupakan pemain terbaik Elite Pro Academy (EPA) U-18 2021.

HarionoGunawan Dwi CahyoBali UnitedLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Dewa United FCLiga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini