x

4 Predator di Curacao yang Berpeluang Bikin Kiper Timnas Indonesia Pungut Bola Terus

Rabu, 14 September 2022 17:43 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi gol pemain Curacao pada CONCACAF Gold Cup 2019. Foto: The Bent Musket

INDOSPORT.COM - Ada empat pemain timnas Curacao yang berpotensi jadi ancaman bagi gawang Timnas Indonesia dalam laga uji coba resmi FIFA.

Pertandingan uji coba resmi internasional atau FIFA Matchday akan berlangsung pada bulan September 2022 ini.

Baca Juga

Timnas Indonesia akan berpartisipasi dalam melakukan uji tanding melawan negara lain, demi meningkatkan ranking FIFA dan juga sebagai tolok ukur kekuatan jelang turun di Piala AFF 2022 dan Piala Asia 2023.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun berharap kepada asosisasi sepak bola Indonesia, PSSI, untuk mencarikan lawan uji coba resmi FIFA yang lebih berkualitas kekuatannya.

“Masih dalam komunikasi dengan PSSI untuk mencari tim dengan peringkat 50-100 (di FIFA Matchday),” ujarnya kepada awak media bulan Juni lalu. 

Baca Juga

Saat ini, Timnas Indonesia sendiri menempati posisi ke-155 ranking FIFA. Lawan dengan ranking yang jauh lebih tinggi diperlukan demi meraih poin yang lebih banyak.

Beberapa negara sempat masuk dalam daftar sebagai calon lawan tanding Timnas Indonesia di laga uji coba pada September ini.

Mulai dari Vietnam hingga Palestina. Kini muncul tiga calon lawan terbaru yang akan dijajaki, mereka adalah India, Hong Kong dan Curacao.

Baca Juga

Namun pada akhirnya negara terakhir disebut yang akan dijajal oleh Skuad Garuda.

Pertandingan Timnas Indonesia vs Curacao rencananya akan digelar sebanyak dua kali dalam FIFA Matchday 2022.

Berdasarkan jadwal, timnas Indonesia bakal melakoni pertandingan melawan Curacao pada 24 dan 27 September 2022.

Apabila berhasil memenangi pertandingan atas Curacao poin skuad Garuda tentu akan bertambah. 

Sayangnya tidak semudah itu, karena Curacao bukanlah lawan yang mudah ditaklukan. Apalagi, Curacao mempunyai ranking FIFA yang berada jauh di atas Indonesia. Mereka ada di posisi ke-84. 

Ada empat pemain Curacao yang diprediksi bisa menyulitkan Timnas Indonesia di pertandingan FIFA Matchday nanti. Siapa saja mereka?


1. Kenji Gorre

Timnas Curacao di CONCACAF Gold Cup 2019. Foto: Stars and Stripes FC

Pertama ada Kenji Gorre. Pemain berposisi sebagai winger kiri ini berkarier di Liga Utama Portugal bersama salah satu klub ternama, Boavista FC.

Karier sebagai pemain sepak bola di awali pada tahun 2002 saat menimba ilmu di akademi Manchester City. 

Baca Juga

Talentanya tercium oleh pemantau bakat klub tetangga, Manchester United. Pada tahun 2011 mereka memboyongnya untuk bergabung dengan tim Manchester United U-18.

Sayang ia gagal menembus skuad utama hingga dilepas oleh Manchester United pada tahun 2013. Sempat tak mempunyai klub, Kenji akhirnya direkrut oleh Swansea City.

Kurangnya menit bermain, membuat Swansea City memilih untuk meminjamkannya ke klub Belanda, ADO Den Hag pada tahun 2015.

Baca Juga

Sayang meski sudah beberapa kali dipinjamkan ke klub lain, Kenji Gorre kesulitan menjadi pilar di tim utama Swansea City.

Ia pun dilepas secara bebas transfer pada 2018, dengan meninggalkan catatan 1 kali tampil untum tim utama.
Karier sepak bola Kenji mulai bersinar bersama CD Nacional di Liga Portugal.

Ia tampil cukup banyak dengan mencatatkan 68 pertandingan, mencetak 8 gol dan 6 assist. Pada 2021, ia dilepas ke Boavista FC dengan gratis.

Untuk timnas Curacao, Kenji Gorre sudah mencatatkan 7 penampilan dan mencetak 2 gol.

Baca Juga

Vurnon Anita

Vurnon Anita masuk menjadi salah satu pemain yang wajib diwaspadai oleh Timnas Indonesia jika ia dibawa ke Tanah Air. 

Sebab pemain yang satu ini berstatus bintang karena ia berkiprah di Liga Belanda (Eredivisie) bersama RKC Waalwijk.

Sebagai seorang gelandang bertahan, Vurnon Anita dikenal tangguh dalam bertahan dan juga andal dalam menyerang. Hal ini dibuktikan dari 12 gol yang ia cetak bersama Newcastle United, Ajax Amsterdam, dan RKC Waalwijk.


2. Juninho Bacuna

Selebrasi gol pemain Curacao pada CONCACAF Gold Cup 2019. Foto: The Bent Musket

Selanjutnya ada Juninho Bacuna. Pemain berusia 24 tahun ini adalah salah satu pemain penting di klub kasta kedua Liga Inggris, Birmingham City yang berlaga di Divisi Championship.

Mengawali karier di akademi Groningen FC, ia kemudian pergi merantau ke Inggris memperkuat Huddersfield pada tahun 2018.

Di Huddersfield, Juninho Bacuna pernah merasakan sejumlah pertandingan di kompetisi ternama seperti Liga Inggris (Premier League), Piala FA, hingga Piala Liga Inggris.

Saat Huddersfield berada di kasta tertinggi Liga Inggris pada musim 2018/19, Juninho Bacuna diturunkan dalam 21 pertandingan dan sudah mencetak satu gol.

Ia pun jadi salah satu pilar penting Huddersfield selama tiga musim dengan catatan 107 penampilan, dan mencetak 12 gol serta 9 assist.

Juninho Bacuna kemudian dilepas ke Rangers FC. Dirinya pernah merasakan dilatih oleh mantan pemain Liverpool, Steven Gerrad, sebelum akhirnya kembali ke Inggris memperkuat Birmingham City saat ini.

Rangelo Janga

Rangelo Janga merupakan penyerang andalan Curacao yang juga berkarier di Eropa. Diketahui, ia bermain untuk klub asal Rumania, CFR Cluj.

Ketajaman pemain berusia 30 tahun ini tak bisa dianggap sepele. Ia telah mencetak 13 gol dari 24 penampilan bersama Curacao di pentas internasional.

FIFATimnas IndonesiaTim Nasional CuracaoTRIVIAShin Tae-yongOne Football

Berita Terkini