x

Youtuber Korea Ungkap 3 Faktor Asnawi Mangkualam Diparkir Ansan Greeners, Cedera Kepala?

Selasa, 13 September 2022 13:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Asnawi Mangkualam, pemain Timnas Indonesia. Foto: Instagram@asnawi_bhr

INDOSPORT.COM - Youtuber Korea, BaPPuda Family mengungkapkan tiga faktor yang membuat Asnawi Mangkualam absen di laga Ansan Greeners vs Bucheon 1995.

Pertandingan pekan ke-35 K-League 2 antara Ansan Greeners vs Bucheon 1995 dihelat di Bucheon Stadium, Minggu (11/9/22). Skor berimbang 3-3.

Baca Juga

Dalam pertandingan tersebut, tak ada nama Asnawi Mangkualam dalam daftar susunan pemain. Bahkan, di bangku cadangan pun tak ada nama bek asal Indonesia tersebut.

Konten kreator asal Korea yang juga fasih berbahasa Indonesia, BaPPuda Family menduga ada tiga faktor yang membuat Asnawi akhirnya tak diandalkan oleh Ansan.

"Satu, diistirahatkan untuk gabung Timnas. Kedua, Asnawi ada kemungkinan cedera kepala. Ketiga, Ansan butuh perombakan tim untuk menutup season tanpa Asnawi."

Baca Juga

Ya, Asnawi tentu saja dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk memperkuat Tim Nasional Indonesia, jelang turnamen Piala AFF 2022.

"Satu kemungkinan yang lumayan bisa kita tebak adalah Asnawi sengaja diistirahatkan menjelang gabung Timnas, untuk mengikuti Mitsubishi Cup, Oktober nanti," jelasnya.

Timnas Indonesia melakukan persiapan di bulan Oktober, sementara Piala AFF 2022 sendiri akan digelar mulai 20 Desember.

Baca Juga

"Lah kok istirahatnya cepet amat, kan masih jauh event ini. Nah, yang namanya istirahat itu bukan hanya recovery stamina, tapi juga mencegah cedera," jelas Jung, sang host.

"Bucheon ini lumayan keras mainnya, otomatis berisiko buat Asnawi. Di daftar cadangan pun Asnawi tidak ada, berarti mungkin ada faktor kedua," tambahnya.


1. Asnawi Kena Benturan Keras, Diduga Cedera

Asnawi Mangkualam harus ditandu keluar lapangan karena alami cedera pada laga uji coba Timnas Indonesia vs Bangladesh di Si Jalak Harupat, Rabu (01/06/22).

Adapun salah satu faktor yang membuat Asnawi Mangkualam tak masuk dalam line up pemain Ansan Greeners, kemungkinan jika ia mengalami cedera hebat di kepala.

Pekan sebelumnya, ketika Ansan Greeners menghadapi Busan IPark, Asnawi sempat mengalami benturan, kepala bagian kiri terkena lutut lawan yang berlari kencang.

Baca Juga

"Pada pertandingan lawan Busan kemarin, Asnawi pada menit-menit akhir sempat ditarik oleh lawan sampai terjatuh, tidak sengaja kepalanya terbentur sangat keras."

"Kita harap jangan ada masalah sampai ke bagian tulangnya, misalnya retak, semoga tidak sampai seperti itu. Walau tidak retak, ini bukan cedera yang ringan," jelas Jung.

Hanya saja, baik dari media Korea maupun Indonesia, belum ada yang menyebutkan bahwa Asnawi mengalami cedera kepala.

Baca Juga

Maka, kemungkinan lainnya mengapa bek asal Sulawesi Selatan itu tidak dimainkan, adalah strategi pelatih untuk mencari pelapis Asnawi hingga akhir musim.

"Ketiga, Ansan butuh sesi percobaan untuk strategi buat match di akhir season tanpa Asnawi. Masih ada lima pertandingan lagi."

"Melihat daftar pemain yang dipersiapkan untuk mengganti posisi Asnawi, namanya baru-baru semua, pemain lapisan kedua yang jarang dimainkan," ungkap Jung.

Baca Juga

"Artinya, pelatih perlu tes mereka biar lima pertandingan saat Asnawi nggak ada, siapa yang bisa dipakai sebagai replacement," ungkap pemilik akun BaPPuda Family itu.

Namun sekali lagi, hal ini hanya bersifat dugaan. Asnawi Mangkualam sendiri tak menyebutkan alasan mengapa ia absen saat Ansan menghadapi Bucheon 1995.


2. Nasib Asnawi di Ansan Greeners

Pemain Indonesia, Asnawi Mangkualam Bersama Ansan Greeners

K-League 2 hanya menyisakan lima pertandingan saja, sehingga sepertinya target Ansan Greeners untuk promosi ke K-League 1 tidak lagi realistis.

Target ini semakin menyulitkan karena Chungnam memiliki satu sisa pertandingan lebih banyak dibandingkan Ansan Greeners.

Maka dari itu, pelatih Lim Jong-heon juga mengubah targetnya, yakni ingin menyamai capaian musim lalu, di peringkat ketujuh.

Peran Asnawi Mangkualam cukup penting dalam pencapaian Ansan Greeners musim ini. Ia mencetak dua gol dan dua assist.

Dengan kontrak yang masih berlaku hingga Desember 2023, Asnawi Mangkualam punya setidaknya semusim lagi bersama Ansan, untuk membantu tim promosi ke K-League 1.

Timnas IndonesiaCederaBola InternasionalAsnawi Mangkualam BaharK-LeagueYoutubeBerita Timnas IndonesiaAnsan Greeners

Berita Terkini