x

Nyaris Tak Dikenal, 5 Pemain Antah-berantah yang Tenggelam di Balik Nama Besar Saudara

Rabu, 14 September 2022 20:59 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Wayne Rooney salah satu pemain yang punya saudara pesepak bola yang tidak terkenal. Foto: Martin Rickett/PA Images via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Di dunia sepak bola, bakat yang mengalir dalam darah seorang pemain tidak jarang menurun kepada anak maupun anggota keluarganya yang lain termasuk saudara.

Alhasil. Tidak jarang publik menyaksikan banyak pasangan maupun trio atau bahkan kuartet, yang terjun sebagai pesepak bola dengan nama marga yang sama.

Baca Juga

Liga Italia punya dinasti Maldini, misalnya. Kemudian Prancis memiliki Pogba bersaudara, demikian halnya Hazard bersaudara di Belgia.

Kemudian, Real Madrid juga sudah hafal dengan keluarga Zinedine Zidane yang secara turun-temurun masuk ke akademi mereka.

Namun tetap saja, di balik itu semua, nasib manusia tidak pernah sama. Nama-nama di atas mungkin hanya sekian dari beberapa keluarga pesepak bola yang selama ini dikenal luas oleh masyarakat.

Baca Juga

Selain mereka, tentu masih banyak di luar sana para pesepak bola dunia yang memiliki nasib berbeda dengan ayah maupun saudaranya.

Apabila pemain-pemain seperti Daniel Maldini atau Zidane bersaudara menuruni gen sepak bola dari sang ayah, berikut redaksi INDOSPORT.com telah merangkum tema lain yang tidak kalah menarik.

Nama-nama berikut ini, yang dirangkum dari berbagai sumber, bisa dibilang cukup antah-berantah lantaran tidak setenar anggota keluarga mereka yang berprofesi sebagai pesepak bola ternama.

Baca Juga

Akan tetapi, bukan pasangan ayah-anak seperti yang sudah banyak dibahas sebelumnya, melainkan para pemain sepak bola antah-berantah yang berbeda nasib dengan para saudaranya.

Siapa saja? Berikut ulasannya.


1. Saudara Wayne Rooney hingga Legenda Bayern Munchen

Wayne Rooney salah satu pemain yang punya saudara pesepak bola yang tidak terkenal. Foto: Martin Rickett/PA Images via Getty Images.

John Rooney

Ya, pemain yang satu ini masih memiliki ikatan kerabat dengan mantan pemain Manchester United dan Timnas Inggris, Wayne Rooney.

Ia adalah adik Wayne Rooney yang berusia lima tahun lebih muda dari sang kakak. Lahir pada 1990, John Rooney mengawali karier sepak bolanya di klub Liga Inggris, Everton.

Baca Juga

Jejak yang sama persis, namun ending yang berbeda jauh. Jika Wayne Rooney kemudian direkrut oleh Manchester United, adiknya justru merapat ke klub yang jauh di bawahnya, Macclesfield Town.

Di sana, ia menghabiskan kurang lebih tiga tahun bermain di kompetisi League Two, alih-alih berkarier di kasta tertinggi Liga Inggris, Premier League.

Catatan klub-klub yang pernah disinggahinya pun membuat John Rooney makin jauh saja dari sorotan publik.

Baca Juga

Kebanyakan habitat yang ia singgahi nyaris tidak dikenal publik awam sepak bola. Sebut saja Guiseley, Wrexham, Barrow, Stockport County, dan masih banyak lagi.

Tobias Schweinsteiger

Ketika menulis nama marganya saja sudah susah, Tobias makin tidak dikenal publik lantaran sepak terjangnya yang kurang cemerlang sebagai pesepak bola.

Nasibnya cukup berbanding terbalik dengan sang adik, Bastian, yang sudah merasakan kesuksesan bersama Bayern Munchen dan Timnas Jerman.

Baca Juga

Tobias Schweinsteiger lebih sering menghabiskan hari-harinya bermain di kompetisi kasta bawah Liga Jerman.

Seorang journeyman, ia telah singgah di berbagai klub seperti FC Ismaning, Jahn Regensburg II, Falke Markt Schwaben, Bayern Munchen II, dan lain-lain. Saat ini ia melatih klub liga kasta ketiga Jerman, VfL Osnabruck.

 

2. Saudara Legenda Manchester United Lain Juga Ada

Wayne Rooney salah satu pemain yang punya saudara pesepak bola yang tidak terkenal. Foto: Martin Rickett/PA Images via Getty Images.

Joel Cantona

Lagi-lagi nama marga yang familier di kalangan penikmat Liga Inggris dan Manchester United. Sosok yang satu ini merupakan adik legenda Setan Merah, Eric Cantona.

Tidak berbeda jauh dengan Wayne Rooney dan saudaranya, Cantona Brothers juga mengjalani karier yang berbeda 180 derajat.

Baca Juga

Joel memulai kariernya dari Marseille dan hanya bisa melihat Eric bergabung dengan Manchester United, yang tentu saja dianggap sebagai sebuah klub raksasa saat itu.

Sejumlah klub antah-berantah yang juga membuat namanya antah-berantah karena berman di sana adalah Peterborough United, Sainte-Suzanne, dan masih banyak lagi.

Max Vieri

Sepak terjang pemain yang satu ini bisa dibilang sedikit lebih baik dari tiga nama di atas. Ia merupakan putra Roberto Vieri sekaligus adik Christian Vieri.

Baca Juga

Berbeda dengan saudaranya, Max Vieri lahir di Sydney dan membela Timnas Australia selama periode 2004 sampai dengan 2005.

Tidak lama memang. Namanya kemudian menghilang dari skuad setelah tampil enam kali untuk tim ini tanpa mencetak satu pun gol.

Paul Terry

Kakak legenda Chelsea, John Terry. Meski sepak terjangnya tidak sementereng sang adik, sosok yang satu ini sudah pernah merasakan gelar juara bersama klub yang dibelanya.

Baca Juga

Bersama Yeovil Town, ia memenangan trofi League Two 2004-2005, musim yang sama ketika John Terry menjuarai Premier League Liga Inggris dalam balutan seragam The Blues.

Selain Yeovil Town, Paul Terry pernah membela sejumlah klub seperti Leyton Orient, Grays Athletic, Rushden & Diamonds, Darlington, dan Thurrock. Pernah dengar?

Wayne RooneyBastian SchweinsteigerEric CantonaJohn TerryChristian VieriBola InternasionalSepak BolaOne Football

Berita Terkini